• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor? Elon Musk Ngomong Begini Nih

adoekaAvatar border
TS
adoeka
Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor? Elon Musk Ngomong Begini Nih



Jakarta - Alat pengkonversi air menjadi bahan bakar bernama Nikuba masih ramai diperbincangkan. Nikuba ramai dibahas lagi setelah muncul kabar pabrikan otomotif asal Italia yakni Ferrari dan Lamborghini melirik alat tersebut. Elon Musk juga pernah berbicara tentang konversi hidrogen jadi bahan bakar.
Dalam program 'Financial Times Future of the Car Summit' pada 2022 lalu, CNBC pernah menanyakan isu tersebut kepada orang terkaya di dunia sekaligus bos produsen kendaraan listrik Tesla, Elon Musk.

Saat itu dengan tegas Musk menjawab 'tidak'. Bahkan menurutnya ide menggunakan air atau hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan merupakan hal yang konyol.

Ia menjelaskan, bahan bakar hidrogen yang berasal dari air tidak tercipta secara alami. Karenanya untuk bisa mendapatkan bahan bakar ini, perlu teknik pengolahan air yang rumit dan tidak efektif.

"(bahan bakar hidrogen) itu tidak tercipta secara alami di bumi, jadi Anda harus memisahkan air dengan elektrolisis atau memecahkan hidrokarbon," kata Musk yang ditulis CNBC pada 2022 lalu, dikutip Jumat (14/7/2023).

"Saat Anda memecahkan hidrokarbon, Anda benar-benar belum memecahkan masalah bahan bakar fosil, dan efisiensi elektrolisisnya buruk," tambahnya lagi.

Ia mengatakan diperlukan banyak energi untuk dapat memisahkan hidrogen dan oksigen yang terkandung dalam air. Belum lagi hidrogen-hidrogen ini perlu di'padatkan' dalam tekanan yang sangat tinggi agar dapat disimpan dalam sebuah tabung.

"Jadi Anda benar-benar menghabiskan banyak energi untuk memisahkan hidrogen dan oksigen (dalam air). Kemudian Anda harus memberinya tekanan, ini juga membutuhkan banyak energi," ungkap Musk

"Dan jika Anda harus mencairkan hidrogen, ya Tuhan," lanjutnya.

Jadi Musk menyimpulkan diperlukan banyak energi hanya untuk mengubah air menjadi hidrogen kemudian untuk menyimpannya agar siap dipakai. Karena efisiensinya yang sangat rendah inilah ia merasa hidrogen merupakan salah satu bahan bakar paling 'konyol' untuk dikembangkan.

"Jumlah energi yang dibutuhkan untuk membuat hidrogen dan mengubahnya menjadi bentuk cair sangat mencengangkan. Ini adalah hal paling bodoh yang bisa saya bayangkan untuk penyimpanan energi," kata Musk lagi.


selengkapnya https://finance.detik.com/energi/d-6822205/air-jadi-bahan-bakar-kendaraan-bermotor-elon-musk-ngomong-begini-nih.

Yah ane tau sih balik balik konsepnya misel ini pasti seputar energi aki yang di charge dari putaran mesin lalu aki dapat terus memberi tenaga untuk menggerakkan generator hidrogen finalnya hidrogen yang dihasilkan generator menggerakkan mesin mobil dan generaor hidrogen itu sebetulnya juga teknologi jadoel tapi apakah seluruh mahluk bumi harus mentertawakan teknologi itu jika ada seseorang model misel bisa mengadakan pembaharuan dengan menerapkan teknologi baru yang dapat mengolah kandungan hidrogen yang sedikit dihasilkan generator hidrogen menjadi lebih efektif untuk menggerakkan mesin mobil, hmmm... Sungguh terlalu elon musk emoticon-Betty
0
721
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.