cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Jika Tuhan Maha Tahu, Mengapa Berdoa Harus Berbahasa Arab?


Penulis:        Budi Prathama
Editor:          Nurul Fatin Sazanah


Cangkeman.net - Sebagai manusia yang percaya pada Tuhan, tentu kita semua memiliki keyakinan kuat dan juga tidak bisa menyangkal bahwa Tuhan itu Maha Mengetahui. Apa yang diketahui manusia justru tak sebanding dengan yang diketahui oleh Tuhan. Artinya, Tuhan itu Maha Tahu. Pokoknya semua itu Dia ketahui, bahkan segala pikiran manusia pun bisa diketahui oleh Sang Penguasa (Tuhan).

Sebagai manusia yang beriman, kita sangat tak pantas menyombongkan diri atas apa yang kita ketahui. Sepintar apapun kita di hadapan orang lain, juga tak patut untuk menyombongkannya.

Sependek pengetahuan saya, setiap agama mengajarkan pada manusia agar percaya pada Tuhannya dan dituntut untuk selalu memohon doa kepada-Nya. Bahkan ada yang menafsirkan bahwa doa adalah kekuatan terbesar yang dimiliki manusia yang tak boleh disepelekan. Jadi, sepatutnya memang setiap manusia selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Seperti halnya di dalam ajaran agama Islam, umat muslim dituntut agar selalu berdoa ketika menjalankan setiap aktivitas. Namun, dalam hal cara berdoa ini sering kali ada yang terlalu mempersempit. Doa itu dianggap afdol kalau memakai mantra-mantra yang berbahasa Arab. Hal ini nggak jarang juga terjadi dalam kehidupan kita. Padahal umat Islam itu bukan hanya warga Arab, kenapa malah dituntut berdoa harus memakai bahasa Arab? Heran saya.

Maksud saya bukan untuk menganggap remeh berdoa dengan memakai bahasa Arab, apalagi ingin melakukan penistaan agama. Saya sendiri beragama Islam dan cinta terhadap agama Islam. Tetapi kalau dalam beragama malah mempersempit kita sendiri, itu sih perlu saya pertanyakan juga.

Jangan sampai dengan argumen saya ini malah dipelintir sebagai penistaan agama. Saya bukan aktor politik yang bisa saja digiring untuk menjatuhkan elektabilitas dan popularitas saya. Kek ingat kembali Pilkada 2017 silam antara pak Ahok dan pak Anies, wkwkwk.

Ya udahlah, kita kembali soal Tuhan yang Maha Tahu. Karena Tuhan Maha Tahu, berarti Dia mengetahui segala keinginan manusia saat ada yang berdoa kepada-Nya. Entah bahasa apa yang dipakai ataupun hanya dalam benak pikiran manusia, Tuhan pun sudah tahu. Kalau ditelisik, sebelum manusia berdoa pun Tuhan sudah tahu keinginannya. Itu adalah hak istimewa Tuhan yang mengetahui setiap jalan dan keinginan manusia.

Jadi, kalau dipikir sebenarnya afdol dong berdoa dengan memakai bahasa sendiri, karena Tuhan itu sudah pasti tahu. Sangat tidak masuk akal apabila ada anggapan berdoa harus memakai bahasa Arab. Apalagi memaksakan diri bahwa berdoa wajib pakai bahasa Arab, sampai-sampai gak mau berdoa kalau bukan bahasa Arab. Menurutku itu sudah kelewatan.

Menurut saya, berdoa mesti dilandasi dengan niat yang tulus dan penuh kepercayaan, entah dengan memakai bahasa apa. Bukan malah baru mau berdoa hanya ketika memakai lantunan bahasa Arab. Ya, memang gak bisa dipungkiri kalau Al-Quran sebagai pedoman umat Islam memakai bahasa Arab. Tetapi karena Tuhan Maha Tahu, lantas gak ada salahnya dong kita berdoa memakai bahasa sendiri yang bisa dipahami.

Jangan sampai saat berdoa kepada Tuhan dengan memaksakan memakai bahasa Arab, lantas gak tahu apa yang diucapkan. Itu ‘kan bisa juga jadi masalah. Sebenarnya yang jadi perkara bukan tentang berdoa memakai bahasa Arab, tetapi kalau nggak tahu maksud atau makna dari apa yang diucapkan tersebutlah yang bisa menjadi tanda tanya.

Kalau menurut pribadi saya, mending berdoa dengan memakai bahasa sendiri yang dipahami, daripada memaksakan diri berdoa dengan memakai bahasa Arab tetapi gak paham juga. Intinya itu lagi-lagi tergantung dari niat dan ketulusan. Janganlah pernah menganggap bahwa berdoa dengan bahasa Arab lebih afdol ketimbang bahasa yang lain. Apalagi sampai memaksakan orang lain harus berdoa memakai bahasa Arab padahal belum tentu mereka paham apa yang diucapkan.


Tulisan ini ditulis di Cangkeman pada tanggal 16 Februari 2023.
jlamp
mbahgugel
iwankeme198016
iwankeme198016 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.