• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Emak-emak FB Sindir Tetangga Kurban Tapi Pelit Beri Utang, Memang Penting yang Mana?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Emak-emak FB Sindir Tetangga Kurban Tapi Pelit Beri Utang, Memang Penting yang Mana?
Heboh emak-emak sindir tetangga lewat Facebook, pentingkan kurban dibanding kasih pinjam utang


Facebook atau Meta Platform merupakan aplikasi media sosial yang banyak digunakan oleh penduduk bumi bahkan saat ini diketahui telah lebih dari 1 milyar orang yang menggunakan layanan jejaring sosial yang satu ini.

Diluncurkan sejak tahun 2004, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam kepentingan mulai dari bisnis, komunikasi, informasi dan yang lainnya.

Membahas tentang Facebook tentu Agan dan Sista pun pasti sudah tidak asing lagi dengan media sosial ini, karena perlu Agan dan Sista ketahui bahwa Indonesia sendiri tercatat sebagai urutan ketiga pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan jumlah 119,9 juta pengguna per Januari tahun 2023.

Meskipun semakin hari semakin banyak aplikasi atau media sosial baru, tidak dipungkiri Facebook masih menjadi tempat bagi para anak muda sharing informasi ataupun juga emak-emak yang membagikan cerita ataupun momen melalui akun pribadi.




Masih berhubungan dengan aplikasi media sosial Facebook yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia termasuk emak-emak.

Warganet sedang dihebohkan dengan status bernada sindiran yang dibuat oleh akun Facebook dengan nama "Siti Habiba" yang menyindir tetangganya yang ingin berkurban sapi.

Melalui status singkat pemilik akun tersebut membuat kalimat menohok, yang mana isinya menyindir orang yang ingin berkurban tapi saat dipinjami utang tetangganya selalu berbohong dan banyak alasan.

Status yang dibagikan ulang oleh berbagai media sosial tersebut pun viral dan mendapatkan berbagai macam komentar tanggapan dari warganet. Tidak sedikit netizen yang mengomentari balik pembuat status yang lebih mengutamakan utang dibandingkan mengeluarkan uang untuk kurban.


Quote:


Terkait penting mana antara memberi utang tetangga atau mengeluarkan kurban, ini memiliki berbagai macam konteks yang perlu diperhatikan GanSis.

Memberi utang memiliki beberapa hukum dan hukum tersebut bergantung kepada seberapa penting dan gentingnya seseorang yang berhutang.

Seseorang bisa dihukumi sunnah untuk memberikan utang saat orang yang berhutang adalah mereka yang membutuhkan bantuan pertolongan, begitupun seseorang diwajibkan untuk memberikan utang saat ada orang yang dalam keadaan gawat atau darurat membutuhkan pertolongan.

Adapun memberikan utang juga bisa dihukumi haram saat seseorang yang berhutang memiliki tujuan buruk dari uang yang mereka pinjam, entah itu untuk berjudi, mabuk-mabukan, atau tindakan keji yang lainnya.

Sedangkan kurban sendiri memiliki hukum sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Namun ada beberapa ulama yang mewajibkan berkurban bagi orang-orang yang sudah mampu dan merdeka.

Dari beberapa hukum utang piutang dan hukum berkurban tersebut tentu dapat diambil kesimpulan bahwa keduanya sama-sama penting dan bergantung pada kondisi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2,3, 4
lutfigilang01
zimbenk
koi7
koi7 dan 32 lainnya memberi reputasi
29
11.3K
427
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.