Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Gaji Nggak Pernah Cukup? Coba Benerin Satu Bagian Ini, Gan


Di gaji sebagai karyawan atau menggaji dirisendiri karena mungkin kamu yang punya usaha pastinya menjadi bagian yang ditunggu. Terima uang halal hasil dari jerih payah sendiri itu memang berkah dan nikmatnya tiada tara.

Yes, tapi permasalahannya yang kadang saya temukan seseorang selalu merasa kurang dan uangnya selalu habis padahal baru pertengahan bulan. Hidup jadi gali lubang tutup lobang pinjem uang ke teman atau malah ke pinjaman online. Amit-amit.

Diluar sana banyak sekali inspirator dan advisor mengatakan kita harus pandai mengatur keuangan, harus bisa berhemat, dahulukan kebutuhan prioritas dan lain sebagainya. Kita umumnya memahami, mengerti dan menjalani tapi kenapa tetap saja ada yang kehabisan uang ditengah bulan?

Memanage keuangan memang sangat penting, sekecil atau sebesar apapun gaji yang kamu terima kalau manajemen keuanganmu tidak bagus pasti akan ada bocor-bocornya juga. Saya tidak menyalahkan para inspirator dan motivator keuangan hanya saja mereka lupa satu hal.

Jika manajemen keuangan sudah bagus orang umumnya sudah merasa aman dengan arus keuangan mereka, TAPI mereka lupa dengan bagaimana memanajemen keinginan. Ingat, tanpa sadar ketika gaji kita besar maka pengeluaran akan besar, yang miris sudah gaji kecil keinginan yang besar. Dua-duanya bermasalah dalam hal manajemen keinginan, nafsu mengalahkan logika manusia.

Mencuplik dari penggalan lirik lagunya Iwan Fals:

Konten Sensitif


".. Keinginan adalah sumber penderitaan
Tempatnya di dalam pikiran.."


menurut saya ini sangat benar dan dalam sekali maknanya.

Nah, banyak yang tidak sadar bahwa keinginan adalah awal mula bencana itu datang. Ketika bencana itu datang kita mulai dihadang oleh keresahan karena belum bisa mewujudkan sesuatu jadi milik sampai cicilan setiap bulan menantimu.

Misalkan, manajemen keuanganmu sudah bagus tapi mengatasi nafsu keinginan yang tidak terbendung itulah yang membuat manajemen keuanganmu jadi berantakan. Padahal menurutmu itu hal receh tapi ingat, sekecil apapun recehan yang kamu keluarkan itu artinya sudah menganggu manajemen keuanganmu. Harusnya dalam sebulan kamu bisa menyimpan uang 3 juta tapi karena kurang 50 ribu rupiah untuk hal sepele dengan alasan healing jadinya uang yang kamu simpan tinggal 2.95 jt.

Itu contoh sederhana, terlihat sepele tapi hasil akhirnya tidak sesuai harapan, ujung-ujungnya yah meleset dari rencana awal. Apalagi ini soal uang yang hitung-hitungannya mendetail kurang dari seratus perak pun tidak akan jadi uang sejuta saat itu juga. Hm.

Tapi santai, kita tidak harus menjadi orang yang super ketat dan kaku dalam mengatur keuangan sendiri, uang kita sendiri bebas dong mau kita apakan? Yes, saya juga tidak melarang uang harus masuk utuh kedalam rekening dan dikunci rapat-rapat.

Sebagai manusia yang telah bekerja keras kita juga perlu jajan bahkan liburan, kan? Ya, kamu berhak mengambil uangmu tapi ingat mengurangi dan membatasi keinginan harus tetap dijalankan. Semisal sebulan biasa ke mall bisa 4 kali sekarang cukup 1 kali saja, intinya mengurangi pengeluaran demi menyelamatkan keuanganmu, tetap bisa healing tapi tetap bisa berhemat juga.

Jadi mulai sekarang jika kamu sudah pandai mengatur keuanganmu maka seharusnya juga harus bisa pandai mengatur keinginanmu. Setuju, gan?






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur : sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 01-06-2023 00:16
enak.digenjot69
provocator3301
fathroni
fathroni dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.9K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.