Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
China Panik, India Makin Dekat Jadi Raja HP Dunia


Jakarta, CNBC Indonesia - India menjadi salah satu pasar ekonomi terbesar di dunia dengan populasi lebih dari 1,4 miliar orang. Tak heran jika banyak perusahaan yang melirik India untuk memasarkan dan memproduksi barang.
Apple paham peluang ini. Raksasa teknologi asal Cupertino tersebut akhirnya mulai memindahkan lini produksi iPhone dari China ke India.
Hasilnya menguntungkan bagi kedua belah pihak. iPhone masuk dalam jejeran 'top 5', ekspor terbesar India.
Sepanjang tahun lalu, di kala pasar HP tengah berdarah-darah, ekspor smartphone dari India naik hampir dua kali lipat. Sebelumnya bernilai US$ 5,4 miliar menjadi US$ 10,9 miliar.

Kenaikan signifikan ini berkat kontribusi Apple. Raksasa tersebut menyumbang sekitar setengah dari total ekspor smartphone India di tahun fiskal 2022-2023. 


Padahal, peran India baru sekitar 7% dari total produksi iPhone di seluruh dunia, dikutip dari Gizchina, Kamis (15/6/2023).
Pada 2022, Apple mengambil keputusan tegas untuk mulai merakit iPhone di pabrik Foxconn India. Sebelumnya, Apple hanya bergantung pada China.
Ini adalah langkah baru Apple yang membuktikan optimismenya pada pasar India. Ke depan, Apple sesumbar akan meningkatkan fasilitas manufaktur di India untuk menggenjot ekspor dari negara tersebut. 


Saat ini India memang masih berada di urutan ke-2 untuk pasar smartphone terbesar di dunia. Nomor 1 masih ditempati China.
Namun, India mematok target ambisius untuk merebut takhta China pada 2025 mendatang. Untuk mencapainya, ada beberapa tantangan yang masih harus dituntaskan.
Salah satunya terkait infrastruktur. Pemerintah India perlu memastikan dukungannya untuk memajukan infrastruktur industri smartphone di India. 


Antara lain terkait aliran listrik yang memadai, jalan yang mumpuni, serta tenaga kerja berketerampilan apik. Selain itu, pemerintah juga perlu memastikan bahwa India siap dengan kompetisi terbuka.

Jika tantangan-tantangan itu sudah bisa diatasi, agaknya China perlu was-was untuk menghadapi kencangnya kompetisi dari India. 

sumber
0
504
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.