• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Suzuki Tour H1 Ini Harganya Rp86 Jutaan, Konsumsi BBM 1:24 KM/L

mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Suzuki Tour H1 Ini Harganya Rp86 Jutaan, Konsumsi BBM 1:24 KM/L

Maruti Suzuki secara resmi meluncurkan Suzuki Tour H1, sebuah mobil hatchback komersial dengan dimensi kecil yang ditujukan untuk konsumen pemula atau tingkat awal. Jadi, apa saja keunggulan yang ditawarkannya?

Sekedar info, Maruti merupakan perusahaan India yang memegang 54 persen saham dari Suzuki Motor Corporation dan pada 2017 memegang 51 persen kepemilikannya. Mirip seperti Astra di Indonesia.

Seperti yang dilaporkan oleh Gaadiwaadi, Suzuki Tour H1 baru saja mulai dijual di India. Mobil ini dapat dibeli dengan harga 480.500 rupee atau sekitar Rp 86,7 juta hingga 570.500 rupee atau sekitar Rp 103 juta. Meskipun harganya terjangkau, Tour H1 memiliki sejumlah keunggulan.

Dalam hal penampilan, Suzuki Tour H1 memiliki desain kecil dengan garis minimalis yang terlihat di beberapa bagian. Pabrikan menyematkannya dengan gril yang tegas yang terpisah dengan logo ‘S’ yang ditempatkan di tengah dan lampu utama (headlamp) yang dirancang agak besar.

Suzuki Tour H1 dibangun dengan menggunakan rangka yang sama dengan Alto K10 yang baru diluncurkan pada akhir tahun lalu. Namun, mobil ini mengalami perubahan dalam hal penampilan dan warna. Tour H1 hadir dalam tiga pilihan warna yang berbeda, yaitu perak, abu-abu, dan putih.

Spesifikasi Suzuki Tour H1
Suzuki Tour H1 yang baru dilengkapi dengan dimensi yang sama dengan Alto K10 yaitu memiliki panjang 3.530 mm, lebar 1.490 mm, dan tinggi 1.520 mm. Kedua hatchback ini memiliki jarak sumbu roda yang sama, yaitu 2.380 mm.


Sebagai perbandingan, Suzuki Ignis dan Suzuki S-Presso yang sudah mengaspal di Indonesia memiliki dimensi yang mirip dengan Tour H1.

Untuk dimensi S-Presso tercatat dengan panjang 3.565 mm, lebar 1.520 dan tinggi 1.567 mm. Sedangkan dimensi bodi Suzuki Ignis yang lebih besar, di mana panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm.

Mobil yang terjangkau ini menggunakan mesin 1.000 cc tiga silinder K-Series Dual Jet VVT dengan pilihan bahan bakar bensin dan CNG. Transmisi yang tersedia hanya manual dengan lima percepatan.

Untuk varian bensin, tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 66,6 PS dengan torsi puncak 89 Nm. Sedangkan untuk varian CNG, tenaganya maksimalnya adalah 56,6 PS dengan torsi 82,1 Nm.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


TOYOTA VIOS

MITSUBISHI PAJERO SPORT

NISSAN GRAND LIVINA

Konsumsi bahan bakar Suzuki Tour H1 juga sangat irit. Bahkan, kendaraan ini dianggap sebagai mobil paling efisien di kelasnya. Konsumsi bahan bakar untuk varian bensin mencapai 24,6 km per liter BBM. Sementara itu, varian CNG dapat mencapai 34,4 km per kilogram.

Lagi-lagi jika kita bandingkan dengan Suzuki S-Presso, model 2023 dibekali mesin K10C 1.000 cc tiga silinder bertenaga maksimal 66 tenaga kuda pada 5.500 rpm dan torsi puncak 89 Nm di putaran 3.500 rpm.

Untuk konsumsi 1 liter BBM mampu membawa Suzuki S-Presso menempuh jarak hampir 24 km. Sementara berdasarkan MID (Multi Information Display), hasil yang ditampilkan lebih tinggi, yakni 25,8 kpl, atau 1 liter bensin rata-rata untuk menempuh perjalanan hingga 25,8 km.

Suzuki Tour H1 dilengkapi dengan sejumlah fitur standar, seperti SRS dual airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force limiter, engine immobilizer, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sistem pembatas kecepatan, sensor parkir belakang, dan masih banyak lagi.


“Suzuki Tour H1 dilengkapi dengan mesin Next-Gen K 10C, interior dan eksterior yang mengesankan, dan fitur keamanan,” kata Shashank Srivastava, yang merupakan Senior Executive Officer Maruti Suzuki India, dikutip Sabtu, (10/6/2023).

“Dengan menawarkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik, Tour H1 dirancang untuk memberikan kegembiraan kepada pelanggan,” tambah Shashank Srivastava.

Namun sayangnya belum ada kabar apakah Suzuki Tour H1 ini akan masuk ke Indonesia atau tidak.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN
jlamp
infoautoterkini
Gerry12
Gerry12 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.5K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.