surya.paloh69Avatar border
TS
surya.paloh69
Bos PPI Sebut Jika Sistem Pemilu Tak Diubah, Presiden Selalu Orang Jawa


Jakarta - Sistem politik presidential di Indonesia kembali dikritik, kini oleh Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno.

Adi menilai jika sistem pemilu di Indonesia masih eksis seperti saat ini, maka presiden ke depan akan berasal dari kalangan tertentu saja.

"Kalau begini terus, sistem pemilu presiden kita, yang jadi presiden adalah orang Jawa," kata Adi Prayitno saat diskusi Adu Perspektif yang diadakan detikcom dan Total Politik, Rabu (12/7/2023).

Adi Prayito membandingkan pemilihan yang terjadi di negara Paman Sam. Adi juga menilai sosok non-Jawa akan sulit menjadi pemimpin di Indonesia.

"Mungkin pilpres seperti Amerika lah, di mana yang dihitung bukan one man one vote. Kalau di kita masih rezim one man one vote, orang seperti Bang Fahri, ilmunya sampai Sidratulmuntaha, gagasannya besar, sulit bos," ujarnya.

Oleh sebab itu, Adi sistem politik selama ini yang berlangsung perlu diubah. Namun, dia menyangsikan akan ada pihak yang mau mengubah sistem politik yang sudah berjalan saat ini.

"Makanya sistem politik harus diubah, problemnya, ada nggak yang mau begini. Terutama capres-capres yang dari Jawa, yang punya kemewahan menikmati insentif elektoral dari pemilih Jawa," ucap Adi.

"Saya nggak terlampau yakin partai-partai yang saat ini nggak lolos, nonparlemen, yang kecil menengah ke bawah. Kalau mereka menang dan berkuasa apakah akan menghilangkan threshold, nggak terlampau yakin," imbuhnya.


https://news.detik.com/pemilu/d-6820...alu-orang-jawa

Islam - Jawa adalah koentji.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir
Diubah oleh surya.paloh69 13-07-2023 02:50
viniest
jintuang
bukan.bomat
bukan.bomat dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.8K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.