kali.dondongAvatar border
TS
kali.dondong
Ganjar Datangi Investor Bisnis di Jakarta Malam-malam, Ada Apa?
Penulis Adhyasta Dirgantara | Editor Sabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal capres dari PDI-P Ganjar Pranowo mendatangi acara yang dihadiri oleh sejumlah pelaku dan investor bisnis di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada Jumat (23/6/2023) malam. Pantauan Kompas.com di lokasi, Ganjar tiba di Hotel JS Luwansa sekitar pukul 21.30 WIB

Ganjar tampak menggunakan kemeja bergaris putih dan hitam. Saat ditanya mengenai kedatangannya ke acara malam ini, Ganjar mengaku tidak tahu apa-apa. "Aku belum tahu acaranya," ujar Ganjar singkat.

Ditemui terpisah, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya yang juga diundang ke dalam acara mengungkapkan para investor bisnis memang biasa membuat acara yang sifatnya non politik.Akan tetapi, Yunarto menyebut para pelaku bisnis memiliki kepentingan untuk mencari tahu prediksi politik jelang Pemilu 2024.

"Tentu saja punya kepentingan untuk mengetahui bagaimana prediksi, bagaimana stabilitas politik ke arah pemilu. Karena biasanya yang namanya market atau dunia bisnis ini kan paling aware terhadap stabilitas politik," ujar Yunarto.

Yunarto menjelaskan, ketika pemilu menyisakan satu tahun lagi, para investor kerap mengundang pengamat politik untuk mencari tahu perihal stabilitas politik. Dia mengatakan Ganjar juga diundang ke dalam acara ini. Ketika berbicara dengan panitia acara, bukan tidak mungkin bakal capres lain juga akan diundang ke acara semacam itu.

"Saya pikir kita harus mendorong itu. Untuk memaksa para calon-calon yang sudah tersebut namanya ini untuk berbicara mengenai gagasan yang sifatnya konkrit, apalagi mengenai ekonomi ya," kata dia.

"Malah kalau perlu ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya informal, tapi menyertakan calon-calon yang kuat. Misalnya ada 3 calon yang kuat, misalnya Ganjar, Prabowo dan Anies. Sehingga selain debat-debat yang sifatnya formal, yang kita akan lihat di televisi diatur oleh KPU, kita akan lihat pertarungan gagasan secara informal yang wadahnya itu dilakukan oleh aktor-aktor non politik, termasuk komunitas bisnis," sambung Yunarto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjar Datangi Investor Bisnis di Jakarta Malam-malam, Ada Apa?

Penulis : Adhyasta Dirgantara
Editor : Sabrina Asril


Manrap Gan
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.