Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
FBI Sebut Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Punya Hubungan dengan Indonesia


Tangkapan layar file pencarian orang FBI yang memuat detail informasi terkait pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin. (Dok. FBI)
Liputan6.com, Jakarta - Biro Investigasi Federal atau FBI mengaitkan pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner Yevgeny Viktorovich Prigozhin atau Yevgeny Prigozhin dengan Indonesia dalam file pencarian orang yang dirilisnya.

File PDF yang dirilis FBI tersebut tidak terkait dengan pemberontakan Wagner terhadap pemerintah Rusia pada Sabtu (24/6/2023). Dalam pengumumannya, FBI menyatakan Yevgeny Prigozhin dicari terkait dengan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat (AS).

Enam+02:17VIDEO: Yevgeny Prigozhin dan Pasukan Wagner Meninggalkan Rostov-On-Don
Dalam file terkait Yevgeny Prigozhin yang dibuatnya, FBI mencantumkan sejumlah informasi antara lain nama sapaan, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, warna mata, ras, dan rambutnya.

Berikut ciri Yevgeny Prigozhin yang diungkap FBI:

Panggilan akrab: Yevgeny
Tanggal lahir: 1 Juni 1961
Rambut: Botak
Jenis kelamin: Laki-laki
Kewarganegaraan: Rusia
Tempat lahir: Rusia
Mata: Cokelat
Ras: Putih
FBI menawarkan hadiah hingga USD 250.000 atau sekitar Rp3,7 miliar atas informasi yang mengarah pada penangkapan Yevgeny Prigozhin.

"Prigozhin berbicara bahasa Rusia dan memiliki hubungan dengan Rusia, Indonesia, dan Qatar," ungkap file FBI, tanpa menjelaskan lebih lanjut detail relasi bos Wagner tersebut dengan Indonesia.

"Yevgeny Prigozhin dicari oleh FBI atas dugaan keterlibatannya dalam konspirasi untuk menipu Amerika Serikat dengan merusak, menghalangi, dan menggagalkan fungsi sah Komisi Pemilihan Federal, Kementerian Kehakiman Amerika Serikat, dan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat. Ini terjadi di Washington D.C., dari awal tahun 2014 hingga 16 Februari 2018."

FBI mengatakan bahwa Yevgeny Prigozhin merupakan penyandang dana utama Internet Research Agency (IRA) yang berbasis di St. Petersburg, Rusia.

"Dia diduga mengawasi dan menyetujui operasi campur tangan politik dan pemilu IRA di Amerika Serikat yang meliputi pembelian ruang server, pembuatan ratusan persona online fiktif, dan penggunaan identitas curian warga Amerika Serikat. Tindakan tersebut diduga dilakukan untuk menjangkau sejumlah besar warga Amerika Serikat dengan tujuan mengganggu sistem politik Amerika Serikat, termasuk Pemilu Presiden 2016," tulis FBI.

"Pada 16 Februari 2018, surat perintah penangkapan federal dikeluarkan untuk Yevgeny Prigozhin di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Columbia setelah dia didakwa dengan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat."


Cara Memberikan Petunjuk terkait Yevgeny Prigozhin

Pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin. (Dok. AFP)
Lebih lanjut, FBI menjelaskan bagaimana masyarakat dapat memberikan informasi terkait Yevgeny Prigozhin.

"Jika Anda memiliki informasi tentang orang ini dan Anda berada di luar Amerika Serikat, harap hubungi kedutaan atau konsulat Amerika Serikat terdekat. Jika di dalam Amerika Serikat, harap hubungi kantor FBI setempat atau saluran bebas pulsa FBI di 1-800-CALL-FBI (1-800-225-5324)," tulis FBI.

"Anda juga dapat memberikan petunjuk di tips.fbi.gov."

FBI tidak mencantumkan tanggal rilis file pencarian Yevgeny Prigozhin.
https://www.liputan6.com/global/read/5329694/fbi-sebut-bos-wagner-yevgeny-prigozhin-punya-hubungan-dengan-indonesia

Hubungan apa Wagner sama Indonesia emoticon-Matabelo ?
Sering liburan ke Indonesia?


Jokowi dan Prabowo Juga Bahas Situasi Ukraina-Rusia yang Cepat Berubah

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 26 Jun 2023 18:41 WIB

Prabowo Subianto dan Jokowi (Dok. Instagram Prabowo)
Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkap isi pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) petang tadi. Selain membahas soal politik dalam negeri, Prabowo dan Jokowi membicarakan soal politik luar negeri.
"Saya melaporkan hasil kunjungan saya ke luar negeri ke Eropa kita bicarakan sedikit masalah geopolitik, masalah perkembangan terakhir di, di internasional. Ada beberapa hal yang dapat petunjuk dari Presiden dan saya kira akan kita laksanakan petunjuk-petunjuk beliau," kata Prabowo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/6/2023).

Prabowo mengatakan salah satu persoalan internasional yang dibahas bersama Jokowi adalah mengenai situasi di Ukraina. Sebab, menurutnya, saat ini situasi di Ukraina sangat cepat berubah.

"Kita cermati perkembangan di Ukraina secara rinci keadaannya cepat berubah dan juga saya harus juga nanti membuat laporan yang lebih rinci. Tadi nggak sempat karena hanya sebentar," ujar Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Jadi intinya itu perkembangan yang kita cermati supaya kita tidak tidak tergagap dan rencana-rencana ke depan," imbuh Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengaku membahas soal situasi di Rusia bersama Jokowi. Dia menuturkan saat ini Indonesia berupaya untuk terus mengikuti perkembangan situasi yang ada.

"Ya tadi kan sudah saya sampaikan kita ikuti perkembangan dengan cermat," ungkap dia.

Lebih lanjut, Prabowo menegaskan bahwa sikap Indonesia atas perang antara Rusia dan Ukraina sudah jelas. Indonesia, menurut dia, menghormati hukum internasional yang ada.

"Saya kira sikap kita sudah jelas kita berada di posisi yang menghormati ketentuan-ketentuan internasional, hukum internasional. Sikap politik luar negeri kita sudah sangat jelas," kata Prabowo.

Kendati demikian, lanjutnya, Indonesia juga terus berupaya memelihara hubungan baik dengan kedua negara. Prabowo mengatakan Indonesia juga terus berusaha untuk menjadi jembatan bagi Rusia dan Ukraina.

"Tapi tentunya kita memelihara hubungan baik dengan semua pihak dan kita coba selalu untuk menjadi, kita berusaha untuk menjadi penengah, jembatan, kalau memungkinkan. Kalau ada hasrat dari kedua belah pihak. Tapi terus kita berusaha memberi masukan-masukan yang baik," pungkasnya.

https://news.detik.com/berita/d-6793...cepat-berubah.

Bahas situasi di Ukraina?
[/b]
nomorelies
areszzjay
areszzjay dan nomorelies memberi reputasi
2
1.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.