Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KontraS Sumut Kritik TNI Bentuk Timsus Pemburu Begal: Ranahnya Polisi

KontraS Sumut Kritik TNI Bentuk Timsus Pemburu Begal: Ranahnya Polisi

Ilustrasi TNI Angkatan Darat. Foto: Shutter Stock
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sumut mengkritik langkah yang diambil Kodam I/Bukit Barisan membentuk tim khusus untuk memberantas begal di Kota Medan dan sekitarnya.
“Terkait dengan pembentukan tim (khusus) tersebut, KontraS Sumut menyatakan haram hukumnya TNI ikut campur dalam proses penegakan hukum,” kata Koordinator KontraS Sumut, Rahmat Muhammad, dalam keterangannya Rabu (19/7).

“Terlebih masalah begal adalah masalah penegakan hukum pidana yang menjadi ranah kepolisian, di mana TNI tidak memiliki tupoksi melakukan penanganan itu,” jelasnya.

Rahmat mengatakan, TNI merupakan alat pertahanan negara yang disiapkan untuk menghadapi perang, sesuai dengan Undang-undang Nomor 34 tahun 2004.

Menurut Rahmat, akan ada risiko yang timbul jika TNI turun tangan berhadapan dengan sipil ketika mengatasi begal.

“Kita harus cemas, dengan TNI yang diterjunkan ke lapangan. Kami tidak ingin, ada peristiwa masa lalu yang berulang, di mana tentara terlibat dalam pelanggaran HAM masa lalu akibat penegakan hukum,” tegasnya.

“Beberapa waktu lalu, ada seseorang yang ditangkap karena hukum oleh 6 TNI dan mengalami penyiksaan, kami tidak ingin ada kabar yang sama yang dilakukan oleh satgas anti begal,” tuturnya.
KontraS Sumut Kritik TNI Bentuk Timsus Pemburu Begal: Ranahnya Polisi
Apel patroli gabungan dalam rangka mengantisipasi begal di Stadion Teladan Kota Medan pada Minggu (16/7/2023). Foto: Pemkot Medan

Sebelumnya, Detasemen Intel Kodam I/Bukit Barisan (Deninteldam I/BB) mengatakan pihaknya ikut menyebar anggota TNI di sejumlah wilayah di Kota Medan. Itu dilakukan untuk membantu polisi mengatasi maraknya begal dan geng motor di Kota Medan.

Kami (Deninteldam I/BB) telah menyebar anggota untuk membantu Polri, dalam hal ini Polrestabes Medan untuk mengatasi begal sesuai permintaan Wali Kota Medan,” kata Komandan Deninteldam I/BB, Letkol Inf Jontra Gultom, dalam keterangannya dikutip Rabu (12/7).

Jontra mengatakan, dirinya telah menginstruksikan anggotanya untuk tidak ragu menindak tegas dan terukur kepada para pelaku kejahatan jalanan tersebut.
KontraS Sumut Kritik TNI Bentuk Timsus Pemburu Begal: Ranahnya Polisi
Wali Kota Medan Bobby Nasution memimpin apel patroli gabungan dalam rangka mengantisipasi begal di Stadion Teladan Kota Medan pada Minggu (16/7/2023). Foto: Pemkot Medan
Jontra menegaskan, jika begal masih sering terjadi, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan tindakan lapangan.

Belakangan, kasus begal dan geng motor di Kota Medan memprihatinkan. Misalnya, Medan bagian utara, yang menjadi tanggung jawab Polrestabes Belawan dalam 2 minggu mengamankan 26 tersangka kasus begal dan geng motor.

Kasus lain misalnya, di Polrestabes Medan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, mengatakan telah mengamankan 6 orang pelaku begal pada Sabtu (8/7) lalu.
Bahkan, 6 pelaku begal ini harus diberikan tindakan tegas terukur karena melawan saat ditangkap. Satu di antaranya tewas.
https://kumparan.com/kumparannews/ko...p7DFELeMH/full
TNI buru begal = pelanggaran HAM

Kota Medan Marak Begal, Komandan Intel TNI AD: Jangan Macam-macam Sama Masyarakat, Ketemu Kami Habis Kalian!
KontraS Sumut Kritik TNI Bentuk Timsus Pemburu Begal: Ranahnya Polisi
Komandan Deninteldam Kodam I Bukit Barisan Letkol Inf Jontra Gultom (Pendam Kodam I Bukit Barisan)
HARIANHALUAN.COM - Angka kriminal begal di wilayah Kota Medan saat ini sedang meningkat. Hal itu pun membuat Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat perintah kepada jajaran aparat penegak hukum untuk bisa memberantasnya.

Terkait pemberantasan begal, Kodam I Bukit Barisan pun telah menyebar para anggota intelnya di sejumlah wilayah Medan, Sumatera Utara.

Selain memberantas begal, para intel yang dimiliki oleh Kodam I Bukit Barisan juga ditugaskan untuk mencegah aksi brutal geng motor.

Nantinya, para intel dari Kodam I Bukit Barisan itu akan membantu tugas-tugaa kepolisian.

Turun tangannya TNI, dalma hal ini Kodam I Bukit Barisan sesuai dengan permintaan yang disampaikan Bobby Nasution.

"Kita telah menyebar anggota untuk membantu Polri dalam hal ini Polrestabes Medan untuk mengatasi begal sesuai permintaan Wali Kota Medan," ungkap Komandan Deninteldam Letkol Inf Jontra Gultom, dikutip Rabu 19 Juli 2023.


Letkol Jontra Gultom menegaskan, dirinya telah menginstruksikan anggota untuk tidak ragu menindak tegas dan terukur kepada para pelaku kejahatan jalanan tersebut.

Dia memastikan bahwasanya perlu tindakan tegas terukur bagi pelaku kriminal.

Menurut dia, jika masih sering terjadi, tindakan di lapangan pun akan diterapkan tanpa ragu.

“Jangan berani kalian macam-macam sama masyarakat, jika ketemu saya atau anggota, habis kalian. Ini sudah sangat meresahkan,” tegasnya.

Jontra Gultom meyakinkan, Kota Medan harus bersih dari begal dan geng motor.

Dirinya pun berharap masyarakat Kota Medan ikut serta dalam membasmi begal dan geng motor ini.

Perwira menengah TNI AD ini menuturkan, pihak Deninteldam I/BB siap menerima laporan apabila ada informasi teekait begal dan geng motor.

"Ingin Kota Medan ini aman dan tentram. Ini sudah sangat merajalela, maka dari itu kami siap turut serta, untuk membasmi kejahatan jalanan ini. Sekali lagi saya tekankan, jangan macam-macam, jumpa sama kami, habis kalian," ungkapnya. ***

https://www.harianhaluan.com/news/10...-kalian?page=2
Kata TNI di Medan
pilotproject715
areszzjay
aldonistic
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
49
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.