Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Apa Itu Hujan Meteor Lyrid, Yuk Kita Cari Tahu Gan!




Hi sobat kaskus,


Hujan Meteor Lyrid adalah salah satu fenomena alam yang terjadi setiap tahun pada bulan April. Hujan meteor ini terjadi ketika Bumi melintasi jalur orbit debu dan partikel-partikel yang ditinggalkan oleh komet bernama C/1861 G1 Thatcher. Ketika Bumi melintasi jalur ini, partikel-partikel tersebut memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi dan terbakar saat memasuki atmosfer, menciptakan kilatan cahaya yang disebut meteor.

Hujan Meteor Lyrid dinamakan demikian karena titik radiant, yaitu titik di langit dari mana meteor terlihat berasal, berada di dekat bintang Lyra. Bintang Lyra adalah salah satu rasi bintang yang terlihat di langit utara.



Hujan Meteor Lyrid dapat terlihat di berbagai belahan Bumi, tetapi biasanya lebih terlihat di belahan utara. Puncak aktivitas hujan meteor ini biasanya terjadi pada pertengahan hingga akhir April, dengan tingkat aktivitas yang bervariasi setiap tahunnya. Pada puncaknya, bisa terjadi sekitar 10 hingga 20 meteor per jam.

Untuk mengamati Hujan Meteor Lyrid, disarankan untuk pergi ke tempat yang memiliki langit gelap tanpa cahaya buatan, seperti pedesaan atau daerah terpencil. Pastikan juga mata Anda terbiasa dengan kegelapan selama beberapa saat untuk melihat meteor dengan lebih jelas.



Lalu bisakah Meteor lyrid ini jatuh ke bumi?

Jawabnya tentu saja bisa jatuh ke bumi. Namun, perlu diingat ketika Bumi melintasi jalur orbit komet ini, partikel-partikel tersebut memasuki atmosfer dengan kecepatan tinggi dan terbakar saat terjadi gesekan dengan udara, menghasilkan kilatan cahaya yang kita kenal sebagai meteor.

Sebagian besar partikel tersebut terbakar sepenuhnya dalam atmosfer dan tidak mencapai permukaan Bumi. Namun, ada kemungkinan bahwa beberapa partikel yang lebih besar dapat bertahan dan mencapai permukaan Bumi dalam bentuk meteorit. Meteorit adalah fragmen batuan luar angkasa yang mencapai permukaan Bumi setelah melalui atmosfer.



Namun, perlu dicatat bahwa kemungkinan menemukan meteorit dari hujan meteor Lyrid sangat kecil. Kebanyakan partikel yang masuk atmosfer akan terbakar dan menguap sebelum mencapai permukaan Bumi. Untuk menemukan meteorit, umumnya diperlukan analisis forensik yang intensif dan penelitian di lokasi jatuhnya meteorit yang telah teridentifikasi.

Jadi, sementara meteor Lyrid bisa jatuh ke Bumi dalam bentuk meteorit, kemungkinannya sangat kecil dan jarang terjadi.

Apakah meteorit ini bisa dijual, berapa harganya?



Harga meteorit dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor seperti jenis meteorit, ukuran, kondisi, keunikan, dan permintaan pasar.

Meteorit yang lebih langka, yang memiliki karakteristik unik, atau yang berasal dari peristiwa luar biasa seperti jatuhnya di tempat yang terkenal, cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.



Meteorit dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari fragmen kecil hingga potongan besar. Harga meteorit kecil dengan beberapa gram bisa berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa ribu dolar, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

Meteorit yang lebih besar dan langka dapat memiliki harga yang jauh lebih tinggi, mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu dolar atau lebih.

Contohnya,

Meteorit Fukang €1,7 juta atau sekitar Rp28 miliar

Meteorit Brenham €896.000 atau Rp14,78 miliar

Meteorit Chelyabinsk €336.000 atau Rp5,54 miliar

Meteorit Gibeon €280.000 atau Rp4,6 miliar



Hayo ada yang nemu meteorit? Wah jadi jutawan tuh hehehe...

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











.k4mpret.
indrastrid
enak.digenjot69
enak.digenjot69 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.