• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • MUI Sandai Minta Truk Pengangkut Babi Tak Lagi Melintas! Semenakutkan Itukah Babi?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
MUI Sandai Minta Truk Pengangkut Babi Tak Lagi Melintas! Semenakutkan Itukah Babi?

Sumber Gambar

Hewan ternak merupakan salah satu hewan yang keberadaannya cukup penting bagi manusia. Biasanya hewan ternak dimanfaatkan dagingnya untuk mengisi asupan protein pada manusia. Selain itu, hewan ternak seperti sapi juga bisa dinikmati susunya untuk banyak sekali keperluan dan dapat dikreasikan menjadi berbagai olahan.

Umumnya, hewan ternak ini dibudidayakan dan dirawat di peternakan oleh para tenaga ahli. Merekalah yang menyetok daging ternak ke berbagai lokasi. Biasanya ada yang mengirim dalam keadaan hidup dan ada juga yang sudah dalam keadaan dipotong atau siap olah. Pengiriman juga bisa melalui darat layaknya pengiriman paket seperti biasa.

Selain sapi dan ayam, babi juga menjadi daging hewan yang dikonsumsi di Indonesia. Meski konsumennya memang tidak sebanyak daging hewan ternak lain. Mengingat mayoritas muslim di Indonesia memang mengharamkan babi. Seolah semua hal berbau babi dilarang, salah satunya seperti yang terjadi di Kecamatan Sandai, Ketapang berikut ini.


Sumber Gambar

Seperti yang di beritakan di KalbarOnline, MUI di Sandai telah meminta supaya truk mengangkut babi tidak lagi lewat di daerahnya yang merupakan jalur pengiriman darat yang menghubungkan Kalteng dan Kalbar. Rata-rata tujuan truk pengangkut daging babi ini sendiri menuju ke Kota Pontianak. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketu MUI Sandai, Ustad H Uti Kusairi.

Ustad H Uti Kusairi juga tidak sembarangan meminta agar truk babi tidak lewat. Menurutnya, ia melarang truk babi lewat adalah karena mayoritas masyarakat di Kecamatan Sandai adalah orang muslim yang mengharamkan babi. Kabarnya mereka kerap mencium aroma daging babi itu saat truk melintas. Juga melihat adanya air rembesan yang jatuh ke jalanan.

Menurut TS, kalau memang begitu alasannya maka bukan berarti harus melarang truk itu lewat. Melainkan meminta truk atau perusahaan yang mengutusnya untuk memperketat lagi truk pembawa daging babi itu. Perlu diperhatikan lagi bagaimana supaya aroma babi itu tidak keluar dan bagaimana supaya air dari dalam tidak rembes dan jatuh ke jalanan.


Sumber Gambar

Karena setahu TS juga, hal-hal terkait babi ini memang dianggap sebagai najis yang berat bagi umat Islam. Di mana apabila orang muslim terkena najis ini, maka harus mencuci badan sebanyak 7 kali ditambah dengan tanah. Hal ini sama dengan najis Anjing, yang juga mengharuskan umat muslim mencuci diri dengan air sebanyak 7 kali.

Beberapa waktu lalu melalui YouTube Kalimantan Post, Ketua Camat Sandai dan Ketua MUI Sandai didampingi dengan beberapa tokoh adat dan masyarakat memberikan klarifikasi terkait larangan mereka. Usai viralnya berita ini, maka mereka tampaknya merevisi bahwa mereka tidak melarang sama sekali babi lewat di Kecamatan Sandai.


Sumber Gambar

Hanya saja, mereka meminta kepada pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengiriman tidak mengganggu para penduduk yang ada di Kecamatan Sandai. Mengingat penduduk di sana yang beragama Muslim. Mengganggu gimana? Ya mungkin karena air rembesan dan aroma dari dalam truk itu kali yang disebut mengganggu.

Ya, jika sudah jelas begini maka pihak perusahaan yang bertanggung jawab harus lebih memperhatikan lagi daging yang mereka kirim. Sudah diberikan lampu hijau dari camat setempat usai viral, maka pastikan lagi tidak ada hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu penduduk sekitar yang nantinya dapat dipermasalahkan lagi. Supaya sama-sama enak antara supir dan warga.

Ya semiga ditemukan jalan tengahnya dan perusahaan bisa diajak kerja sama. Supaya sama-sama nyaman baik perusahaan babi dan warga Sandai.

emoticon-2 Jempol

Kalau menurut kalian gimana? Apakah aroma dan rembesan air itu mengganggu?emoticon-Bingung (S)
 
Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 16-06-2023 22:32
goeltom25338186
nketiahrobin763
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.3K
277
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.1KThread24.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.