Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Apa saja karakteristik hewan amfibi? 




Hi sobat kaskus,



Apakah agan pernah melihat hewan amfibi? Pernahkah berfikir lebih dalam untuk mengetahuinya secara detil, setidaknya mempelajari karakternya untuk sekedar pengetahuan tambahan hidup di dunia?



Yuk lah kita bahas hal ini secara singkat, semoga menambah wawasan ya gan.

Hewan amfibi adalah kelompok hewan yang dapat hidup di dua elemen berbeda, yaitu di air dan di darat. Mereka memiliki sejumlah karakteristik yang membedakan mereka dari kelompok hewan lainnya.



Berikut adalah beberapa karakteristik umum hewan amfibi:



Habitat: Hewan amfibi memiliki siklus hidup yang melibatkan perpindahan antara air dan darat. Biasanya, mereka bertelur di air dan kemudian menjalani tahap larva yang hidup di air sebelum bermetamorfosis menjadi bentuk dewasa yang hidup di darat.

Kulit: Kulit hewan amfibi umumnya tidak bersisik dan tipis. Kulit mereka lembap dan permeabel, yang memungkinkan pertukaran gas dan air melalui kulit. Beberapa spesies amfibi memiliki kemampuan untuk menghasilkan lendir untuk menjaga kelembaban kulit mereka.

Pernapasan: Hewan amfibi dapat bernapas melalui paru-paru dan juga melalui kulit mereka. Ketika berada di air, mereka menggunakan insang atau kulit yang tipis untuk mengambil oksigen. Di darat, mereka menggunakan paru-paru untuk bernapas.



Sistem peredaran darah: Hewan amfibi memiliki jantung dengan tiga ruang yang memungkinkan pemisahan sebagian darah yang teroksigenasi dan tidak teroksigenasi. Namun, sistem peredaran darah mereka tidak seefisien mamalia atau burung.

Reproduksi: Mayoritas hewan amfibi melakukan fertilisasi eksternal, yaitu telur-telur dibiarkan di lingkungan air dan dibuahi oleh sperma jantan. Setelah itu, telur tersebut akan mengalami perkembangan menjadi tahap larva (misalnya, katak) sebelum akhirnya berubah menjadi bentuk dewasa.



Ectothermic: Hewan amfibi adalah hewan ektotermik atau "poikilotermik," yang berarti mereka tidak dapat mengatur suhu tubuh internal mereka secara mandiri. Mereka bergantung pada suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Keberagaman: Kelompok amfibi meliputi beberapa jenis hewan, seperti katak, kodok, salamander, dan cecak. Masing-masing memiliki adaptasi khusus untuk menghadapi lingkungan hidupnya.



Perkembangan metamorfosis: Banyak amfibi mengalami tahap metamorfosis saat berkembang dari larva menjadi bentuk dewasa. Proses ini melibatkan perubahan drastis dalam penampilan dan struktur tubuh mereka.

Karakteristik-karakteristik ini membantu hewan amfibi untuk beradaptasi dengan kehidupan di dua habitat yang berbeda, yaitu air dan darat.





Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









bond_tomy2002
orangemonkey
provocator3301.
provocator3301. dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.4K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.