• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Membahas Mitos Sulur Bidar, Makhluk Menyeramkan Penghuni Sungai dan Pemangsa Manusia!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Membahas Mitos Sulur Bidar, Makhluk Menyeramkan Penghuni Sungai dan Pemangsa Manusia!
Heboh rekaman video diduga penampakan sulur bidar, makhluk menyeramkan penghuni sungai kepercayaan masyarakat Melayu


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah rekaman video yang dibagikan oleh akun Instagram @unikinfo_id dimana diduga merupakan video rekaman makhluk mitologi dalam kepercayaan masyarakat Melayu yang bernama Sulur Bidar.

Meskipun kepercayaan atau mitos ini dipercaya oleh kalangan masyarakat Melayu, mungkin dari Agan Sista disini sudah ada yang pernah mendengar terkait sulur bidar yang dipercaya sebagai makhluk misterius dan menyeramkan dimana makhluk ini hidup dan menghuni sungai, paya, atau tasik dan sering memangsa manusia.

Beredarnya video tersebut membuat warganet heboh mempertanyakan kebenarannya, karena selama ini diketahui bahwa belum ada orang yang berhasil menangkap atau mengabadikan foto maupun video penampakan dari adanya sulur bidar.

Lantas apa sebenarnya sulur bidar yang dipercaya sebagai makhluk penghuni sungai dan pemangsa manusia tersebut?
Mari kita bahas menurut cerita-cerita yang beredar di tengah masyarakat GanSis.




Sulur Bidar, menurut kepercayaan di tengah masyarakat terkhusus mereka yang tinggal di Pulau Sumatera dan negara Malaysia, makhluk ini digambarkan sebagai penghuni sungai, tasik, atau paya yang memiliki bentuk misterius menyerupai tikar pembungkus jenazah.

Adapun menurut orang-orang yang mengaku pernah melihat sulur bidar secara langsung, makhluk ini berbentuk menyerupai tikar atau permadani dengan empat kepala yang terletak di setiap ujung-ujungnya, dan terdapat kaki-kaki menyerupai belatung.

Adapun asal muasal munculnya makhluk ini dipercayai oleh masyarakat Melayu terdahulu merupakan tikar pembungkus mayat yang dibuang di sungai dan dijadikan jin jahat sebagai pemangsa manusia.

Tanda-tanda akan munculnya sulur bidar sendiri yaitu munculnya buih-buih di atas permukaan air sungai disertai munculnya daun-daun kering dari dasar sungai. Setelah muncul buih dan riak air di atas permukaan sungai inilah kemudian akan hadir makhluk misterius menyerupai tikar yang akan menggulung manusia ke dalam sungai selama berhari-hari.

Namun berdasarkan penjelasan secara sains, kepercayaan terkait sulur bidar yang digambarkan sebagai tikar mayat penggulung manusia ini dapat dijelaskan sebagai bentuk dari gas hidrogen sulfida (H2S) yang keluar dari dasar sungai ke atas permukaan air disertai dengan bau busuk dan daun-daun kering.




Membahas tentang kepercayaan masyarakat terkait makhluk misterius bernama sulur bidar, tentu Agan Sista boleh untuk percaya atau tidak percaya sebagaimana kalian memegang teguh kepercayaan terhadap mitos-mitos yang ada di daerah kaliang masing-masing.

Di setiap daerah memang memiliki kepercayaan terhadap makhluk penghuni tempat-tempat tertentu seperti sungai, hutan, laut, goa, dan beberapa tempat lain yang dipercaya sebagai tempat tinggal para makhluk halus seperti jin, siluman, dan lain sebagainya.

Tentu saja adanya mitos ini bukan tanpa sebab GanSis, melainkan diciptakan oleh orang-orang terdahulu untuk memberikan peringatan, larangan, serta himbauan agar masyarakat tidak sembarangan saat menjejakkan kaki di tempat-tempat yang dikunjungi karena di semua tempat ada penunggu yang perlu untuk dihargai keberadaannya tanpa harus diusik atau diketahui dari jenis apa mereka berasal.

Bagaimana, apakah Agan Sista tahu dan pernah mendengar cerita atau mitos tentang sulur bidar?
Pastinya tidak semua orang tahu karena kepercayaan atau mitos ini hanya beredar di tengah masyarakat Melayu saja GanSis.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
indrastrid
black.robo
madjoeki
madjoeki dan 11 lainnya memberi reputasi
12
14.7K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.