iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bengkel Umum Mulai Banyak yg Tutup, Inikah Penyebabnya?


Kebutuhan akan kendaraan seperti motor dan mobil semakin besar, setiap tahun datang model baru dan menyingkirkan model yang lama. Tentu ini menjadi berkah usaha bengkel umum karena kendaraan perlu perawatan berkala, perbaikan dan penggantian cairan atau part agar kendaraan tetap berjalan dengan prima tanpa kendala.

Tapi coba kamu perhatikan sekarang gan, bengkel-bengkel motor atau mobil umum dipinggir jalan jumlahnya semakin menyusut, ya meski ada yang terkosentrasi dalam satu kawasan seperti Kemayoran, Jakarta Pusat, pasar onderdil Blok M, Jakarta Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Pusat dan wilayah lain sebagainya jumlahnya tidak sebanyak dulu.

Kalaupun mereka tetap bertahan terlihat lebih sepi dari jauh sebelumnya, berbeda dengan bengkel resmi yang memang konsumen mendapat fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya, tapi ketika garansi habis biasanya mereka pergi ke bengkel umum.

Kendaraan yang usia pakainya rata-rata sepuluh tahun kebawah biasanya masih mengandalkan bengkel resmi untuk menghabiskan garansi, sevice gratis dan perawatan atau penggantian part fast moving.

Nah, tinggal bengkel umum menjadi alternatif perawatan, perbaikan dan penggantian sampai upgrade mesin bisa dilakukan selain itu biaya kebengkel umum biasanya sedikit lebih murah dari bengkel resmi. Beberapa alasan inilah kenapa bengkel umum bisa bertahan hidup sampai sekarang.

Tapi sekarang teknologi mesin kendaraan semakin maju, perawatan kendaraan semakin mudah dan simple justru bengkel umum sepertinya tidak mampu mengimbangi kebutuhan perawatan dan perbaikan. Bengkel umum akhirnya hanya menerima dan mengerjakan kendaraan tua saja yang jumlahnya kian terbatas.



Contoh misalnya ada bengkel terkenal dan spesialis memperbaiki mesin karburator tentu kelamaan akan ditinggal konsumennya yang mulai banyak menggunakan kendaraan jenis injeksi, hybrid dan listrik.

Tantangan lain bagi bengkel umum adalah sekarang orang sudah banyak yang pintar dan selektif mencari bengkel yang rekomen, modifikasi dan tutorial perbaikan ringan bisa dilihat di yutup. Mereka yang paham tentu akan melakukannya sendiri dirumah, otomatis mereka tidak ke bengkel umum kalau misalkan hanya mengganti oli atau filter ac saja.

Satu-satunya jalan agar bengkel umum tetap bisa bertahan adalah melakukan upgrade alat, pengetahuan dan skill mereka, beradaptasi dengan perkembangan teknologi mesin saat ini. Modalnya memang tidak sedikit dan butuh sdm yang mumpuni pula ini yang juga menjadikan jumlah bengkel umum kelak semakin berkurang.

Konten Sensitif


Masalah lain yang dihadapi bengkel umum tiga puluh tahun kedepan mungkin banyak yang menganggur karena ketika mobil listrik mulai mendominasi tidak banyak perbaikan disektor mesin karena konsumen hanya mengganti baterai dan perawatan atau perbaikan sederhana dibengkel resmi yang lebih modern.

Kendaraan listrik mumgkin akan benar-benar ke bengkel umum atau spesialis jika mengalami masalah yang kompleks atau tidak tertangani oleh bengkel resmi seperti karat, rusak karena kecelakaan, pengecatan atau jasa program mesin?






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 15-07-2023 03:17
enak.digenjot69
mimimaw
ufo60
ufo60 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
4.7K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.