Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jaklingkoAvatar border
TS
jaklingko
Jokowi Pakai Bule di Proyek IKN: Biar Gak Kayak SD Inpres!
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara mengenai polemik pengawas proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menggunakan tenaga kerja asing (TKA). Ia tidak menolak usulan ini dan memang dibutuhkan untuk mendapatkan kualitas yang bagus.

"Pengawas (TKA) memang sudah diusulkan dalam rapat. kalau hanya 1 - 2 (orang) untuk urusan kualitas barang nanti yang dihasilkan, nanti kalau jelek gimana kualitasnya?," kata Jokowi di Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Menurutnya kalau hanya 1 - 2 orang yang bertugas untuk mengarahkan, mengontrol, hingga mengawasi supaya hasil bangunan atau proyek memiliki kualitas yang baik tidak menjadi persoalan.

Ia pun menampik bahwa kabar dimasukkannya pengawas asing dalam proyek IKN merupakan salah satu upaya untuk menggaet investor.

"Ndak-ndak ya karena kita ingin menaikkan level kualitas kita, jangan nanti hasilnya kaya SD Inpres mau?," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan guna memastikan kualitas dari IKN, bakal melibatkan tenaga kerja asing dalam hal pengawasan.

"Saya lapor ke Presiden, pengawas terpaksa dengan segala hormat pake bule untuk kualitas. Jangan sampai Istana Presiden itu jadi tapi tidak bagus," ungkap Luhut saat menghadiri undangan rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (9/6/2023)

Luhut menyampaikan, melalui tim percepatan pembangunan IKN kini sedang mempersiapkan insentif, status tanah, dan model bisnis serta pengembangan kawasan yang nantinya akan ramat terhadap investasi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Basuki Hadimuljono juga menyebut usulan penggunaan TKA ini juga masih sebatas wacana.

"Wah itu baru wacana kan, sebetulnya sudah lama itu saya usulkan dulu," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (13/6/2023).

Basuki tidak menjelaskan alasan dibalik rencana penggunaan tenaga kerja asing itu. Namun Ia membantah bahwa tenaga kerja lokal tidak mampu dan bersaing dalam pembangunan.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ayak-sd-inpres

Saya minta tidak ada warga yg berobat ke luar negeri ya emoticon-Cool
salmanainurrido
nomorelies
superman313
superman313 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.