amekachiAvatar border
TS
amekachi
Pakar RI Bicara Air jadi Bahan Bakar: Masih Pakai Bensin, 1 Liter Air Keliling Dunia!

Dari Pakar Tehnik Mesin RI sampai Elon Musk Bicara Tentang Air jadi Bahan Bakar: Jika Masih Memakai Bensin, 1 Liter Air pun Bisa Keliling Dunia!
GIF





Api adalah sumber energi panas yang paling sering kita gunakan, termasuk pula sumber energi pertama yang dipakai oleh manusia untuk pertama kalinya. Lawan kata api adalah air, maka jika menggunakan air untuk sumber energi itu sulit terkecuali kita memberikan tenaga tambahan yang mendampingi air sebagaimana dulu pernah ada kereta api yang bisa berjalan melalui tenaga uap air.

Dibakar menggunakan batu bara hingga lancar perjalanan dari kota satu ke kota lainnya, seandainya dibakar dengan menggunakan bensin tentu saja lebih baik menggunakan bensin sekalian tidak perlu memakai uap air.


Quote:





Bagi pakar ilmu fisika Universitas Padjadjaran, Made Joni konsep elektrolisis untuk menghasilkan HHO dari H2O itu hal biasa dan sudah banyak di pasaran. Beliau pun mengaku pernah merisetnya namun ia hentikan sebab belum menemukan selang khusus, karena mudah meledak saat terjadi kebocoran (HHO bukan hidrogen murni dan lebih dikenal juga dengan sebutan gas brown yang diambil dari nama sang penemu Yull Brown)

Beberapa tanggapan lain seperti yang dikemukakan pakar tehnik mesin Dr. Moh . Nur Yuniarto mempertanyakan cara kerja Nikuba, sebuah alat yang diklaim bisa mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor. Menurutnya jika kendaraan tersebut masih membutuhkan bensin atau solar itu sama saja tidak ada gunanya:

"Harus dipastikan dulu bagaimanakah cara penggunaannya, ini nih jika ternyata masih menggunakan bensin maka dengan 1 liter air pun bisa keliling dunia"


Quote:





Hanya sekedar pendapat saya nih gansist, maksud tulisan diatas yang mengambil tulisannya para ahli tersebut itu menurut saya artinya tidak lebih sebagaimana dulu uap air sebagai tenaga pendorong sebuah kapal api. Bisa saja kan kita menganggap dengan menyebutnya sebagai kereta api berbahan bakar batu bara?.

Namun sumber-sumber yang bisa dijadikan sebagai pengganti bahan bakar minyak untuk keperluan industri sebenarnya sangat banyak sekali di dunia ini, salah satunya adalah matahari yang menurut Edward Gabriel Hutagalung dalam bukunya adalah sumber energi paling besar di bumi dan tidak ada habisnya.


Quote:





Dan proses juga sepertinya tidak terlalu rumit dibandingkan dengan menjadikan air sebagai pengganti bahan bakar, sebuah keajaiban jika air bisa jadi pengganti bahan bakar minyak atau lainnya. Bisa terjadi lagi revolusi industri jilid 2 dan legenda tentang ratu Shima dari kerajaan Kalingga saat semua rakyat di sebuah negeri jadi orang yang kaya raya bisa saja kembali terulang, sampai digambarkan ketika itu ada satu bongkah emas yang jatuh di jalan raya pun tak ada orang yang mau menggubrisnya.

Untuk saat ini air belum bisa menjadi pengganti bahan bakar bahkan bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk menyatakan bahwa penggunaan air sebagai pengganti bahan bakar adalah sesuatu hal yang bodoh karena menurutnya energi yang dikeluarkan untuk memproduksi tak sebanding dengan apa yang dihasilkan.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3

4

5

6
bocilural
BALI999
artikelbisa123
artikelbisa123 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
4.8K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.