• Beranda
  • ...
  • Militer
  • F-15D Milik USAF Nyemplung di Saluran Irigasi, Untungnya Pilot Selamat

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
F-15D Milik USAF Nyemplung di Saluran Irigasi, Untungnya Pilot Selamat
Quote:


Kecelakaan yang melibatkan pesawat tempur kembali terjadi Gan, yanh terbaru F-15D kursi tandem milik USAF (Angkatan Udara AS) jatuh di saluran irigasi (kanal) yang terletak di selatan Kingsley Field di Klamath Falls, Oregon. Dalam insiden itu sang pilot untungnya berhasil menyelematkan diri, dalam kecelakaan itu pesawat hanya diterbangkan oleh seorang pilot. Sang Pilot kemudian dibawa ke Sky Lakes Medical Center untuk mendapatkan perawatan, menurut USAF pilot hanya mengalami luka ringan.

Posisi jatuh F-15D memang kurang mengenakkan Gan, pasalnya bagian bawah pesawat terendam air, sementara hidungnya nyusruk tepian kanal. Yang menarik posisi kanopi pesawat masih dalam keadaan terbuka dan menempel di badan pesawat. Artinya pilot tidak melontarkn diri (entah penyebabnya apa) dengan kursi lontar. Seandainya pilot memakai kuris lontar, kanopi pesawat tentu akan terlepas dari badan pesawat.

Dalam artikel resmi di website-nya, pihak 173rd Fighter Wingmengatakan jika kecelakaan terjadi pada 15 Mei 2023 pukul 15.15 sore, pesawat baru saja melakukan pelatihan rutin dan hendak melakukan pendaratan. Saat ini masih dilakukan penyelidikan terkait apa penyebab gagal mendaratnya F-15D tersebut. Sementara USAF dalam laporan terbarunya menyebut jika pilot F-15D telah keluar dari Sky Lakes Medical Center. Meski nama sang pilot dirahasiakan, USAF menyebut pilot tersebut adalah seorang instruktur.

Quote:


Setelah pesawat jatuh, personel dari 173rd Fighter Wing kemudian memasang absorbent boomsuntuk membantu mengurangi potensi kebocoran bahan bakar atau cairan lain ke dalam saluran irigasi yang dikelola oleh Burea of Reclamation (Biro Reklamasi). Sementara Kolonel Micah Lambert Wakil Komandan 173rd Fighter Wing mengatakan jika pihaknya juga telah melakukan pengambilan sampel air untuk mendeteksi jika ada keberadaan produk minyak bumi di dalam air.

Lambert mengatakan bahwa, dari penilaian awal tidak ditemukan adanya kebocoran bahan bakar. Tetapi meminimalkan dampak lingkungan adalah salah satu prioritas utama USAF. Tindakan pencegahan dengan menempatkan absorbent booms di sekitar pesawat dilkukan untuk mencegah aliran bahan bakar atau zat lain sampai ke hilir jika terjadi kebocoran. Saat ini USAF sedang berkoordinasi dengan otoritas lokal serta Biro Reklamasi untuk mengeluarkan F-15D secara aman dari saluran irigasi.

Menurut artikel TheDrive.com, 173rd Fighter Wing dijadwalkan bakal menerima F-15EX (Eagle II) sebagai ganti F-15C/D yang menua. Unit ini menjadi bagian dari Oregon Air National Guard. F-15EX juga akan dikirim ke 142nd Fighter Wing di Portland Air National Guard Base. Sebagai tambahan informasi, 173rd Fighter Wing adalah satu-satunya tempat pendidikan untuk menerbangkan F-15C/D yang tersisa di Amerika.




---------------------------





Referensi Tulisan: TheDrive.com& 173rd Fighter Wing
Sumber Foto: sudah tertera
MasterSims
geopoliticsgeek
mynameisant
mynameisant dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.3K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
20KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.