Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Terungkap Akal-akalan Andhi Pramono Sembunyikan Harta Pakai Rekening Mertua
Jakarta - KPK mengungkap akal-akalan mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono untuk mengelabui aparat soal gratifikasi Rp 28 miliar yang diterimanya dari pengusaha. Salah satunya, Andhi diduga memakai rekening mertuanya untuk menampung duit gratifikasi.

Hal itu diungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers penahanan Andhi di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2023). Alexander awalnya menyebutkan Andhi diduga menjadi broker atau perantara untuk pengusaha impor ekspor.

Andhi diduga memanfaatkan jabatannya selaku eselon III untuk menjadi broker dan memberikan rekomendasi bagi aktivitas bisnis ekspor impor untuk pengusaha. KPK menduga Andhi mendapatkan fee atas rekomendasi yang diberikannya.

"Siasat yang dilakukan AP untuk menerima fee di antaranya melalui transfer uang ke beberapa rekening bank dari pihak-pihak kepercayaannya yang merupakan pengusaha ekspor-impor dan pengurusan jasa kepabeanan dengan bertindak sebagai nomine," ujar Alexander.

Selain rekening orang kepercayaan, Andhi diduga memanfaatkan rekening mertuanya untuk menampung uang gratifikasi. Namun KPK belum mengungkap berapa besar uang yang ditampung dalam rekening mertuanya.

"Kalau dari proses penyidikan dan ekspose, ada beberapa pembayaran yang digunakan melalui rekening mertuanya. Kalau dilihat dari proses pembayaran, tentu itu digunakan untuk rekening menampung gratifikasi dan sebagainya," ucap Alexander.

Akibat perbuatannya, Andhi dijerat dengan Pasal 12B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi serta Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Andhi juga sudah ditahan KPK.

https://news.detik.com/berita/d-6812...ekening-mertua

Ini yg ketauan yg blom ketauan ane yakin masih banyak oknum2 bedebah di negara ini emoticon-Traveller
Diubah oleh gabener.edan 09-07-2023 11:53
aldonistic
agh05t
nopel.megalodon
nopel.megalodon dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.1K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.