amekadrunAvatar border
TS
amekadrun
Sederet Fakta Pria Nganjuk Temukan 2 Batu Meteor di Tengah Hutan



Sederet Fakta Pria Nganjuk Temukan 2 Batu Meteor di Tengah Hutan

Hilda Meilisa Rinanda - detikJatim

Senin, 10 Jul 2023 11:59 WIB



Warga Nganjuk yang mengklaim telah menemukan 2 batu meteor yang jatuh di sungai di dalam hutan. (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)

Nganjuk - Seorang pria asal Nganjuk mengeklaim telah menemukan 2 batu meteor yang jatuh dari langit. Dua batu meteor itu ditemukan di sungai Kedung Ngaron, Bringin, tepatnya di tengah hutan lereng Gunung Pandan.

Pria tersebut adalah Suprianto (43) warga Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso.

Berikut 7 fakta pria Nganjuk temukan 2 batu meteor di tengah hutan:



1. Ditemukan di Tengah Hutan

Tim detikJatim sempat menyambangi Suprianto di kediamannya. Ia pun bercerita banyak soal temuannya. Suprianto juga menjelaskan lokasi penemuan 2 batu tersebut.

"Lokasi temuan di sungai tengah hutan Kedungngaron, Bringin, lereng Gunung Pandan masuk KPH Nganjuk," ujar Suprianto kepada detikJatim, Minggu (9/7/2023).

Pria yang juga anggota Komunitas Sejarah Nganjuk (Kota Sejuk) ini punya alasan dirinya yakin batu itu jatuh dari langit. Dia lalu menjabarkan ciri-ciri spesial batu itu.

"Dibandingkan batu biasa sangat berbeda. Ciri yang mencolok berat 5 hingga 7 kali lipat dengan ukuran batu yang sama. Dari warna juga lebih gelap dan halus, ada seperti lubang-lubang jempol," imbuhnya.



2. Beda Waktu Penemuan

Suprianto mengatakan bahwa dirinya menemukan 2 batu itu dalam waktu tidak bersamaan. Batu pertama pada 2022 sekitar Maret, sedangkan temuan kedua baru 22 Juni 2023.

"Dua batu ini saya temukan tidak bersamaan. Yang pertama sekitar bulan Maret 2022 dan yang kedua baru tanggal 22 Juni 2022 kemarin," kata Suprianto.



3. Beratnya Lebih dari 100 Kilogram

Suprianto mengatakan bahwa temuan batu yang pertama memiliki berat 104,3 kg, sedangkan batu kedua seberat 100,15 kg.

Dia menyebutkan bahwa lokasi antara temuan batu pertama dan kedua berjarak kurang lebih 150 meter dan posisi batu itu terkubur pasir dan batu kecil pinggir sungai.

"Temuan batu yang pertama dengan berat 104,3 Kg dan batu kedua berat 100,15 kg. Lokasi antara temuan batu pertama dan kedua berjarak sekitar 150 meter yang posisinya terkubur pasir dan batu kecil pinggir sungai," papar Suprianto.

Sebelum temukan batu meteor, Suprianto sempat mimpi nenek tua misterius. Baca di halaman selanjutnya!



4. Mimpi Misterius Bertemu Nenek Tua

Pria 43 tahun itu mengaku sebelum menemukan batu dari sungai tengah hutan jati Kedung Ngaron, Bringin lereng Gunung Pandan pernah ditemui seorang perempuan tua di dalam mimpinya. Dia bahkan mengaku 2 kali bermimpi ditemui nenek tersebut dan mendapatkan pesan yang sama.

"Mimpi dua kali sebelum temuan batu yang pertama dan kedua. Sama, ada pesan dari seorang nenek tua itu," kata Suprianto ketika ditemui detikJatim di rumahnya, Minggu (9/7/2023).

Suprianto menjelaskan bahwa nenek itu meminta agar dirinya mengambil benda berupa batu gelung di tengah hutan. Sejak mimpi itulah Suprianto yang aktif di Komunitas penghijauan penanaman di hutan melihat batu yang berbeda dengan batu lain.

"Saat penanaman pohon saya ke sungai melihat batu yang lain dari lainnya. Hanya terlihat sedikit bagian atas karena tertutup pasir dan batu kecil. Saya gali lama sekitar satu jam dari satu batu yang sekarang sudah di rumah saya," jelas Suprianto.



5. Perjuangan Suprianto Bawa Batu Meteor Pulang

Suprianto mengatakan, butuh perjuangan untuk memindahkan batu itu dari tengah hutan ke jalan yang bisa dilalui kendaraan. Jarak rumahnya dengan lokasi temuan batu meteor kurang lebih 23 KM. Untuk membawa pulang satu batu itu dia harus melakukan estafet hingga 2 kali.

Dari titik lokasi temuan meteor hingga ke jalan setapak yang dilalui sepeda motor, dia membutuhkan waktu 3 jam. Untuk membawa batu itu pulang ke rumahnya perlu perjuangan ekstra dengan cara menggelindingkan batu itu secara manual dengan jarak 1,5 kilometer.

"Yang paling ekstrem saat menggelindingkan batu dari lokasi sungai ke jalan setapak yang bisa dilalui sepeda motor. Butuh waktu 3 jam menggelindingkan batu itu dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB," kata Suprianto.

Selanjutnya dari jalan setapak itu dua dibantu anaknya untuk menaikkan batu tersebut ke atas sepeda motor. Sekitar 1 jam dia mengendarai sepeda motor sembari membawa batu itu hingga tiba di rumahnya.

"Kemarin dibantu anak hanya menaikkan ke atas sepeda motor selanjutnya saya setir sendiri sepeda motornya ke rumah, perjalanan itu kurang lebih 1 jam," kata Suprianto.



6. Telah Dilaporkan ke Disporabudpar Nganjuk

Suprianto menambahkan bahwa penemuan dua batu diduga meteorit di hutan jati hutan jati Kedungngaron itu telah dia laporkan ke Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Nganjuk.

"Pemkab sudah saya lapori terkait temuan dugaan batu meteor jatuh dari langit," kata Suprianto.



7. Disporabudpar Nganjuk Akan Teliti

Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk akan mengecek apakah 2 batu itu memang meteorit atau bukan.

Kepala Bidang Kebudayaan Disporabudpar Kabupaten Nganjuk Amin Fuadi mengaku bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan awal terhadap 2 batu itu. Hasilnya, ada dugaan bahwa kedua batu itu memang batu meteorit.

"Jika melihat dari wujud benda kemudian uji magnet, sepertinya benar sesuai ciri-ciri salah satu jenis batuan meteor," ujarnya saat dikonfirmasi detikJatim, Minggu (9/7/2023).

Meski telah melakukan pengecekan, Amin mengatakan bahwa untuk memastikan kebenaran atas dugaan itu pihaknya akan melibatkan tim ahli. Dalam waktu dekat Disporabudpar Nganjuk akan berkirim surat ke museum Sangiran dan Museum Geologi.

"Sehingga, kepastian apakah dua batu yang memiliki berat masing-masing sekitar lebih 100 Kg itu adalah meteorit atau bukan akan segera diketahui," tandas Amin.

(hil/dte)


https://www.google.com/url?sa=t&sour...quzKPcj6gq8dMW


Baru bangun tidur, masih agak pening

Ane bacanya batu teroremoticon-Hammer2
amekachi
petani.syusyu
moh.yasin22
moh.yasin22 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.