pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Pendaftar Ponpes Al Zaytun Membludak, Banyak dari Luar Indramayu


SUMEKS.CO - Ditengah polemik dan kontroversinya, jumlah pendaftar santri baru tahun ajaran 2023/2024 Pondok Pesantren Al Zaytun justru membludak. 

Bus yang membawa calon santri bersama keluarganya terus berdatangan ke pondok pesantren pimpinan Panji Gumilang itu. Namun, sebagian besar berasal dari luar Kabupaten Indramayu. 

Panitia penerimaan santri baru Al Zaytun sudah menerima pendaftaran 1.003 calon santri. Jumlah itu jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2022 lalu yang hanya berada diangka 800 calon santri.

Namun, kenaikan jumlah calon santri Al Zaytun ini, setelah dibukanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sehingga jumlah pendaftar SMK cukup mendongkrak pendaftar calon santri baru. 

"Total calon santri ada 103 yang sudah mendaftar, baik secara online maupun offline. Itu terdiri 196 calon pelajar SMK, 194 calon  pelajar Madrasah Ibtidaiyah, 613 Calon pelajar Madrasah Tsanawiyah," jelas Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru Al Zaytun, M Iqbal Aulia, dikutif dari akun facebook @Liputan6 dan Liputan6SCTV. 

Sejumlah kontroversi Panji Gumilang membuat Pondok Pesantren Al Zaytun menjadi sorotan beberapa bulan terakhir. 

Satu persatu kesesatan Panji Gumilang, terus terbuka ke publik. Namun, belum ada tanda-tanda pimpinan Ponpes Al Zaytun Indramayu itu, akan tobat. Justru keganjilannya makin menjadi-jadi. 

Mulai dari orang terdekat, anak buahnya di Al Zaytun, hingga alumni Zaytun pun angkat bicara, atas berbagai kontroversi dan polemik Al Zaytun dan Panji Gumilang. 

Ken Setiawan, salah seorang mantan loyalitas Panji Gumilang di Al Zaytun, berani buka-bukaan siapa sosok Panji Gumilang. Ken membongkar kesesatan Panji Gumilang terkait pemahaman sesat Negara Islam Indonesia (NII). 

Ken mengungkap saat diri masih di Al Zaytun, terjadi kesesatan yang dilakukan dedengkot Al Zaytun, Panji Gumilang, atas syahadat. 

"Dia telah merubah rukun IsIam. Kalau rukun Islamnya sama, syahadatnya yang diajarkan di gerakan teritorial," kata Ken, saat jadi narasumber program Catatan Demokrasi TVOne

Dalam syahadat, pengakuan Tiada Tuhan selain Allah menjadi yang paling utama. Sedangkan syahadat versi Panji Gumilang, terjadi perbedaan, tidak ada negara selain negara Islam. 

"Sangat-sangat sesat. Syahadatnya ini tiada negara kecuali negara Islam. Padahal sudah final, tiada tuhan selain Allah," kata Ken.

Pemahamannya sangat diluar logika. Bagi mereka yang tidak masuk dalam negara Islam versi Al Zaytun, dia dianggap kafir. Bahkan, kelompok ini menganggap Indonesia masih jahiliyah.

"Pancasila, KUHP, peninggalan penjajahan Belanda, ini harus diganti dengan negara Islam," lanjutnya

Sudah jelas, dalam rukun IsIam, syahadat adalah yang paling mendasar. Syahadat ngawur ini sudah dibuku di Al Zaytun, yang dibuat saat itu masih berstatus bupati di NII. Saat ini sudah jadi gubernur NII. 

Lebih gilanya lagi, kesesatan Al Zaytun menganggap Panji Gumilang sebagai nabi. Ini merupakan bagian dari syahadat Al Zaytun. Bahkan, saat masih gabung di Al Zaytun, meyakini Panji Gumilang sebagai nabi setelah Nabi Muhammad. 

Kesesatan lain Panji Gumilang, setelah lagu Hevenu Shalom Alehem dirilis, yang diikuti pengikutnya. Terbaru klip video pimpinan Ponpes Al Zaytun itu merilis lagu Hinema Tovo Mana Him.

Pada video yang beredar di media sosial itu, Panji Gumilang mengawali sambutannya dengan mengucapkan rahayu engkang pinanggih, dilanjutkan hevenu shalom alehem.

Kemudian laki-laki yang penuh kontroversi itu ingin mengucapkan syukur Alhamdulillah. Namun disampaikan dalam bentuk nyanyian secara bersama-sama. Alhamdulillah diganti menjadi Hinema Tovo Mana Him, yang dinyanyikan bersama-sama.

"Hamdallah nya saya ingin menyanyi tapi bersama-sama. Betapa indahnya persahabatan yang bisa duduk bersama ini. Saya akan buka Mazmur Zabur (perjanjian Lama) nyanyian dari Nabi Daud," kata Panji Gumilang. 

Sudah lama Ponpes Al zaytun dan pemimpinnya penuh dengan kontroversi. Salah satunya pengucapan salam Yahudi. Dengan menyanyikan lagu Hevenu Shalom Alehem

Meski Panji Gumilang memberikan keterangan atas sejumlah kontroversi dan polemik yang dilontarkannya selama ini. 

Terbaru, pimpinan Ponpes Al Zaytun itu menjawab atas lagu Hevenu Shalom Alehem, yang kerap dinyanyikan di lingkungan Al Zaytun. 

Dilansir SUMEKS.CO dari akun TikTok @Liputan6SCTV, Panji beralasan lagu Hevenu Shalom Alehem bukanlah lagu orang Yahudi. Melainkan lagu itu lagu orang Ibrani. 

"Itu bukan lagunya orang Yahudi, lagunya orang Ibrani. Sama dengan Assalamu'alaikum. Sama dengan punten. Sama dengan selamat pagi, selamat siang," kata Panji, dengan wajah yang nampak tidak garang lagi. 

Panji Gumilang pun menjelaskan, arti dari Hevenu Shalom Alehem sama dengan Assalamu'alaikum. Cuma bahasa saja yang beda. 

"Sesekalilah berbahasa Ibrani. Jangan bahasa Arab terus. Artinya sama. Hevenu Shalom Alehem sama dengan Assalamu'alaikum. Gak usah heranlah," ucap Panji. 

Lagu Hevenu Shalom Alehem sudah menjadi wajib bagi Pondok Pesantren Al Zaytun. Mulai dari pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang hingga warga Al Zaytun, kerab menyanyikan lagi ini. 

Namun dari sebuah video yang beredar di media sosial, lagu ini biasanya dinyanyikan dalam kebaktian agama Yahudi. Dalam video akun TikTok @Fajar Official 2023, beberapa perempuan cantik menyanyikan lagu itu. 

Dalam narasi video disebut bila lagu dalam bahasa Ibrani itu memiliki arti, "Kami (Yahudi) datang dengan damai". Lagu ini biasanya dinyanyikan dalam kebaktian agama Yahudi.

Bahkan, lagu ini juga sering dinyanyikan sebagai bagian dari ibadah atau doa bersama umat Yahudi. 

Lagu ini mulai viral di jagat maya setelah, video pimpinan Al Zaytun, Panji Gumilang mengajak hadirin dalam sebuah acara yang digelar di Al Zaytun, menyanyikan lagu tersebut. 

Kemudian video lain pun menyusul. Beberapa warga Al Zaytun juga menyanyikan lagu ini, yang diiringi dengan berbagai alat musik. Dalam aksi demontrasi Kamis 15 Juni 2023 lalu, massa tandingan Al Zaytun juga menyanyikan lagu ini, yang diiringi dengan berjoget.

disway
surya.paloh69
nomorelies
pwxips
pwxips dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.6K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.