Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bbearAvatar border
TS
bbear
Toko Buku Gunung Agung Tutup
Hai agan dan sista, kabar duka datang dari salah satu toko buku legendaris di Jakarta, Toko Buku Gunung Agung. Toko buku yang sudah berdiri sejak 1953 ini akan menutup semua toko atau outlet yang tersisa pada tahun ini.



Manajemen mengatakan, keputusan tersebut diambil karena perusahaan tidak dapat bertahan dengan tambahan kerugian operasional yang semakin besar. "Dalam pelaksanaan penutupan toko/outlet, yang mana terjadi dalam kurun waktu 2020 sampai dengan 2023 kami melakukannya secara bertahap dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," demikian keterangan tertulis Direksi PT GA Tiga Belas.

Penutupan toko/outlet tersebut bukan hanya akibat pandemi Covid-19, melainkan untuk menjaga kelangsungan usaha dan mengatasi kerugian usaha akibat biaya operasional yang besar. "Dan tidak sebanding dengan pencapaian penjualan usaha setiap tahunnya, yang mana semakin berat dengan terjadinya wabah pandemi Covid-19 di awal tahun 2020," katanya.

Keputusan ini tentu sangat disayangkan bagi para pecinta buku dan penggemar Toko Buku Gunung Agung. Toko buku ini sudah menjadi bagian dari sejarah perkembangan literasi di Indonesia. Jaringan toko buku ini sudah berdiri sejak 1953 silam dan merupakan salah satu perintis toko buku dan alat tulis di Indonesia.

Toko Buku Gunung Agung bermula dari kios kecil di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat. Outlet toko bukunya sudah tersebar di berbagai kota di Tanah Air. Toko Buku Gunung Agung cukup dikenal masyarakat luas dengan cabangnya yang berada di dalam area pusat perbelanjaan. Selain buku, bisnisnya juga merambah penjualan alat-alat perkantoran.



Bahkan, toko buku ini juga disebut-sebut sebagai pusat penjualan buku yang terbesar kedua setelah Toko Buku Gramedia karena jumlah gerainya yang ada di banyak tempat.

Namun, seiring perkembangan zaman, banyak toko buku online yang bermunculan dan mengubah pola konsumsi masyarakat dalam membeli buku. Hal ini tentu memberikan dampak bagi toko buku fisik seperti Toko Buku Gunung Agung.

Meski begitu, Toko Buku Gunung Agung tetap memiliki tempat yang istimewa di hati para pecinta buku di Indonesia. Toko buku ini tidak hanya menjual buku, tetapi juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas pecinta buku dan tempat untuk menemukan buku langka yang sulit ditemukan di toko buku lain.

Tentu saja, penutupan toko buku ini juga akan berdampak pada para karyawan yang bekerja di sana. Ada kabar PHK massal ratusan pekerja Toko Buku Gunung Agung Kwitang. Mereka tentu merasa sedih dan khawatir dengan nasib mereka ke depannya.

Namun, sebagai masyarakat, kita bisa memberikan dukungan dengan cara membeli buku di toko buku fisik lainnya. Kita juga bisa memberikan dukungan moral kepada para karyawan Toko Buku Gunung Agung yang sedang mengalami masa sulit ini.

Dengan adanya penutupan Toko Buku Gunung Agung, ini juga menjadi momentum bagi masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya membaca dan meningkatkan literasi di Indonesia. Kita bisa memulainya dari diri sendiri dengan membaca buku dan memperkenalkan budaya membaca kepada orang di sekitar kita.

Jangan lupa, dukung terus perkembangan literasi di Indonesia, agar toko buku legendaris seperti Toko Buku Gunung Agung bisa kembali hadir di masa depan. 
Polling
0 suara
Agan kalo beli buku dimana?
bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
838
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.