Memang benar iklan harus dibuat semenarik mungkin agar menarik minat para pembaca. Namun masalahnya terkadang perusahaan melampaui batas dalam pembuatan iklan sehingga iklan yang tadinya ditujukan untuk branding malah berubah menjadi bahan tertawaan. Kendati demikian, hal ini terkadang malah dianggap momen menguntungkan bagi perusahaan karena iklan konyol yang mereka ciptakan mengakibatkan produk menjadi ramai dibicarakan.
Oleh sebab itulah sejak zaman dahulu iklan-iklan clickbait yang dibuat dengan fail sudah banyak beredar. Sebab dengan konsep seperti itu perusahaan dapat dengan cepat membuat produk menjadi ramai dibicarakan. Seperti iklan-iklan yang didesain dengan cukup fail berikut ini. Iklan-iklan tersebut akan menimbulkan gelak tawa bagi siapapun yang melihatnya. Penasaran seperti apa lucunya iklan fail tersebut, mari kita amati pada thread berikut ini
Quote:
1. Iklan vaseline jaman dahulu
Kesalahan dari pembuatan iklan ini adalah penggunaan slogan "caring dads always lube" yang sering dipersepsikan bermakna negatif. Bila diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia slogan tersebut memiliki arti "ayah yang peduli selalu melumasi" yang tampak sungguh konyol artinya. Kira-kira untuk apa ayah sering-sering melumasi ya? bukankah konotasinya ke arah negatif ya!
Quote:
2. Iklan Foster beer jaman dahulu
Waduh nggak begitu juga dong!. Pada iklan ini seorang wanita berpayudara besar digunakan untuk melindungi beer agar tetap dingin. Memangnya untuk menjaga beer agar terlindung dari sinar matahari harus diletakan di bawah payudara besar?!. Sungguh tak heran iklan ini menjadi ramai dibicarakan.
Quote:
3. Iklan QuikTrip Sandwiches
Iklan ini memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu "Mulutmu berbentuk bulat bukan tanpa alasan" yang membuat slogan tersebut bermakna ke arah konotasi negatif. Sebenarnya ide ini keren juga untuk dijadikan kata-kata menarik dalam pembuatan iklan. Namun masalahnya orang-orang menjadi salah mengartikannya. Apalagi makanan yang diperkenalkan oleh perusahaan ini berbentuk silinder.
Quote:
4. Iklan Electrolux
Iklan vacuum cleaner ini memiliki tulisan yang secara harfiah benar karena "sucks" dapat diartikan sebagai penghisap. Namun masalahnya dalam keseharian orang-orang barat, mereka lebih sering menggunakan "sucks" untuk makna yang lain yakni "payah" sehingga iklan berubah menjadi "Tidak ada yang payah selain eletrolux", sunggul fail sekali bukan penggunaan kata-kata tersebut.
Quote:
5. Iklan layanan masyarakat
Iklan ini bertujuan untuk mengurangi kekerasan terhadap wanita dan mengajak para pria ikut berpartisipasi dengan "standing up!" atau dapat diartikan secara harifah berdiri ke atas. Sayangnya salah satu model iklan yang digunakan ada yang duduk di kursi roda membuat iklan ini menjadi dark. Banyak orang-orang yang menganggap desainer iklan lumayan usil dengan menyisipkan dark jokes seperti ini ditengah-tengah iklan yang seharusnya formal.
Quote:
6. Iklan baliho zaman dahulu
Iklan servis AC ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa "Istrimu kepanasan" namun masalahnya pengunaan "Hot" dalam kehidupan sehari-hari bisa bermakna lain. Hot bisa diartikan sebagai seksi dan sensual. Sehingga iklan ini sering disalahartikan oleh pembaca seolah-olah desainer iklan sedang menyatakan bahwa istrimu seksi.
Quote:
7. Iklan burger king
Dari melihat gambarnya saja orang-orang sudah berpikiran negatif. Apalagi penggunaan kata-kata "Blow" pada iklan ini. Meskipun memiliki arti yang sudah benar, sayangnya gambar iklan ini terlalu mengarah ke hal-hal negatif. Agan sendiri pasti bisa menyimpulkan kearah mana maksud dari iklan tersebut.
Quote:
8. Iklan SEGA
Penggunaan slogan "The more you play with it, the harder it gets" nampaknya sudah benar secara harfiah. Jadi iklan ini hendak menyampaikan bahwa semakin sering kamu bermain maka permainan akan semakin sulit. Sayangnya bentuk joystiknya mirip seseorang sedang memegang Mr. P yang membuat slogan menjadi berbeda makna. Slogan kini berubah makna menjadi "semakin sering kamu gunakan, maka semakin keras benda itu". Waduh, bila kita analogikan ke hal-hal negatif, masuk akal sekali ya slogan tersebut!
Itu dia 8 iklan fail zaman dahulu yang memberikan inspirasi bagi perusahaan zaman kini untuk membuat iklan-iklan tak lazim dan nyeleneh. Ternyata di zaman dahulu berbagai perusahaan sudah terpikirkan untuk membuat desain iklan yang menimbulkan pertanyaan. Hal ini tentu sangat kreatif namun tidak baik untuk dipertontonkan semua kalangan, sehingga beberapa iklan ini sudah ditarik peredarannya. Dari 8 iklan di atas, nomor berapa yang mengocok perutmu? tuliskan di kolom komentar!
Sumber :
Disini