amekachiAvatar border
TS
amekachi
Menteri Dalam Negeri Turki: Seluruh Dunia Benci Amerika, Reputasinya Goyah

Menteri Dalam Negeri Turki: Seluruh Dunia Benci Amerika, Reputasinya Goyah


Syarifudin
Kamis, 20 April 2023 - 21:16 WIB

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Hubungan antara Turki dan Amerika Serikat (AS) goyah setelah Ankara menuduh Washington berusaha menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam kudeta pada 2016.

Awal bulan ini, Erdogan mengecam duta besar AS untuk Turki dan mengatakan pintu kantornya "tertutup baginya" setelah utusan itu bertemu dengan seorang pemimpin oposisi senior menjelang pemilu 14 Mei.

“Dunia sekarang kehilangan cinta untuk Amerika, dan upaya Barat untuk memaksakan budaya dan nilai-nilainya di planet ini pasti akan gagal karena hegemoninya tidak ada lagi,” ungkap Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu.



“Amerika kehilangan kredibilitas globalnya dan seluruh dunia membenci Amerika," papar Soylu, berbicara pada pertemuan pra-pemilu dengan kaum muda di Istanbul Selasa (18/4/2023).



Menyebut Eropa telah berubah menjadi "pion" Amerika di Afrika, Soylu mengatakan, "Tidak ada yang namanya Eropa saat ini.”

“Jangan terlalu memikirkannya. Amerika ada. Eropa adalah kereta dalam konvoi AS. Itu tidak memiliki fitur khusus,” papar dia.

Pejabat itu menunjuk pada banyak masalah yang dihadapi Eropa, termasuk mendiskreditkan para pemimpinnya, penuaan populasi, dan masalah ekonomi.

Menteri dalam negeri Turki mengatakan dia “tidak takut terhadap terorisme” karena kegiatan teroris dan upaya yang diperlukan untuk memerangi mereka sudah jelas.

“Tapi salah satu bahaya terbesar di dunia adalah terorisme budaya, dan kita sedang menghadapi terorisme budaya. Kita menghadapi terorisme budaya yang bertujuan menghancurkan struktur keluarga, moralitas…peradaban bangsa, sejarah mereka, agama kita, nilai-nilai, tradisi, adat istiadat kita, apa yang diajarkan ibu dan ayah kita kepada kita,” papar dia.

Menekankan pentingnya pemilu yang akan datang, Solyu menyarankan bahwa itu akan menjadi sejarah dalam pembuatan.

“Turki mengubah sejarah. Ini adalah pemilu yang akan mengubah sejarah sepenuhnya. Itulah mengapa Amerika menekan kita, Eropa menekan kita. Itu sebabnya Kandil (perbukitan Irak utara di mana Ankara menuduh pejuang Kurdi Turki bersembunyi) sedang terburu-buru, sementara PKK (kelompok militan Kurdi yang diklasifikasikan Turki sebagai teroris) menekan kami. Ini bukan pilihan Tayyip Erdogan, ini pilihan generasi mendatang Turki, pilihan kemerdekaan penuh Turki,” papar Solyu.

Warga Turki akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk pemilihan presiden dan parlemen pada 14 Mei, dengan Erdogan mewakili Aliansi Rakyat yang dipimpin oleh Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa.

Lawannya adalah Kemal Kilicdaroglu dari Nation Alliance. Erdogan dan Kilicdaroglu telah bersaing ketat dalam jajak pendapat sejak Maret, dengan jajak pendapat yang berkisar secara dramatis tergantung pada siapa yang melakukan pemungutan suara, dari keunggulan sembilan setengah poin untuk Kilicdaroglu, hingga keunggulan 7,7 poin untuk Erdogan.

Perlombaan putaran kedua akan diadakan di kemudian hari jika tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari 50% suara di putaran pertama.

Perasaan anti-Amerika pendukung Erdogan meningkat awal bulan ini setelah Duta Besar AS untuk Turki Jeff Flake secara pribadi bertemu dengan Kilicdaroglu.

Erdogan mengecam langkah itu, dengan mengatakan duta besar “perlu mengetahui tempatnya” sebagai seorang diplomat.

Turki, yang pernah menjadi benteng NATO di sepanjang sisi Laut Hitam dan Mediterania, secara bertahap mendorong untuk meningkatkan otonomi strategisnya dari Washington di bawah Erdogan di tengah sikap dingin Turki terhadap AS dan Barat secara umum.

Dugaan dukungan Amerika untuk upaya kudeta Juli 2016, lebih dari tiga dekade pembicaraan macet tentang kemungkinan aksesi Turki ke UE, dan keluhan lainnya telah membuat banyak orang Turki sinis tentang aliansi dengan Barat, dan menuntut kebijakan luar negeri dan dalam negeri yang lebih independen.


https://www.google.com/url?q=https:/...Hv9EfJnTCiSy_r


Ah elah, kalau cuma ngomong mah anak kecil juga bisa!

Padahal kalau mau ngancurin amerika juga cukup pakai strategi anak kecil kok:


"Jangan diajak main yuk!"emoticon-Mad
yayangpalupi
aleksandronesta
ahlimiliterahli
ahlimiliterahli dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.1K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.