japanhdvAvatar border
TS
japanhdv
Teganya Suami, Ibu Rumah Tangga Menempati Urutan Teratas Kasus HIV
Jakarta - Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan jumlah kasus HIV pada 2023.

Berdasarkan data dari Kemenkes, sebanyak 35 persen kasus terjadi pada Ibu rumah tangga (IRT). Dalam hal ini, kasus HIV baru pada kelompok IRT bertambah sebesar 5.100 kasus setiap tahunnya. Di mana, 30 persen penularan terjadi dari suami ke istri.

Menanggapi hal itu, epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) Dr Arief Hargono drg MKes mengungkapkan, bahwa fenomena ini sudah terjadi sebelum pandemi COVID-19.

“Kasus ini sangat memprihatinkan, karena data absolut yang ada menunjukkan bahwa IRT penderita HIV lebih tinggi dibanding wanita pekerja seks atau penyuka sesama jenis,” ungkapnya, Rabu (24/5).

Menurut Arief ada beberapa penyebab meningkatnya kasus HIV di Indonesia. Pertama yakni akibat dampak pandemi COVID-19.

Ketika pandemi, semua program kesehatan hanya fokus pada penanggulangan COVID-19 sehingga program lain sedikit teralihkan.

Saat pandemi COVID-19 sudah berangsur membaik, hal ini menyebabkan berbagai program kesehatan pemerintah mulai berjalan sebagaimana mestinya.

“Peningkatan penemuan jumlah kasus termasuk HIV kemungkinan besar mengalami peningkatan, terutama jika dipengaruhi adanya faktor risiko,” ucapnya.

Kedua yakni, IRT memperoleh virus HIV dari pasangannya. Selain itu, virus juga bisa didapatkan dari IRT itu sendiri karena pengetahuan akan pencegahan dan dampak penyakit yang rendah.

“Jadi pasangan IRT bisa saja melakukan perilaku yang berisiko tinggi,” tuturnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya HIV.

“Perlu adanya kesadaran utamanya bagi masyarakat yang melakukan perilaku risiko tinggi. Tapi di sisi lain masih ada stigma di masyarakat yang menyebabkan mereka merasa takut untuk memeriksakan status HIV-nya,” tukasnya.

https://m.kumparan.com/beritaanaksur...SuYGRzXLW/full

Jangan jajan sembarangan, mengapa seks itu nikmat ya?
lowbrow
secer.makanta1k
InRealLife
InRealLife dan 4 lainnya memberi reputasi
-1
1.3K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.