mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Sempat Serukan Papua Merdeka, Vanuatu Buka Kedutaan di RI


NEWS - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
16 June 2023 17:00
SHARE 
Vanuatu. (REUTERS/EDGAR SU) Foto: Vanuatu. (REUTERS/EDGAR SU)
Jakarta, CNBC Indonesia - Vanuatu berencana membuka kantor kedutaan besarnya di Indonesia. Kabar ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi dalam pertemuan bilateralnya dengan Menlu Vanuatu Jotham Napat.
"Saya senang mendengar rencana Vanuatu untuk membuka Kedutaan Besarnya di Indonesia. Dan saya juga menyambut usulan dari Menteri Napat bahwa kedua negara akan mengadakan konsultasi tahunan," kata Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jumat (16/6/2023).

Retno juga mengatakan kedua pihak telah mengidentifikasi banyak agenda penting untuk ditindaklanjuti. Termasuk draf Persetujuan Pembebasan Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas.

Soal kerja sama ekonomi, Retno menyebut RI dan Vanuatu akan berkomitmen untuk memperkuat perdagangan dua arah dan siap untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Vanuatu. Retno menegaskan kembali komitmen kuat Indonesia untuk mendukung pembangunan di negara-negara Pasifik, termasuk Vanuatu.

"Saat ini, saya sampaikan kepada Menteri Napat, bahwa Indonesia sedang menjajaki kemungkinan untuk memperluas fasilitas GSP untuk negara-negara Pasifik, termasuk Vanuatu," ujarnya.

"Selama lima tahun terakhir, Indonesia telah mengintensifkan kerja sama pengembangan dan peningkatan kapasitas untuk Vanuatu, antara lain di bidang perikanan, kewirausahaan, dan aksi iklim. Untuk menunjukkan solidaritas kami kepada masyarakat Vanuatu, Indonesia telah memberikan bantuan kemanusiaan setelah Siklon Judy dan Kevin Maret lalu," jelasnya.

"Ke depan, kami setuju untuk mengembangkan rencana kerja sama khusus negara untuk menetapkan area proyek prioritas guna memperkuat kerja sama pembangunan dengan Vanuatu," tambahnya.

Pertemuan tersebut merupakan kunjungan pertama Menlu Vanuatu ke Indonesia dalam lebih dari satu dekade. Retno menyebut kunjungan Menteri Napat merupakan tonggak penting dalam hubungan bilateral kedua negara.

Republik Vanuatu merupakan salah satu negara Pasifik yang pernah mengkritik Indonesia soal Papua di forum PBB. Representasi dari negara tersebut dilaporkan rutin menyerang RI mengenai HAM masyarakat Papua di sidang majelis umum setiap tahunnya.

Negara Samudra Pasifik itu selalu memanfaatkan kesempatan berbicara di Sidang Majelis Umum PBB untuk masalah ini sejak tahun 2016.
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...kedutaan-di-ri


Setelah Lebih dari Sedekade Menlu Vanuatu Datang ke Indonesia Bahas 3 Isu Ini

Marcheilla Ariesta • 16 Juni 2023 23:07


Jakarta: Menteri Luar Negeri Vanuatu Jotham Napat melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Ini kali pertama Menlu Vanuatu ke Indonesia dalam lebih dari satu dekade terakhir.

"Vanuatu adalah salah satu mitra penting kami di Pasifik. Kunjungan Menteri Napat merupakan tonggak penting dalam hubungan bilateral kita," ucap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Jumat, 16 Juni 2023.

Retno mengatakan, ia senang mendengar rencana Vanuatu untuk membuka Kedutaan Besarnya di Indonesia.  Selain itu, Retno menyambut baik usulan agar kedua negara mengadakan konsultasi tahunan.



Ada tiga bidang ruang kerja sama disoroti kedua menlu dalam pertemuan tersebut.

"Pertama, kerja sama ekonomi yang konkrit yang bermanfaat bagi rakyat kita. Kami berkomitmen untuk memperkuat perdagangan dua arah kami dan kami siap untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Vanuatu, dan tentunya dukungan dari Pemerintah Vanuatu akan diapresiasi," ucap Retno.

Saat ini, kata dia, Indonesia sedang menjajaki kemungkinan untuk memperluas fasilitas GSP untuk negara-negara Pasifik, termasuk Vanuatu.

"Kedua, tentang kerja sama pembangunan. Saya tegaskan kembali komitmen kuat Indonesia untuk mendukung pembangunan di negara-negara Pasifik, termasuk Vanuatu," tegas Retno.

Menurutnya, selama lima tahun terakhir, Indonesia telah mengintensifkan kerja sama pengembangan dan peningkatan kapasitas untuk Vanuatu, antara lain di bidang perikanan, kewirausahaan, dan aksi iklim.

Dan untuk menunjukkan solidaritas Indonesia kepada masyarakat Vanuatu, RI memberikan bantuan kemanusiaan setelah Siklon Judy dan Kevin Maret lalu.

Ke depan, ucap Retno, kedua negara setuju untuk mengembangkan rencana kerja sama khusus negara untuk menetapkan area proyek prioritas guna memperkuat kerja sama pembangunan dengan Vanuatu.

Bidang ketiga yang dibahas adalah kemitraan di Pasifik.

"Menjadi negara Pasifik sendiri, Indonesia memiliki banyak tantangan yang sama, mulai dari perubahan iklim, bencana alam, hingga masalah maritim. Itulah mengapa kami memiliki visi Pacific Elevation agar kami dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan bersama sebagai satu keluarga besar Pasifik," seru Retno.

Ia mengatakan, Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) Desember lalu merupakan wujud dari visi tersebut. Forum itu menghasilkan banyak komitmen penting untuk mendukung negara-negara Pasifik.

"Kami sepakat untuk selalu menjaga semangat kolaborasi ini di berbagai Forum, dan kami sudah berada di jalur yang benar.," ujarnya.

Retno menuturkan, Kepresidenan G20 Indonesia tahun lalu mengundang perwakilan PIF untuk pertama kalinya untuk memastikan suara negara-negara Pasifik didengar oleh G20. Dan dengan demikian, imbuhnya, menjembatani Pasifik dan dunia.

Ia menambahkan, April lalu, Indonesia menjadi co-sponsor Resolusi Majelis Umum PBB penting tentang kewajiban negara untuk mengatasi perubahan iklim yang diusulkan oleh Vanuatu.

"Sebagai Ketua ASEAN tahun ini, Indonesia mengusulkan kerja sama ASEAN-PIF yang lebih kuat, termasuk sekretariat-ke-sekretariat," pungkasnya.


https://www.medcom.id/internasional/...ahas-3-isu-ini
Negara yang sangat frontal mendukung kemerdekaan Papua akhirnya mau menjalin persahabatan lebih intensif dengan Indonesia dan membuka Kedubes Vanuatu di Jakarta
tahun kemarin Vanuatu nggak bahas isu HAM Papua di PBB .
Upaya Indonesia memperluas pengaruhnya di Pasikan mulai dirasakana..
Tapi tetap saja Vanautu tetap jadi tempat gerakan OPM selain di PNG walaupun mungkin pemerintahnya bakal menjaga diri
superman313
namdokmai
bukan.bomat
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.