• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral Perkampungan di Kolong Jembatan Jakarta! Ada Masjid, Sekolah dan Lain-lain!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Viral Perkampungan di Kolong Jembatan Jakarta! Ada Masjid, Sekolah dan Lain-lain!

Sumber Gambar

Jakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi tempat mengadu nasib banyak orang dari berbagai daerah. Dengan mengadu nasib di Jakarta, orang-orang ini berharap mendapatkan kehidupan yang lebih baik ketimbang di kampung halamannya. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

Tidak salah, Jakarta memang tempat yang tepat untuk mencari pekerjaan, membangun karir atau memulai suatu bisnis. Karena di tempat ini, ada banyak pilihan pekerjaan sesuai dengan bidang yang kita sukai. Kota ini begitu gemerlap dengan gedung-gedung tingginya dan berbagai fasilitas modern yang mempercantik kota metropolitan terbesar di Indonesia ini.

Selain megah dan menarik, ada juga daerah-daerah di Jakarta yang kumuh dan padat penduduk. Kawasan ini sangat kontras dengan daerah pusat kota yang memiliki fasilitas lengkap dan masih bagus. Kawasan perkampungan Jakarta memang begitu padat dan sesak. Bahkan terkadang, ada celah sedikit pun langsung dijadikan bangunan untuk dihuni.


Sumber Gambar

Nah, baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan sebuah kampung di Jakarta yang berada di bawah kolong jembatan jalan raya. Jalanan itu sendiri ramai oleh kendaraan yang lalu lalang, siapa sangka ada banyak kehidupan di bawahnya. Di celah-celah beton yang sempit dan pengap, ada sebuah perkampungan di mana banyak orang hidup di sana.

Pria bernama irfan Jayani memperlihatkan melalui rekaman video bagaimana keadaan di dalam kampung kolong jembatan tersebut. Untuk masuk ke dalam saja, bahkan ia sampai harus menunduk seperti sedang ingin naik angkot. Suasana di kolong jembatan itu sendiri sudah seperti perkampungan pada umumnya. Ada jalanan dengan rumah warga di kiri dan kanannya.

Selain ada jalanan, rupanya fasilitas di sana pun cukup lengkap. Ada sekolah, masjid, studio band bahkan warung serta fasilitas pendukung lainnya layaknya kampung-kampung yang biasa kita lihat di banyak tempat. Jika malam, maka suasana gelap karena tidak terlalu banyak penerangan di bawah jembatan ini. Suara bising kendaraan di atas terus terdengar menghiasi hari mereka.


Sumber Gambar

Sebegitu padatnya Jakarta hingga tempat sesempit itu pun dimaksimalkan untuk menjadi pemukiman para penduduknya. Keterbatasan dan akses yang sulit tidak menyurutkan mereka untuk tetap membangun pemukiman dan hidup dengan tenang. Walau bahaya bisa saja datang mengancam keberadaan mereka nantinya.

Apalagi kalau hujan dan banjir, bisa-bisa air masuk ke sana. Karena kalau TS lihat di video, kawasan perkampungan ini lebih rendah dari daratan di sekitarnya. Kemudian keamanannya juga patut dipertanyakan, tapi ya namanya juga pemukiman seadanya. Mungkin bagi mereka, bisa memiliki tempat tinggal saja sudah cukup.


Sumber Gambar

Bagaimana ke depannya? Apakah mereka akan tetap di sana? Seharusnya yang seperti ini diberikan lahan atau tempat tinggal yang layak. Mungkin cara mereka salah dengan membangun pemukiman tanpa izin di tempat yang seharusnya, tapi menggusur tanpa solusi juga tidak akan menyelesaikan masalah yang ada.

Karena jika TS lihat, warga yang tinggal di sini sepertinya sudah cukup lama dan nyaman dengan tempat ini. Jika melihat adanya sekolah hingga dinding-dinding yang dihias dengan gambar-gambar yang semenarik mungkin. Tapi senyaman-nyamannya mereka, tetap tidak seharusnya mereka di sana. Ada yang jauh lebih nyaman dan layak untuk ditinggali ketimbang kolong jembatan.

emoticon-2 Jempol

Kalau menurut kalian. Kawasan kampung kolong jembatan ini direlokasi atau dibiarkan saja? Atau malah bisa dikembangkan? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 20-06-2023 03:45
ussfeeds
mancitybest
bukan.bomat
bukan.bomat dan 30 lainnya memberi reputasi
31
9.7K
270
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.