• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Sering Dibahas di Medsos Sebagai Pembuat Onar, Apa dan Siapa Sih Buzzer Sebenarnya?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Dibahas di Medsos Sebagai Pembuat Onar, Apa dan Siapa Sih Buzzer Sebenarnya?
Sering disebut sebagai pembuat onar, apa dan siapa buzzer sebenarnya?


Buzzer, Agan dan Sista pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.
Sering dibahas di media sosial dan disebut-sebut sebagai pembuat onar karena diisukan menyerang seseorang atau sekelompok orang yang sedang menjadi sorotan publik, tentu saja tidak sedikit orang yang merasa takut dengan kehadiran buzzer.

Namun, apakah benar bahwa buzzer ini hanyalah sesosok atau sekelompok orang pembuat onar yang muncul hanya untuk memecah belah warganet dengan isu-isu yang tengah hangat dibahas atau penggiringan opini publik saja?
Siapa mereka dan untuk apa mereka ada sampai seringkali dibahas di media sosial dan membuat tidak sedikit orang merasa resah karena sering diserang buzzer?

Mari kita bahas sekilas tentang apa dan siapa buzzer sebenarnya GanSis.




Buzzer, jika diartikan secara harfiah maka memiliki arti yaitu "bel atau lonceng".

Namun kata tersebut telah menjadi istilah yang memiliki makna lebih luas dan sering dikait-kaitkan dengan promosi, politik, informasi, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Buzzer sendiri sebenarnya saat ini memiliki istilah yang digunakan untuk menjelaskan tentang pekerjaan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki peran untuk menyebarkan informasi melalui media sosial secara berulang-ulang dalam rangka promosi dan iklan dari produk, jasa dan topik tertentu untuk menarik perhatian publik.

Bukan hanya itu, buzzer juga bisa diartikan sebagai alat penghasil kebisingan atau desas-desus untuk menarik perhatian banyak orang (audiens) terhadap sebuah topik yang sudah mereka ciptakan sebelumnya atau terhadap sebuah masalah yang ada.

Melihat makna dari buzzer di atas, sebenarnya orang-orang yang dijadikan alat dan mendapatkan julukan sebagai buzzer ini memiliki manfaat positif saat difungsikan sebagai sarana promosi bisnis GanSis. Hanya saja dengan berkembangnya zaman, buzzer kini dimanfaatkan bukan hanya untuk promosi melainkan juga dibayar oleh seseorang untuk menciptakan sebuah isu, menggiring opini publik, bahkan juga menyerang seseorang atau lembaga dengan maksud dan tujuan tertentu.




Itulah tadi GanSis sekilas tentang pengertian buzzer. Tidak ada yang tahu secara pasti siapa orang-orang yang berprofesi atau menjalankan peran sebagai seorang buzzer, karena mereka melakukan aksi dan pekerjaannya di media sosial secara misterius, tidak menunjukkan identitas pribadi ke publik, dan bekerja di balik layar.

Mungkin salah satu dari sekian banyak Agan Sista Kaskuser ada yang berperan atau berprofesi sebagai buzzer? Dibayar untuk menciptakan sebuah isu atau membuat kebisingan dengan komentar-komentar menyudutkan bahkan juga menggiring opini publik.

Bagaimana, apakah Agan Sista sudah mulai paham tentang siapa dan apa sebenarnya buzzer yang sering dibahas di media sosial?
Silakan berikan tanggapan kalian disini.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
lutfigilang01
Seno312
abunabil19
abunabil19 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.1KThread24.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.