Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

happystore00Avatar border
TS
happystore00
Sejarah Kerajaan Dan Kekaisaran Terbesar Yang Pernah Ada di Dunia
               Sekarang kita akan membahas sejarah kerajaan dan kekaisaran terbesar yang pernah ada di dunia. Kerajaan dan kekisaran terbesar ini bisa kita sebut dengan kerajaan besar bukan hanya meliputi wilayah kekuasaanya tetapi juga pengaruhnya ketika kerajaan ini berkuasa. Sehingga kerajaan – kerajaan ini memiliki pengaruh budaya yang masih bisa kita rasakan hingga saat ini. Berikut kerajaan – kerajaan terhebat menurut ane
 
1.      Kerajaan Mongol
 
Kita mengetahui bahwa kerajaan mongol memiliki pengaruh besar di Dunia. Bahkan salah satu alasan dibuatnya Tembok Besar Cina selama 1.800 tahun atau 18 Abad untuk melindungi Cina dari invasi bangsa utara. Wilayah penaklukan Kerajaan Mongol tidak hanya wilayah Asia tetapi sampai ke Eropa atau Eurasia. Berdirinya Kerajaan Mongol berawal dari Jenghis Khan yang berhasil menyatukan berbagai suku di Mongol. Jenghis Khan mendirikan Kerajaan Mongol pada tahun 1206. Setelah berhasil menyatukan berbagai suku di wilayah Mongol dan mendirika Kerajaan Mongol Jenghis Khan memulai penaklukannya di Wilayah Eurasia.

 
Penaklukan awal yang dilakukan Kerajaan Mongol adalah Dinasti Xia Barat di Cina Barat dan Kerajaan Khawarezmia di Persia. Kepemimpinaan Kerajaan Mongol di Pimpin oleh Khan Agung Mongol atau para keturunan Jenghis Khan. Pemimpin prtama Kerajaan Mongol ini adalah Jenghis Khan. Masa kekuasaan Jenghis Khan dimulai dari tahun 1206 – 1227. Setelah Kepemimpinan Jenghis Khan Kerajaan Mongol dipimpin oleh anak Jenghis Khan bernama Ogadai Khan. Ogadai Khan memimpin kerajaan Mongol dari tahun 1229 – 1241.
 
Setelah itu Kerajaan Mongol di pimpin oleh Guyuk Khan yaitu anak dari Ogadai Khan. Guyuk Khan Memimpin selama dua tahun dari 1246 – 1248. Setelah kepmimpinan singkat Guyuk Khan pemrintahan dilanjutkan oleh Mongkhe Khan dari tahun 1251 – 1259 yang merupakan saudara dari Ogadai Khan. Pemimpin Kerajaan Mongol selanjutnya adalah Kubilai Khan yang merupakan saudara dari Mongkhe Khan. Kubilai Khan memimpin Kerajaan Mongol pada tahun 1260 – 1294. Pemimpin trakhir Kerajaan Mongol adalah Toghan Temur yang memimpin dari 1332 – 1370. Toghan Temur disingkirkan olh Kaisar Ming sehinggga berakhirnya kerajaan mongol.
 
Wilayah kekuasaan Kerajaan Mongol meliputi wilayah Tiongkok dan Nachao. Kerajaan Khawarezmi atau persia. Kerajaan mongol juga berhasil menguasai India bagian utara. Wilayah Asia tenggara tidak luput dari kekuasaan Kerajaan Mongol seperti Vitnam Kamboja, Thailand dan Burma. Di Asia Tengah berhasil menguasai Irak dan sebagian Turki. Bahkan kekuasaan Kerajaan Mongol sampai ke Eropa Timur dan Yerusalem.
 
Sumber :
Kekaisaran Mongol - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
 
2.      Kerajaan Roma
 
Awal berdirinya Kerajaan Roma berawal dari pemukiman yang berada di Bukit Palatine. Wilayah ini sangat subur dan memberikan perlindungan alami karena di kelilingi bukit – bukit. Sehingga wilayah ini mudah untuk berkembang pesat. Ada cerita unik di awal brdirinya Kerajaan Roma ini. Di mana kakak beradik Romulus dan Remus berselisih paham untuk pembangunan awal Kerajaan Roma. Sehingga ketika Romulus sedang membangun kota awal untuk Kerajaan Roma Remus tida membantu sama sekali Remus hanya mengganggu. Pada akhirnya pada suatu hari Remus mmasuki kota yang dibangun oleh Romulus. Remus dibunuh oleh saudaranya sendiri yaitu Remulus.
 
Pada masa awal berdirinya Kerajaan Roma Remulus memberikan izin untuk siapa saja baik manusia bebas ataupun Budak untuk menjadi warga Roma. Untuk menambah warga dengan cara menikahkan para laki – laki pendatang baru dengan wanita – wanita kaum Sabin dengan cara menculik wanita – wanita Kaum Sabin. Pada akhirnya Kaum Sabin Memerangi Romulus. Setelah berperang dengan Kaum Sabin Romulus berbagi gelar dengan Raja Sabin.
 
Kerajaan Roma sangat terkenal dengan tantara Legiunnya. Kehebatan tentara Legiun Roma sudah berhasil menaklukan wilayak kekuasan Kerajaan Roma. Tentara Legiun menjadi tulang punggung Kerajaan Roma. Para Legiuner sebutan untuk para anggota tantara Legiun mmiliki kedisiplinan dan ketrampilan yang tinggi. Para Legiuner diprsenjatai dengan pedang pendek, perisai dan dua lembing berkepala besi. Kehebatan tantara Legiun sangat tersohor hingga saat ini.

Peninggalan perkembangan Politik di Kerajaan Roma mempengaruhi politik saat ini. Sistem parlemen Kerajaan Roma mempengaruhi sistem parlemen saat ini. Bahkan peninggalan banguna sejarah Kerajaan Roma masih bisa kita lihat di Negara Italia.
 
Sumber :
 [url=https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Romawi#:~:text=Kerajaan%20Romawi%20%28Latin%3A%20Regnum%20Romanum%29%20adalah%20sebuah%20pemerintahan,selama%20masa%20Republik%20dan%20Kekaisaran%20berdasarkan%20pada%20legenda.]Kerajaan Romawi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas[/url]


 
 
3.      Dinasti Han

Buat yang suka maen game Dynasty Warrior pasti kenal sama salah satu Dinasti yang sangat terkenal ini. Disnati Han berdiri sebelum zaman Tiga Kerajaan. Peninggalan Disnati Han ini sangat tersohor hingga saat ini. Disnati ini berdiri hampir 4 Abad. Disnati Han ini dianggap sebagai zaman keemasan dari sejarah Tiongkok. Disnati ini di bangun oleh pemberontak Liu Bang atau dengan nama Kaizar Gaozu. Disnati Han sangat maju dibidang perekonomiannya. Koin menjadi nilai mata uang standard yang digunakan sampai Disnati Tang.

Dinasti mengalami kemajuan pesat ketika di pimpin oleh Kaisar Wu pada tahun 140 SM - 87 SM. Selama pemerintajan Kaisar Wu Dinasti Han mengalami kemajuan yang pesat. Dari perluasan wilayah kekuasaan hingga bidang ekonomi dan bidang seni. Wilayah kekuasaan Dinasti Han mencakup Asia Tengah, Vietnam hingga wilayah Korea. Tekhnologi kertas yang ditemukan Dinasti Han masih bisa rasakan mamfaatnya hingga saat ini.

Dinasti Han Mampu membuat jalur ekonomi perdagangan yang sangat terkenal yaitu Jalur Sutera. Jalur perdanganan ini terbentang dari Benua Asia, Benua Afrika hingga Benua Eropa. Dengan adanya Jalur Sutera ini perkembangan ekonomi Dinasti Han sangat pesat karena bisa menjalin perdagangan hingga Benua Eropa.

Sumber :
Dinasti Han - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



4.   Kerajaan Ottoman

Kerajaan Ottoman berada di wilayah Turki. Kita bisa lihat kemegahan peninggalan Kerajaan di Negara Turki. Kerajaan Ottoman juga dikenal dengan Dinasti Utsmaniyah. Kerajaan Ottoman menjadi Kerajaan Islam terbesar selama abad 15 sampai abad 16. Wilayah kekuasan Kerajaan Ottoman mencakup Eropa, Timur Tengah hingga Afrika Utara.

Pendiri Kerajan Ottoman adalah Sultan Osman Ghazi pada tahun 1299 di Anatolia Turki. Sultan Osman Ghazi lalu disebut sebagai Oman 1. Sejarah awal berdirinya Kerajaan Ottoman ketika uku Sultan Oman Ghazi menyelamatkan sukunya dari Kerajaan Mongol.

Awal zaman keemasan Kerajaan Ottoman berawal dari penaklukan Konstantinopel pada tahun 1453 olehSultan Mehmed II. Kemudian merubah Konstantinopel menjadi Istanbul Ibu Kota Kerajaan Ottoman. Setelah penaklukan Konstantinopel Kerajaan Ottoman berkembang dengan pesat. Kekuasaan Kerajaan Ottoman berkembang hingga Hungaria, Yunani dan Eropa Timur.

Awal Kehancuran Kerajaan Ottoman beral dari kekalahan dari PAsukan Suci Romawi di Lepanto. Dalam pertempuran ini Kerajaan Ottoman mengalami kehilangan para perwira penting sehingga Kerajaan Ottomann mengalami kekalahan militer di kemudian hari. Kerajaan Ottoman berganti menjadi Negara Turki pada tahun 1923.

Sumber :
[url=https://www.selasar.com/kerajaan-ottoman/#:~:text=Kerajaan%20Ottoman%20atau%20Kekaisaran%20Utsmaniyah%20adalah%20salah%20satu,wilayah%20Timur%20Tengah%2C%20Eropa%20Timur%2C%20hingga%20Afrika%20Utara.]Sejarah Kerajaan Ottoman (PENDIRI, PENINGGALAN, KERUNTUHAN) (selasar.com) [/url]


5.   Kekaisaran Maurya

Kekaisarn Maurya berada di India Timur yang didirikan oleh Candragupta pada tahun 322 SM. Kaisar Candragupta berhasil mendirikan Kekaisaran Maurya setelah berhasil melakukan kudeta Dinasti Nanda. Kaisar Candragupta berhasil naik tahta setelah kematian Alexander Agung. Kekisaran Maurya berhsil menguasai bekas wilayah kekuasaan Alexander Agung. Bahkan Kekaisaran Maurya berhasil menjalin kerjasama dengan Yunani yang dipimpin oleh Seloucos Nicator. Yunani banyak membantu kaisar Candragupta untuk mengukir sejarah India.

Kekaisaran Maurya berhasil bertahan selama 137 tahun dan dipimpin oleh 10 raja. Kekaisaran Maryua mengalami masa kejayaan ketika dipimpin oleh Raja Asoka -Wardhana. Raja Asoka berhail menguasai wilayah Afganistan sampai Banglasdeh dan wilayah Mysore. Bahkan kemahsyuran Raja Asoka dikenal sampai tanah Britania. Penulis asal Britania H.G Wells membuat buku tentang Raja Asoka. bahkan dalam kutipan bukunya H.G Wells menyebut "Dalam sejarah dunia, ada ribuan raja dan kaisar yang menyebut diri mereka sendiri ‘Yang Agung’, ‘Yang Mulia’ dan ‘Yang Sangat Mulia’ dan sebagainya. Mereka bersinar selama suatu waktu singkat, dan kemudian cepat menghilang. Namun, Asoka tetap bersinar dan bersinar cemerlang seperti sebuah bintang cemerlang bahkan sampai hari ini".


Berikut rangkuman menurut saya tentang kekaisaran dan kerajaan yang masih terasa sejarahnya hingga saat ini
minulcantiq
bolalive00
irayangsehat
irayangsehat dan 7 lainnya memberi reputasi
8
7.1K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.