cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
5 Rekomendasi Channel YouTube Tentang Kuliner


Penulis:        Malik Ibnu Zaman
Editor:          Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - Dalam beberapa tahun terakhir, YouTube menjadi salah satu platform yang digemari oleh orang dari berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai macam konten dapat dengan mudahnya dijumpai, mulai dari edukasi, sampai dengan konten prank yang begitu un-faedah.

Salah satu konten yang digemari oleh masyarakat Indonesia adalah berkaitan dengan kuliner. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya content creator yang membuat konten berhubungan dengan kuliner, kalau bahasa kerennya itu food vlogger, jumlah subscriber-nya pun terbilang banyak.

Saking banyaknya content creator berkaitan dengan kuliner, seringkali membuat bingung mau nonton yang mana. Oleh sebab itu, pada artikel ini saya akan merekomendasikan 5 channel YouTube tentang kuliner, berikut penjelasannya:

1. Hobby Makan
Pertama adalah Hobby Makan. Kanal Hobby Makan dikelola oleh sepasang suami istri, yaitu Bang Efan yang memiliki nama lengkap Richard Erfany, dan Mami Tiwi yang mempunyai nama lengkap Pratiwi Utami. Mereka berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Kini Hobby Makan telah memiliki 5,84 juta subscriber.

Hobby Makan banyak mengangkat kuliner-kuliner pinggir jalan, yang tentu saja rasanya tidak kalah dengan makanan restoran. Selain itu, Hobby Makan juga menggunakan konsep sedekah atau traktiran. Jadi barang dagangan diborong, nanti yang membeli tidak perlu bayar. Nah, Hobby Makan bukan hanya mengangkat kuliner yang ada di Pontianak. Tetapi juga di kota lain, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan lain sebagainya.

2. Dyodoran
Berikutnya adalah Dyodoran. Kanal YouTube satu ini mengangkat makanan khas, atau kuliner legendaris dari setiap daerah. Maka tidak mengherankan apabila Dyodoran berkeliling dari satu kota ke kota lainnya. Untuk jumlah subscribernya sekarang sudah mencapai 592 ribu.

Selain memperkaya khazanah kuliner legendaris yang ada di suatu daerah. Keunikan dari Dyodoran adalah pembawa acaranya yaitu Dyodoran Semlidut, yang memiliki pembawaan lucu dan medok. Justru keunikan dari pria yang memiliki nama asli Dyo Hendro Kumoro itulah yang bikin betah para penonton.

3. Mgdalenaf
Rekomendasi selanjutnya adalah Mgdalenaf. Konten dari Magdalena Fridawati ini sering trending, dan telah mencapai 4,17 juta subscriber. Selain dikenal lewat konten-konten kulinernya, Mgdalenaf juga dikenal lewat mukbangnya. Bagi yang belum tahu, mukbang merupakan konten makan di depan kamera dan disiarkan. Di antaranya pernah mukbang bersama dengan Fadil Jaidi dan juga pernah mukbang bareng Keanu.

Perempuan dengan jargon "Bar-Bar Kuy" tersebut juga terbilang konsisten membagikan review tentang makanan unik. Mulai dari menu restoran, hingga pedagang kaki lima. Pembawaan Magdalena pun begitu kalem, dan murah senyum. Maka tidak mengherankan banyak warganet suka dengan konten yang ia buat.

4. Boengkoes Network
Rekomendasi keempat adalah Boengkoes Network. Channel ini didirikan oleh pasangan Yudho dan Raisa. Boengkoes Network memberikan informasi seputar dunia kuliner, dan juga me-review makanan. Kini Boengkoes Network telah mencapai 915 ribu subscriber.

Seperti namanya "Boengkoes", konsepnya itu dibungkus atau di bawa pulang. Meskipun sekarang sudah tidak lagi dibungkus, dan sekarang hanya dibawakan oleh Yudho saja dengan jargon "Bangga Makanan Indonesia". Menonton Boengkoes Network pasti dijamin bikin ngiler.

5. Nex Carlos
Rekomendasi kelima yaitu Nex Carlos. Youtuber yang terkenal dengan jargon "makan cui" ini sampai sekarang telah memiliki 4,65 juta subscriber. Konten dari Nex Carlos itu berbeda dengan food vlogger lainnya. Karena Nex meliput tempat makanan enak yang tersembunyi, dan belum banyak orang tahu, atau dikenal dengan istilah hidden gem.

Selain keliling Indonesia guna me-review makanan, Nex juga me-review makanan hingga ke Malaysia. Nah, hampir semua tempat makanan yang di-review oleh Nex Carlos menjadi laris manis dikunjungi oleh netizen.

Itulah 5 rekomendasi Channel YouTube tentang kuliner yang bisa kalian jadikan referensi berkaitan dengan kuliner, ataupun untuk menemani makan kalian agar terasa nikmat.


Tulisan ini ditulis di Cangkeman pada tanggal 28 Desember 2023.
bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
826
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.