Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

des.moinesAvatar border
TS
des.moines
Survei Capres Indo Strategi: Prabowo 38,7%, Ganjar 20,2%, Anies 18,4%
Jakarta - Lembaga survei Indo Strategi merilis survei terkait peta dukungan Capres menjelang Pemilu 2024. Dalam survei tersebut, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas jika dibandingkan dengan dua paslon lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dirilis Indo Strategi, Rabu (17/5/2023), melalui siaran online. Survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling multistage random sampling dengan jumlah sample 1.230 responden. Margin of Error -/+ 2,83% dengan Level of Confidence 95%.

Responden yakni penduduk yang berusia +/= 17 tahun atau yang telah memiliki KTP. Tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Indonesia.

Teknik Pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner, kontrol kualitas spot check 10% dari sampel. Waktu pengumpulan data survei yakni 1 hingga 10 Mei 2023.

Awalnya, responden diberikan pertanyaan 'Jika pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini siapakah dari calon berikut yang Anda pilih menjadi Presiden?'. Nama yang paling banyak disebut responden adalah nama yang sudah beredar seperti Prabowo, Ganjar, dan Anies.

Berikut hasil dari pertanyaan tersebut:

- Prabowo Subianto 33,5%
- Ganjar Pranowo 19,7%
- Anies Baswedan 18,5%
- Ridwan Kamil 5,8%
- Erick Thohir 5,6%
- Khofifah I Prawansa 3,3%
- Agus Harimurti Yudhoyono 3,1%
- Muhaimin Iskandar 2,2%
- Sandiaga Uno 1,6%
- Airlangga Hartarto 1,4%
- Mahfud Md 1,3%
- Andika Perkasa 1,2%
- Puan Maharani 0,5%
- Tidak menjawab/tidak tahu 2,3%.

Jika disimulasi head to head dari tiga nama teratas dengan pertanyaan ' Simulasi Head to Head tiga calon Presiden bila Pemilu dilaksanakan hari ini', maka Prabowo mendapat perolehan tertinggi. Prabowo mendapat 38,7%.

1. Prabowo Subianto: 38,7%
2. Ganjar Pranowo 20,2%
3. Anies Baswedan 18,4%
Tidak tahu/tidak jawab 22,7%.

Responden juga ditanya mengenai alasan mereka memilih capres tersebut. Ada yang memilih karena tokoh tersebut sebagai pemersatu bangsa, merakyat, dan juga pintar.

"Ada beberapa alasan yang didapatkan mengapa posisi Prabowo masih tak tergoyahkan. Pertama, dalam persepsi public Prabowo adalah sosok pemersatu bangsa. Dapat dilihat dari bergabungnya Prabowo dalam pemerintahan Jokowi, kemudian engagement yang dilakukan Prabowo terhadap lawan politiknya di masa lalu membuktikan Prabowo lebih mementingkan kesatuan bangsa daripada kepentingan kelompok," ujar Direktur IndoStrategi, Arif Nurul Imam saat merilis hasil survei.

"Hal ini sekaligus menujukkan bahwa Prabowo berjiwa besar tidak pendendam dan "baperan". Alasan kedua, Prabowo adalah sosok yang ramah terlihat dalam beberapa momen Prabowo sangat santai ini merupakan hal yang baru bagi Prabowo. Ketiga Prabowo masih dipersepsikan sebagai sosok yang berani, kemudian tegas dan bertanggungjawab dimana ini memang merupakan karakter utamanya yang sudah banyak diketahui public luas. Alasan kelima, Prabowo dipilih karena populis, karakter ini tidak lepas dari keramahan yang ditunjukkan Prabowo sekarang ini. Kesan temperamental tak terlihat lagi. Temuan ini memunculkan karakter baru dari Prabowo," imbuhnya.

Arif juga mengumumkan alasan publik memilih Ganjar, paling banyak responden menilai Ganjar adalah sosok merakyat dan ramah. Sedangkan Anies dipilih responden karena dia dinilai pintar dan agamis.

"Kemudian alasan public mengapa memilih Ganjar masih didominasi oleh sosok ganjar yang populis, ramah, sering bagi-bagi hadiah, senang bercanda dan alasan-alasan lainnya. Dapat kita lihat memang Ganjar sangat aktif mengupload kegiatan-kegiatan sehari-harinya seperti menyapa public baik sebelum dan sesudah dideklarasikan oleh PDIP sebagai capres," jelasnya.

"Sementara Anies lebih dipilih public karena pintar, agamis, ramah dan kinerjanya bagus selama menjadi gubernur DKI Jakarta. Elektabilitas Anies tidak beranjak naik justru mengalami sedikit penurunan imbas jeda atau turunnya intensitas kampanye Anies belakangan ini. Disamping belum solidnya dukungan koalisi perubahan terhadap Anies, posisi Anies sebagai tokoh yang ingin mencitrakan diri sebagai sosok perubahan tidak berhasil karena NasDem ternyata masih bagian dari pemerintahan. Hal ini tidak membuat dukungan public yang ingin perubahan tidak maksimal," lanjutnya.

Elektablitas Capres di Kalangan Ormas

Dalam survei ini, ada juga pertanyaan mengenai responden yang terafiliasi dengan ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Hasilnya, Prabowo mendominasi pemilih dari ormas NU.

"Kita juga mengukur pilihan warga ormas-ormas Islam yaitu NU, Muhammadiyah dan lainnya terhadap pilihan capres. Hasilnya ditemukan bahwa mayoritas public tidak tahu apakah mereka warga NU, Muhammadiyah atau ormas Islam lainnya. Bagi yang tahu dan menjawab, warga NU masih medominasi dukungan terhadap tiga capres tersebut. Prabowo mendapatkan porsi terbesar dengan 39,6%, disusul Ganjar dengan 34,4% dan Anies 27,9%. Koalisi dengan PKB dan gencarnya Prabowo beserta Muhaimin melakukan kunjungan ke ulama-ulama dan institusi pesantren NU tak dipungkiri menuai efek electoral dari warga NU. Demikian juga halnya yang dilakukan ganjar dan Anies. Meraih simpati dan dukungan dari ormas Islam terbesar dipandang perlu," jelas Arif.

Prabowo;

NU: 39,6%
Muhammadiyah: 19,2%
Lainnya: 4,8%
Tt/Tj: 36,4%

Ganjar;

NU: 34,4%
Muhammadiyah: 12,1%
Lainnya: 3,4%
Tt/Tj: 50,1%

Anies;

NU: 27,9%
Muhammadiyah: 14,2%
Lainnya: 6,8%
Tt/Tj: 51,1%.

https://news.detik.com/pemilu/d-6725...s-184?single=1

10 Tahun Bafak Jokowi mengabdi, sekarang saatnya Bafak Frabowo yg duduk yah emoticon-Malu
nomorelies
dharma8888
gabener.edan
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.