Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prata34Avatar border
TS
prata34
Apakah Benar Harga Berlian Semahal Itu?
Apakah Benar Harga Berlian Semahal Itu?
Sumber :Google.com

Halo gans, disini ada yang pernah lihat berlian? Pasti belum kan? Saya juga belum melihat secara langsung tapi kalau di internet pernah lah.

Nah mengapa harga berlian itu menjulang tinggi? Apakah berlian susah didapat seperti emas? Oke gan simak terus Thread saya ini.

Berlian (intan) merupakan mineral mengandung karbon yang terbentuk di dalam lapisan bumi dengan tekanan dan panas yang sangat tinggi. Butuh waktu puluhan bahkan ribuan tahun untuk terbentuknya berlian dari lapisan bumi. Berlian muncul ke permukaan akibat letusan gunung berapi. (Netizen : berarti setiap gunung meletus pasti muncul berlian?) ya gak juga gan. Kalau nggak unsur pembentuknya ya sama saja.

Pada tahun 1866, pasar berlian modern diawali ketika ditemukannya berlian di Kimberley, Afrika Selatan . Sekitar 2 tahun kemudian, pengusaha Cecil Rhodes mendirikan sebuah perusahaan tambang berlian (yang pada waktu itu menguasai 89% pasar berlian dunia).

Lantas mengapa harga berlian sangat mahal? Berikut saya uraian satu persatu :

1. Terbatas
Apakah Benar Harga Berlian Semahal Itu?
Sumber : kissparry

Ya dikarenakan jumlahnya yang sangat terbatas dan juga peminatnya tinggi, maka harga berlian cenderung tinggi. Ya sama lah seperti bisnis pada umumnya jika supply lebih besar daripada demand (Produsen lebih banyak daripada permintaan) maka harga akan menurun begitu pula sebaliknya.

Biasanya pembeli terbanyak berlian itu dari kalangan Amerika seperti Rapper - rapper, selebriti, dan selebgram amerika. Ini cuma angan - angan yang muncul di pikiran saya saja sih, "Apakah sebenarnya Stok Berlian berlimpah? Dan ada pihak tertentu yang membatasi stok berlian dunia supaya tetap ekslusif?" nah kalau itu saya kurang tahu gan emoticon-Ngakak


2. Susah dicari
Apakah Benar Harga Berlian Semahal Itu?
Sumber : google.com

Yak ini juga salah satu mengapa harga berlian sangat tinggi? Ingat waktu tahun 2022 yang mana minyak sangat sulit didapat? Sehingga harga menjulang tinggi? Nah sama seperti berlian. Susah dicari, sekalinya dicari ketemu yang jualan toko A, ditelusuri lebih lanjut ternyata suppliernya ya itu - itu saja.

3. Digunakan sebagai status
Apakah Benar Harga Berlian Semahal Itu?
Sumber e-commerce min wkwkwkw

Nah berlian juga digunakan sebagai status bahwa orang yang memakainya bukan orang sembarangan. Contohnya pada mahkota Raja / Ratu pasti ada berliannya entah itu kecil maupun besar. Rapper juga memakai berlian karena dianggap mewah dan borjuis. Wanita sosialita juga pakai kalung berlian untuk menunjukkan bahwa status sosialnya tinggi. Digunakan juga pada cincin pernikahan (kalau saya pakai cincin batu aki saja emoticon-Ngakak )

Biasanya sesuatu yang "menguntungkan" pasti diperebutkan banyak pihak seperti emas, minyak bumi, dan tentunya berlian. (Netizen : kasih contoh dong, jangan cuma teori). Nih contoh nyata yang terjadi saat ini.

Munculnya gerakan separatis Papua merdeka, salah faktor penyebabnya apa? Yak betul tambang emas. Mereka (si sengkuni) tau bahwa tambang emas ini memiliki nilai tinggi sehingga si sengkuni menyusupkan penghasut untuk membuat huru - hara di papua. Tujuan apa? Tujuannya ya apa lagi? Ingin menjadi raja di tempat tersebut, ingin mengeruk SDA supaya lebih leluasa (karena kalau sampai Gerakan Separatis berhasil, maka mereka (sengkuni) tidak perlu bagi hasil dengan pemerintah Indonesia kita yang tercinta ini.) Intinya si sengkuni itu amat sangat serakah. Bahkan demi memuaskan hasrat nafsunya itu, sengkuni rela melakukan cara APAPUN !!!!

Itu salah contoh, kalau berlian? Ada contohnya, ada juga filmnya nih saya kasih lihat(bukan promosi)
Apakah Benar Harga Berlian Semahal Itu?
Sumber : google.com

Intinya itu film perebutan tambang berlian yang membuat sipil menjadi korbannya.

Dan untuk jawaban apakah harga berlian memang semahal itu? Ya memang benar mahal, Karena harganya sudah di "control" oleh beberapa pihak supaya EKSLUSIF.

Okelah gan, sekian Thread saya kali ini kalau ada salah ya mohon maaf. Terima kasih

Penulis : prata34
Sumber : nytimes.com, theguardian.com, rotten tomatoes
Diubah oleh prata34 12-07-2023 03:51
0
577
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.