surya.paloh69Avatar border
TS
surya.paloh69
AHY: Jutaan Hektare Hutan Dibabat untuk Food Estate, Terus Gagal


Yogyakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan proyek food estate di Kalimantan yang telah membabat jutaan hektare hutan telah gagal.

"Food estate, di mana ada jutaan hektare dibabat, terus gagal. Padahal sudah habis. Nah ini mau gimana? Sedangkan Kalimantan adalah paru-paru dunia," kata AHY di acara Fisipol Leadership Forum, UGM, Sleman, Kamis (20/7).

AHY menyebut tak boleh ada lagi undang-undang yang seolah memfasilitasi terjadinya kerusakan alam di saat dampak perubahan iklim makin tak terelakkan.

Menurutnya, sebuah prediksi memaparkan 8 persen lahan pertanian serta perkebunan di dunia tidak akan lagi bisa digunakan jika suhu bumi meningkat 1,5 derajat celcius.

"Kemiskinan dan kelaparan akan membludak di berbagai penjuru dunia. Persoalan air bersih juga demikian," imbuh AHY.

Oleh karena itu, kata AHY, Indonesia sebagai bagian dari G20 dan Ketua negara ASEAN harus memberikan contoh dalam penanganan perubahan iklim.

Menurut AHY, semua pihak harus berperan dalam mencapai target net zero emission atau emisi nol bersih yang ditetapkan pada 2060.

"Langkah-langkah dekarbonisasi sekarang digalakkan, tapi juga harus efektif. Kemudian langkah-langkah transisi energi terbarukan, ini juga harus semakin progresif," tegasnya.

Anak sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mendorong negara-negara maju agar membantu dan tidak serta merta menyalahkan negara berkembang untuk masalah perubahan iklim ini.

"Karena tidak adil kalau mereka hanya menuding kita-kita, termaduk negara Indonesia untuk menghentikan merusak lingkungan ketika mereka (negara maju) sudau merusak lingkungan bumi ratusan tahun lamanya," ucapnya.

"Tapi, kita juga tidak boleh mengatakan, demi pertumbuhan kita babat saja yang ada. Itu salah besar karena akan mencederai masa depan, anak cucu kita sendiri," sambung AHY.

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah proyek food estate gagal. Menurutnya, memerlukan waktu untuk melihat manfaatnya dalam menjaga ketahanan pangan dalam negeri ini.

"Persoalan gagal itu tidak bisa di-judge dalam tempo yang dekat. Jadi belum bisa dikatakan gagal tapi perlu waktu" kata Moeldoko di The Westin Hotel, Jakarta, Rabu (12/7).

Moeldoko mencontohkan food estate di Kalimantan Selatan yang disebut memerlukan penanganan khusus. Kemudian food estate di Keerom, Papua yang merupakan lahan sawit lalu dijadikan untuk budidaya jagung. 

Mantan Panglima TNI itu menyebut hasil food estate memang baru bisa terlihat dalam enam hingga tujuh musim panen.

"Jadi jangan langsung dikatakan gagal, tidak," katanya.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...te-terus-gagal

Mas AHY mulai seruduk sana sini.. emoticon-Malu (S)





emoticon-Ngacir
galuhsuda
mahfudz.umri
viniest
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.5K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.