Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Kalah Jauh dari Thailand dan Malaysia


Majalah Global Finance merilis daftar negara terkaya di dunia tahun 2023. Negara terkaya di dunia tak cukup diukur dari Produk Domestik Bruto (PDB) saja, melainkan juga dengan pendapatan per kapita serta daya beli masyarakat atau Purchasing Power Parity (PPP) yang sering dinyatakan dalam dolar internasional.

Dalam hitungan itu, beberapa negara yang sangat kecil dapat menjadi sangat kaya, seperti San Marino, Luxemburg, Swiss, dan Singapura. Negara-negara ini memanfaatkan sektor keuangan yang canggih dan rezim pajak yang menarik bagi investasi asing, bakat profesional, serta simpanan bank yang besar.

Lain halnya negara kaya seperti Qatar dan Uni Emirat Arab (UAE) yang memiliki cadangan hidrokarbon yang besar sebagai sumber daya alam yang menguntungkan.

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), negara terkaya di dunia mempunyai rata-rata pendapatan per kapita lebih dari US$105.000. Sedangkan negara termiskin di dunia mempunyai pendapatan per kapita sebesar US$1.380.

Lalu negara manakah yang masuk dalam daftar 10 negara terkaya di dunia?

10. San Marino

San Marino merupakan republik tertua di Eropa dan negara terkecil ke lima di peta yang menempati negara terkaya di dunia ke-10. Pendapatan per kapitanya sebesar US$78.926

Negara kecil ini menunjukkan ketahanan yang luar biasa selama pandemi Covid-19. Di tengah kondisi moneter yang ketat dan krisis energi, negara ini menunjukkan kinerja yang sangat kuat dengan industri pariwisata dan sektor manufaktur

9. Amerika Serikat

Amerika Serikat pertama kali masuk dalam daftar 10 teratas terkaya di dunia pada tahun 2020 setelah berada di luar posisi 10 selama lebih dari dua dekade terakhir. Amerika Serikat mempunyai pendapatan per kapita sebesar US$80.035.

Pasar kerja Amerika telah pulih sejak awal pandemi meskipun tingkat inflasi tertinggi dalam 40 tahun telah menggerogoti upah pekerja.

8. Norwegia

Norwegia mempunyai pendapatan per kapita US$77.808. Sejak penemuan cadangan lepas pantai yang besar pada akhir 1960-an, mesin ekonomi Norwegia digerakkan oleh minyak.

Sebagai produsen minyak bumi utama Eropa Barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga. Ketika sampai pada masalah ekonomi yang tidak terduga, orang Norwegia selalu dapat mengandalkan dana kekayaan negara senilai US$1,3 triliun.

7. Swiss

Selanjutnya negara terkaya di dunia pada posisi ke-7 adalah Switzerland, dengan pendapatan per kapita US$87.963

Menurut Laporan Kekayaan Global 2022 oleh Credit Suisse, Swiss kembali menjadi yang teratas dalam hal rata-rata kekayaan per orang dewasa sebesar US$700.000. Selain itu, kira-kira satu dari enam orang dewasa di sana memiliki aset senilai lebih dari satu juta dolar AS.

6. Uni Emirat Arab (UEA)

Uni Emirat Arab (UEA) mempunyai pendapatan per kapita mencapai US$88.221 yang membuatnya menempati posisi ke-6.

Sejak minyak ditemukan pada tahun 1950-an, perekonomian di UEA berubah. Saat ini, penduduk Uni Emirat Arab (UEA) yang sangat kosmopolitan menikmati kekayaan yang luar biasa.

Ditambah arsitektur Islam tradisional berpadu dengan pusat perbelanjaan mewah. Pekerja pun banyak datang dari seluruh dunia yang terpikat oleh gaji bebas pajak, hanya sekitar 20 persen orang yang tinggal di negara tersebut yang sebenarnya lahir secara lokal.


5. Macau

Macau mempunyai pendapatan per kapita US$89.558 dan menjadi posisi ke-5 sebagai negara terkaya. Dengan populasi sekitar 700.000 dan lebih dari 40 kasino tersebar di wilayah seluas sekitar 30 kilometer persegi, semenanjung sempit di selatan Hong Kong ini menjadi mesin penghasil uang yang fantastis.

Setelah lebih dari tiga tahun sejak dimulainya pandemi, Macao perlahan kembali ke bisnis seperti biasa.

4. Qatar

Posisi ke-4 diisi oleh Qatar dengan pendapatan per kapita sebesar US$124.834. Pada tahun 2014, PDB per kapita warga negara Qatar lebih dari $143.222.

Satu tahun kemudian, pendpatan per kapita Qatar jatuh secara signifikan dan tetap di bawah angka US$100.000 selama lima tahun berikutnya. Namun, angka itu secara bertahap tumbuh, meningkat sekitar US$10.000 setiap tahun.

Perekonomian Qatar tumbuh 4,2 persen pada tahun 2022 berkat pendapatan gas dan minyak yang lebih besar dan turis yang datang untuk melihat Piala Dunia.

3. Singapura

Negara tetangga Indonesia yakni Singapura mempunyai pendapatan per kapita sebesar US$133.895.

Meskipun Singapura termasuk negara yang terbilang kecil, banyak konglomerat yang lahir di Singapura.

Seperti pendiri perusahaan peralatan medis Mindray, Li Xiting, yang kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$15,6 miliar. Brothers dan pengembang properti Robert dan Philip Ng berada di urutan kedua, dan Goh Cheng Liang dari Wuthelam Holdings, yang memproduksi cat dan pelapis, berada di urutan ketiga.

Di tempat ke-4 dengan aset sekitar US$9,6 miliar (walaupun selama bertahun-tahun ia menduduki peringkat teratas) ada Eduardo Saverin, salah satu pendiri Facebook, yang pada tahun 2011 meninggalkan AS dengan 53 juta saham perusahaan, dia pun menjadi penduduk tetap negara kepulauan tersebut.

Dengan hampir tidak ada sumber daya alam, Singapura adalah pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat dan 98 persen populasi orang dewasa sekarang bisa membaca.

2. Luxemburg

Luxemburg menempati posisi kedua dengan pendapatan per kapita US$131.580. Negara berpenduduk hampir 650.000 ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan, baik untuk turis maupun warga negara.

Luxemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menyediakan perumahan, layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi rakyatnya, yang sejauh ini menikmati standar hidup tertinggi di zona euro.

1.Irlandia

Negara terkaya di dunia nomor 1 dipegang oleh Irlandia. Pendapatan per kapitanya saat ini US$140.694.

Irlandia adalah salah satu surga pajak perusahaan besar di dunia, yang menguntungkan perusahaan multinasional jauh lebih banyak daripada menguntungkan rata-rata orang Irlandia.

Di pertengahan tahun 2010-an, banyak perusahaan besar AS mulai dari Apple, Google, Microsoft, Meta, dan Pfizer memindahkan tempat tinggal fiskal mereka ke Irlandia. Untuk mendapatkan keuntungan dari tarif pajak perusahaan yang rendah sebesar 12,5 persen.

Pada tahun 2022, menurut angka dari Kantor Pusat Statistik, perusahaan multinasional tersebut menyumbang sekitar 56 persen dari total nilai tambah ekonomi Irlandia, naik dari 53 persen pada tahun 2021.

Namun demikian, Irlandia berencana untuk menyelaraskan tarif pajak perusahaan minimumnya dengan standar global sebesar 15 persen pada tahun 2024.

Posisi Indonesia

Sayangnya negara Indonesia tidak masuk dalam daftar 10 besar negara terkaya di dunia. Indonesia menempati urutan 102 dan mempunyai pendapatan per kapita sebesar US$15.855.

Sementara negara Asia Tenggara lainnya, Thailand, menempati posisi 78 dengan pendapatan per kapita US$22.675. Adapun negara tetangga seperti Malaysia bertengger di posisi 58 dengan pendapatan per kapita US$36.847.


https://www.dream.co.id/dinar/daftar...a-2305258.html
Diubah oleh lowbrow 28-05-2023 08:34
willz.smith
.bindexee.
.bindexee. dan willz.smith memberi reputasi
2
1.8K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.