Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Kisah Luhut 'Berantem' Lawan Kemenkeu saat Rumuskan Subsidi Mobil Listrik
Kisah Luhut 'Berantem' Lawan Kemenkeu saat Rumuskan Subsidi Mobil Listrik


Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengisahkan perjalanan panjang pemerintah saat merumuskan subsidi kendaraan listrik di Indonesia. Menurut dia, selama prosesnya, ada perdebatan sengit hingga perang urat syaraf.

Luhut mengaku, sejak awal memang ngotot ingin membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Itulah mengapa, pihaknya berusaha keras mendorong pemberian subsidi untuk pembelian mobil-motor elektrik.


"Electric vehicle (EV) itu saya dorong habis-habisan. Saya kadang berkelahi dengan Kemenkeu. Mereka bilang, 'wah ini insentif'. Ini kan carbon emission harus kita dorong, kasih insentif juga. Kita harus secepat mungkin membuang bus, sepeda motor, sama mobil yang karbon emisinya tinggi," ujar Luhut melalui keterangan resminya.


Kisah Luhut 'Berantem' Lawan Kemenkeu saat Rumuskan Subsidi Mobil Listrik
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Shell Recharge hadir di Mal Pacific Place Jakarta. Hadirnya SPKLU ini merespons bertambahnya pengguna mobil listrik.


Kisah Luhut saat rumuskan subsidi mobil listrik di Indonesia. Foto: Andhika Prasetia
Menurut Luhut, pemberian subsidi kendaraan listrik sudah diterapkan negara lain, termasuk para tetangga seperti Thailand dan Vietnam. Maka, agar tak tertinggal, Indonesia harus melakukan langkah serupa.

"Kalau Vietnam dan Thailand bisa kasih (insentif kendaraan listrik), masa kita tidak bisa? Kalau insentif tidak bagus sama saja kita bunuh diri sendiri," tegasnya.


Dia lantas membalas komentar miring yang menuding subsidi kendaraan listrik tidak tepat dan bukan menjadi solusi masalah lingkungan. Menurutnya, insentif kendaraan listrik telah melalui studi panjang dan matang.

"Mengenai mobil listrik sudah ada studi komprehensif. Saya kira seluruh dunia, bukan hanya kita. Jadi jangan kita lawan arus dunia juga. Siapa yang berkomentar saya tidak tahu, suruh dia datang ke saya biar saya jelaskan bahwa itu tidak benar omongannya," ungkapnya.

Anies Baswedan Kritik Subsidi Mobil Listrik
Sebelumnya, Anies Baswedan secara terbuka mengkritik pemberian subsidi mobil listrik yang digagas pemerintah pusat. Menurut dia, kebijakan tersebut tak menuntaskan masalah polusi udara dan hanya akan menambah macet jalan raya.

"Soal polusi udara, solusinya bukanlah terletak di dalam subsidi untuk mobil listrik. Pemilik-pemilik mobil listrik adalah mereka yang tidak membutuhkan subsidi," terang Anies.

Kisah Luhut 'Berantem' Lawan Kemenkeu saat Rumuskan Subsidi Mobil Listrik

Anies menjelaskan, emisi karbon yang dihasilkan mobil listrik sebenarnya lebih tinggi dari bus berbahan bakar minyak. Hitung-hitungan tersebut merupakan hasil akumulasi dari jumlah penumpang yang bisa diangkut kendaraan.

"Kenapa itu bisa terjadi? Karena bis memuat orang banyak sementara mobil memuat orang sedikit," tegasnya.

"Pengalaman kami di Jakarta, kendaraan pribadi berbasis listrik, dia tidak akan menggantikan mobil yang ada di garasinya. Dia justru akan menambah jumlah mobil di jalanan, menambah kemacetan di jalanan," kata Anies menambahkan.

https://oto.detik.com/profil/d-67128...-mobil-listrik

Poin satu, aku setuju, kemenkeu harus diberantemin dulu baru lunak. Opung sudah melakukan tugas dengan baik.

Poin kedua, Kadang aku tuh mikir, bener juga kata wan abud, transportasi publik bagus yg berbasis listrik jauh lebih baik dibanding mobil listrik pribadi. Ada baiknya transportasi publik yg listrik bisa dikasih subsidi juga. Tapi mobil listrik pribadi juga harus dikasih subsidi juga sesuai perkataan opung luhut, supaya ekosistemnya segera terbentuk dan orang cepat beralih. Supaya kita juga bisa dapet bantuan green energy dari ekosistem mobil listrik ini dari negara-negara maju seperti Amerika dan Uni Eropa. Kalau China aku tidak tahu. Setauku itu negara berkembang. Benar toh?
nada.sela
sc5
bhagarvani
bhagarvani dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.