Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anhardAvatar border
TS
anhard
Antara ditolong atau menolong ?
Konten Sensitif


HALO GUYS!
Saya adalah orang yang sangat – sangat memikirkan perasaan orang lain kepada saya. Sering sekali saya merasa ketakutan dengan setiap perkataan, dan Tindakan saya kepada seseorang. Saya adalah tipe orang yang Ketika sudah berbicara selalu me-review apa saja yang saya katakan kepada orang lain, seperti,

“duh, tadi salah ngomong ngak yah? Gerakan tubuh saya menyinggung perasaan dia tidak yah?”

Jujur, lama kelamaan perilaku atau karakter dalam diri saya yang seperti ini, menjadi sangat mengganggu hidup saya, dan aktivitas saya sehari – hari. Menjadi pusing sendiri, stress tidak karuan, dan kadang bisa sampai galau jika terlalu memikirkannya, sehingga menjadi tidak produktif.

Astaga, saya sangat lebay sekali dalam hal ini, dan saya ingin sekali melepas kebiasaan yang menurut saya mengganggu ini.

Tapi dalam diri saya, entah kenapa saya merasakan “tidak salah kok untuk selalu memikirkan orang terlebih dahulu”tapi banyak juga yang mengatakan “KAMU HARUS BERANI MENGATAKAN TIDAK JIKA KAMU TIDAK NYAMAN”

Saya terhadap prinsip saya bisa bertahan, tapi jika diminta tolong seseorang, saya sulit sekali untuk menolak meskipun terlihat sangat merugikan saya bahkan membuat saya menjadi agak sedikit repot.

Tapi benar loh, belakangan ini saya tidak mengubah diri saya secara drastis agar menolak untuk membantu seseorang jika ada yang minta tolong, namun tension untuk melakukan hal seperti itu sudah saya cukup kurangi, dan MEMBUAT SAYA LEBIH LEGA.

Kenapa jadi lebih lega? Karena saya dapat membantu part yang menurut saya memang saya perlu bantu, dan menjadikan saya senang Ketika setelah selesai menolong seseorang.

Daripada kemarin ini, saya menolong tanpa pilih – pilih, meskipun bukan kemampuan saya, tetap saya katakana “iya” dan akhirnya malah membuat saya menjadi menggerutu sendiri dan sedikit tidak ikhlas.

Namun sekarang saya bisa berani katakan kepada diri saya bahwa, “itu bukan bagian saya”, dan voila! Hidup saya jadi sedikit lebih baik.

Tapi sekali lagi bukan berarti saya menjadi acuh tak acuh yah, melainkan saya mengurangi rasa "kepo"  saya yang selalu ingin membantu orang dan haus akan "terimakasih" dari orang lain.

Jadi, buat kamu yang susah untuk menolak untuk menolong, ada caranya,

“sebelum kamu menolong seseorang, pastikan diri kamu sudah menolong diri kamu sendiri, kenapa? Karena jika kamu menolong seseorang tapi diri kamu masih perlu ditolong, maka pertolonganmu mungkin tidak akan menjadi maksimal dan malah ‘menggerogoti’ perasaan kamu sendiri”

DONE

LOVE YA



....................HELLO, HELLO, HELLO!....................
Quote:



..............................HERE WE GO MY BLOG..............................
Quote:


see u there guys!
LOVE YA

emoticon-Kaskus Lovers:


bukhorigan
vkry.fikri
vkry.fikri dan bukhorigan memberi reputasi
2
707
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.