Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Honda C70 Si Pitung Jadi Motor Listrik di PEV, Moeldoko Tanggapi Suara Mesin Hilang

juraganmixmogeAvatar border
TS
juraganmixmoge
Honda C70 Si Pitung Jadi Motor Listrik di PEV, Moeldoko Tanggapi Suara Mesin Hilang



JAKARTA, DUNIAMOTOR.com – Bebek Honda C70 Deluxe yang merupakan sepeda motor dengan mesin bensin berubah menjadi motor listrik di gerai PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang digelar mulai Rabu (17/5/2023) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Motor berwarna two tone khas motor klasik dengan dominasi merah serta sayap tameng putih ini sekilas tampak seperti Honda C70 pada umumnya. Namun berbeda ketika kita melihat area di balik tameng putihnya.

Perubahan cenderung menyentuh motor penggerak dan baterai. Sementara itu, seperti dijelaskan pada catatan spesifikasi, motor tersebut tetap menggunakan sasis Honda C70.

Dengan baterai berkapasitas 1,4 kWh dan cukup menggunakan satu baterai, Honda C70 Deluxe menggunakan motor penggerak berdaya 2.000 Watt.



Penerapan itu memungkinkan Honda C70 Deluxe yang sudak dipanggil dengan nama “Si Pitung” ini bisa membawa beban maksimal 100 kg, dan berlari dengan kecepatan maksimal 80 km/jam serta akselerasi 0-50 km/jam dalam 7 detik.

Mengapa motor ini dipajang? Apa hubungannya dengan PLN? PLN sendiri saat ini didaulat sebagai penyedia stasiun pengisian listrik di tengan tren kendaraan listrik di Indonesia, sementara Pertamina digadang menjadi penyedia baterai.

PLN mendapatkan tugas dari pemerintah untuk melakukan konversi mengubah bagian-bagian yang dibutuhkan dengan tetap mempertahankan sisi klasik.

“Bisa dilihat ini mesinnya sudah diganti, dan sudah pakai baterai. Tapi mesinnya masih mempertahankan cover aslinya,” ujar Wilfrid Sahat, Senior Officer Penjualan di Direktorat Niaga PT PLN Persero.


Apakah motor ini akan menjadi semacam produk baru dari PLN? Kehadirannya di panggung gerai PLN di PEVS untuk membuktikan kepada publik bahwa motor-motor klasik bisa dikonversi menjadi motor listrik.

“Makanya bisa dilihat ini semua motor klasik yang dipajang di sini. Ini (merujuk pada Benelli Patagonian Eagle listrik di sebelah Honda C70 Deluxe listrik) tadinya kan suaranya gede, tapi sekarang udah enggak ada suaranya,” tambahnya.

Suara motor klasik yang hilang ketika dikonversi menjadi motor listrik juga ditanggapi oleh Jend TNI (Purn) Moeldoko sebagai Ketua Umum Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia).



SUMBER
rubah007
mono88
rassakhiy
rassakhiy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.