Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Satgas Hilirisasi RI-Papua Nugini

Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Satgas Hilirisasi RI-Papua Nugini
Presiden Jokowi menunjuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Task Force alias Satuan Tugas (Satgas) Hilirisasi Indonesia-Papua Nugini. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Task Force alias Satuan Tugas (Satgas) Hilirisasi Indonesia-Papua Nugini.
Informasi itu disampaikan langsung oleh Luhut  di akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan pada Kamis (6/7). Luhut ikut mendampingi Jokowi melawat ke Papua Nugini beberapa waktu lalu.

"Presiden (Jokowi) menekankan untuk membuat kerja sama. Presiden segera dengan prime minister (PM Papua Nugini James Marape) sepakat membuat task force, di mana task force dari Indonesia Presiden menunjuk saya jadi ketuanya. Kemudian, dari PNG ditunjuk Deputi PM Pak John (John Rosso)," ungkap Luhut.

Luhut mengatakan Satgas Hilirisasi Indonesia-Papua Nugini akan mempercepat kerja sama kedua negara dalam pengolahan bahan mentah. Bahkan, ia menyebut Deputi PM Papua Nugini John Rosso akan segera datang ke Indonesia.

Nantinya, Luhut dan John bakal merundingkan apa saja yang difokuskan dalam kerja sama ini. Luhut mengklaim penjelasan Jokowi sudah sangat diterima oleh PM Papua Nugini James Marape.

"Ini saling menguntungkan. Kemiskinan di PNG (Papua Nugini) bisa banyak dikurangi karena dari 9 juta penduduk, 2,5 juta orang dalam kemiskinan. Angkanya tinggi sekali. Dan mereka memahami bahwa Indonesia sekarang sangat maju," ujarnya.

Terlepas dari itu, tanggung jawab baru Luhut ini turut menambah daftar panjang jabatannya selama dua periode menjadi anak buah Jokowi.

Sebelumnya, ia baru saja ditunjuk sebagai Ketua Satgas Percepatan Realisasi Investasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta Pengarah Manajemen Risiko Pembangunan Nasional.

Saking dipercayanya Luhut oleh Jokowi, netizen Indonesia menjuluki mantan elite Kopassus itu sebagai 'menteri segala urusan'. Berikut deretan jabatan Luhut di era Presiden Jokowi:

1. Kepala Kantor Staf Kepresidenan

2. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan

3. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman

4. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ad Interim

5. Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim (2020)

6. Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri

7. Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

8. Koordinator PPKM Wilayah Jawa-Bali

9. Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional

10. Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

11. Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung

12. Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional

: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...-papua-nugini.

Papua Nugini menunjuk Wakil (Deputi ) PM sementara RI menunjuk Menkomarves karena PNG bener-benar ingin belajar dari Indonesia mengelola SDA emoticon-Big Grin



Jokowi Persilakan Papua Nugini Contek Hilirisasi Indonesia
Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Satgas Hilirisasi RI-Papua Nugini
Foto udara aktivitas pemurnian nikel di area pabrik smelter milik PT Antam di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Sabtu (17/12/2022). | ANTARA FOTO/Jojon
07 Jul 2023, 07:00 WIB
Indonesia dan Papua Nugini sama-sama memiliki kekayaan mineral yang melimpah.
JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Papua Nugini tertarik untuk mempelajari langkah-langkah Pemerintah Indonesia dalam melakukan hilirisasi industri produk mineral. Jokowi menyatakan, Indonesia dengan tangan terbuka menyambut Papua Nugini untuk melihat proses hilirisasi di Tanah Air.

Menurut Jokowi, Papua Nugini ingin melakukan hilirisasi karena sama-sama memiliki kekayaan mineral yang melimpah. Papua Nugini ingin meningkatkan nilai tambah perekonomian dengan hilirisasi.

"Berkaitan dengan mineral, Indonesia dan PNG itu mineralnya melimpah, PNG ingin (melakukan hilirisasi) karena melihat hasil stok nikel di Indonesia memberikan nilai tambah yang sangat besar sampai 30 kali sehingga PNG ingin melihat step-step-nya seperti apa dan Indonesia terbuka untuk itu," ujar Jokowi seusai meninjau ladang jagung Food Estate Zona 9 di Kabupaten Keroom, Papua, Kamis (6/7/2023).

&embeds_referring_euri=https%3A%2F%2Fwww.republika.id%2F&source_ve_path=MjM4NTE&feature=emb_title

Jokowi pun mempersilakan Papua Nugini untuk melihat hilirisasi industri di Indonesia, baik di Morowali dan Weda Bay untuk komoditas nikel, di Gresik untuk tembaga, maupun di Bintan untuk bauksit."Semuanya ada dan akan kita buka. Kalau mau kerja sama, boleh, dengan BUMN bisa, dengan private sector, sektor swasta, juga bisa. Tidak kerja sama pun tidak apa-apa, tetapi kita terbuka," kata dia.

Menurut dia, kerja sama tersebut penting untuk kemajuan bersama, utamanya bagi negara-negara selatan. "Ini untuk kemajuan bersama, terutama untuk global south. Selatan-Selatan ini penting sekali kita galang bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, Jokowi menyebut hubungan Indonesia dengan Papua Nugini makin baik. Hubungan yang baik tersebut akan direalisasikan dalam berbagai kegiatan konkret, seperti pembuatan zona ekonomi di perbatasan karena potensi nilai perdagangannya yang besar.

"Kalau kita lihat, misalnya di Skouw saja, itu nilai perdagangan per tahun mencapai 300 juta dolar AS. Nah, kalau di titik-titik yang lain dikembangkan zona ekonomi seperti itu, akan baik. Itu yang kemarin kita tawarkan dan PNG setuju," ujar Jokowi.
&embeds_referring_euri=https%3A%2F%2Fwww.republika.id%2F&source_ve_path=MjM4NTE&feature=emb_title


Nilai total perdagangan Indonesia-Papua Nugini tercatat sebesar 307 juta dolar AS dengan ekspor RI sejumlah 244 juta dolar AS dan ekspor Papua Nugini 63 juta dolar AS. Indonesia surplus 181 juta dolar AS.

Presiden Jokowi diketahui melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape di APEC Haus, Rabu (5/7/2023). Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin membahas peningkatan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam kesempatan terpisah menyampaikan, Indonesia dan PNG memiliki sejumlah kesamaan. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang lebih erat agar kekayaan alam yang ada di kedua negara dapat dimanfaatkan sehingga masyarakat luas turut menikmatinya.

Ia pun turut menyinggung program Presiden Jokowi yang mewajibkan hilirisasi di sejumlah sektor, termasuk nikel dan bauksit. "Hilirisasi memberikan manfaat ribuan kali," kata Mendag.

Zulkifli menambahkan lagi, Indonesia juga telah mampu mengembangkan kelistrikan sehingga dapat membantu PNG untuk mengembangkan serupa. "Misalnya listrik, listrik di sana agak mahal karena baru mengembangkan. Kita sudah terlatih. Kita cuma enam sen, di sana 37 sen, kita bisa bantu," ujarnya.

Sementara itu, terkait kunjungan ke kawasan food estate di Kabupaten Keerom, Papua, Jokowi meninjau langsung ladang jagung di kawasan itu. Dalam keterangannya seusai meninjau hasil tanaman jagung, Jokowi menyebut perlunya evaluasi pengembangan food estate di Keerom sehingga hasilnya bisa lebih baik.

"Jadi, ini adalah jagung yang kita tanam tiga bulan lalu, tepatnya 107 hari yang lalu kita ke sini dan hasilnya ini. Memang ada yang sudah bagus-bagus, gede-gede, tapi juga ada yang masih kecil karena terlalu banyak air," ujar Jokowi.

Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Satgas Hilirisasi RI-Papua Nugini
Jokowi menilai pengembangan lahan jagung masih memerlukan perbaikan irigasi. "Jadi, tadi dievaluasi Pak Mentan, bupati, petani memang paritnya harus lebih dikecilkan jaraknya dari 12 menjadi 5—6 meter," lanjutnya.

Hasil pengembangan lahan jagung di kawasan food estate Kabupaten Keerom disebutnya sudah baik dengan produksi mencapai 7 ton per hektare. Sedangkan, standar produktivitas panen jagung nasional sebesar 5,6 ton per hektare.

"Memang ini baru pertama kali, jangan berpikiran langsung hasilnya sangat tinggi. Tapi, ini pun hasilnya sangat tinggi, kira-kira 7 ton per hektarenya, 7 ton per hektarenya. Karena standar nasionalnya 5,6 ton per hektare," ujarnya.

Jokowi menilai kawasan food estate di Kabupaten Keerom ini memiliki tanah yang sangat subur. Meski demikian, ia mengingatkan agar pengairan bisa dikelola dengan baik.


Hasil produksi jagung di kawasan food estate Keerom akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan Indonesia Timur.


Untuk mencapai produktivitas panen yang lebih tinggi, Jokowi mengatakan masih memerlukan sejumlah tahapan. Jokowi juga menyebut hasil panen jagung dijual dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per kilogram. Harga jual itu dinilainya sudah memberikan keuntungan yang cukup besar.
Mengenai keberlanjutan program pengembangan lahan jagung, Jokowi menyerahkannya kepada pemerintah daerah setempat. Jokowi menyebut nantinya pemerintah akan memberikan alat pertanian untuk membantu mengembangkan lahan jagung tersebut. Selanjutnya, pemimpin daerah setempat akan mengoordinasikan masyarakat untuk mengelola lahan pertanian sehingga produktivitas jagung bisa tetap terjaga dan terus ditingkatkan.

Jokowi mengatakan, hasil produksi jagung di kawasan food estate Keerom akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan Indonesia timur. Jokowi juga berjanji akan kembali meninjau panen jagung jika hasil produksinya mengalami peningkatan.
https://www.republika.id/posts/42845...sasi-indonesia

Ketimpangan di tengah kekayaan SDA Papua Nugini membuat mereka ingin belajar dengan Indonesia. Jika sukses dengan berkurangnya angka kemiskinan di PNG dan ekonomi mereka bertumbuh pesat akan menjadi citra positif bagi Indonesia sekaligus menekan pengaruh OPM di PNG yang sering nongkrong di PNG emoticon-Big Grin


Kenapa belajarnya sama Indonesia, bukannya Australia eks-penguasa Papua Nugini sebelum dimerdekakan?



sc5
ian.benjamin
ian.benjamin dan sc5 memberi reputasi
2
906
47
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.