Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kali.dondongAvatar border
TS
kali.dondong
Panji Gumilang Sebut Ibadah Haji Cukup di Al-Zaytun, Ini Kata Muhammadiyah
28 Juni 2023 10:25
·
Ponpes Al-Zaytun tengah menjadi polemik. Ponpes pimpinan Panji Gumilang itu mempunyai sederet hal yang tak lazim. Mulai dari ibadah haji tak perlu ke Makkah tapi cukup berkeliling Al-Zaytun dan melempar jumrah berupa 7 sak semen untuk pembangunan ma'had.


Selain itu Panji Gumilang juga menyatakan Al-Zaytun bermazhab yang tak umum yaitu Mahzab Soekarno.

"Tertibkan seluruh prosesi pandangan dan apa yang terjadi ekosistem yang ada itu menjadi pulih," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat dimintai tanggapan soal hal tak lazim di Al-Zaytun pada, Rabu (28/7).

Setelah ditertibkan, Haedar mengatakan selanjutnya ponpes itu harus kembali mengajarkan hal yang lazim.

"Kemudian menjadi pondok pesantren yang lazim di seluruh Indonesia mengajarkan ajaran agama yang benar berdasarkan Al Quran dan sunah nabi," katanya.
"Mengembangkan pandangan-pandangan yang tawassuth moderat dan tidak menyimpang dari berbagai hal termasuk dalam hal kebangsaan," tegasnya.

Al-Zaytun menempati lahan 2.000 hektare lebih. Foto: Subhan/kumparan
Di sisi lain, soal penanganan Al-Zaytun, Muhammadiyah menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah.

"Pemerintah Jabar sudah menyerahkan ke pusat maka kami percaya nanti sesuai dengan tugas yang diemban Menko Polhukam Bapak Mahfud MD akan bertindak yang tegas adil dan merawat ketertiban bersama agar keresahan ini tidak terus berlanjut," tegasnya.

Dalam Lipsus kumparan berjudul: Benang Kusut Al-Zaytun & Mazhab Sesat Panji Gumilang, Panji Gumilang dalam khotbah Jumat (28/4) di Masjid Al-Hayat, Al-Zaytun, menyatakan diri sebagai penganut mazhab Soekarno, bukan mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, maupun Hambali yang merupakan empat mazhab utama dalam Islam.

Selain itu, Panji kerap mengajak jemaah menyanyikan salam Ibrani/Yahudi “Havenu Shalom Aleichem”. Ia juga menyebut berhaji tak perlu ke Tanah Suci, tapi cukup berkeliling Al-Zaytun dan melempar jumrah berupa 7 sak semen untuk pembangunan ma’had.

“Pada tanggal 1 Muharam, seratusan ribu orang berbondong-bondong ke Al-Zaytun untuk melakukan ritual haji dan melempar jumrah pakai sak semen. Semakin banyak [jumlah semennya], semakin soleh," demikian keterangan dari Ken Setiawan, eks anggota NII.


Kumparan

Setuju Gan, biar berproses sesuai konstitusi dan aturan hukum di Indonesia.
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
778
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.