veruvetoAvatar border
TS
veruveto
Sejarah dan Fungsi Uang Batu Rai di Pulau Yap [Kompetisi KGPT]





Halo agan-agan dan sista-sista! Kalian pernah dengar tentang uang batu yang super gede? Nah, di Pulau Yap, Kepulauan Solomon, ada nih uang yang super aneh dan terbesar di dunia, namanya batu rai. Uang ini bukan uang biasa, tapi berbentuk lingkaran dengan diameter mencapai 12 kaki dan beratnya bisa mencapai 8 ton! Gila, kan?

Tapi tunggu dulu, apa sejarah dan fungsi dari uang batu rai ini? Yuk, kita bahas!

Sejarahnya, uang batu rai ini digunakan oleh masyarakat di Pulau Yap berabad-abad yang lalu. Mereka menggunakan batu rai sebagai alat pembayaran dalam transaksi perdagangan. Batu rai ini terbuat dari batu kapur besar dengan lubang di tengahnya. Wah, bisa bayangkan nggak, agan-agan dan sista-sista, bawa batu segede itu buat belanja?

Uniknya, nilai nominal dari batu rai ini bukan hanya berdasarkan ukurannya, tapi juga berdasarkan pengorbanan untuk mendapatkannya. Para penduduk Pulau Yap rela berpetualang ke Kepulauan Pelew yang jaraknya 200 mil ke selatan untuk mencari batu ini. Bahkan, nyawa mereka pun tak jarang yang melayang dalam pengorbanan itu. Jadi, bayangkan aja, agan-agan dan sista-sista, betapa berharganya batu rai ini bagi masyarakat Pulau Yap.






Tapi, ane jadi kepikiran, gimana cara mereka bawa batu-batu rai ini pulang ke Pulau Yap? Pasti capek banget, ya? Nah, ternyata mereka menggunakan kapal pribumi atau rakit untuk membawa batu-batu rai tersebut. Setelah itu, batu-batu rai itu dipindahkan dengan kapal Eropa. Wah, prosesnya nggak main-main, ya?

Tapi, ada satu hal yang menarik, batu rai ini lebih merupakan token daripada uang yang beredar. Jadi, nggak seperti uang pada umumnya yang bisa dipakai untuk transaksi, batu rai ini lebih sebagai simbol kekayaan dan status sosial. Jadi, bisa dibilang, batu rai ini adalah bentuk perhiasan yang super besar dan super berharga bagi masyarakat Pulau Yap.






Nah, begitulah sejarah dan fungsi dari uang batu rai di Pulau Yap. Meskipun terlihat aneh dan tidak lazim, tapi bagi masyarakat Pulau Yap, batu rai ini sangat berarti dan bernilai tinggi. Jadi, gimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk memiliki uang batu segede itu? Ane sih nggak tahu, tapi yang pasti, batu rai ini benar-benar unik dan menarik untuk dipelajari.

Sekian thread dari ane mengenai batu rai. Semoga bisa menambah wawasan agan-agan sekalian.
emoticon-Toast


archaengel
archaengel memberi reputasi
1
679
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.