Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Bicara soal Tragedi Trisakti, Ganjar: Kekuasaan Tak Boleh Terlalu Lama
Bicara soal Tragedi Trisakti, Ganjar: Kekuasaan Tak Boleh Terlalu Lama

13 Mei 2023, 18:40 WIB


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar datang untuk menyaksikan Band thrash metal asal AS Megadeth dan sejumlah musisi tanah air. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (capres) 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo bicara soal aksi demonstrasi besar-besaran menentang pemerintahan Orde Baru yang terjadi pada 12 Mei 1998 atau dikenal dengan tragedi Trisakti.

Ganjar pun mengatakan bahwa kekuasaan harus dibatasi dan tak boleh terlalu lama.

"Ada satu yang diinginkan bahwa kekuasaan nggak boleh lama-lama. Tuntutan saat itu kan satu aja ya, enggak boleh lama-lama kekuasaan, harus dibatasi," kata Ganjar saat mengunjungi Pameran Foto 25 Tahun Reformasi di Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023).

"Semua ada batasnya, tuntutan yang utama sebenarnya saat itu ya itu," sambungnya.

Dia pun menilai reformasi yang sudah berjalan selama 25 tahun, hingga kini belum tuntas. Salah satunya, korupsi yang hingga kini masih marak terjadi di Indonesia.

"Jadi reformasi ini menurut saya mesti kita tuntaskan, karena belum tuntas, tas tas," ujarnya.

Singgung soal Pelanggaran HAM


Calon presiden (capres) 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo saat menghadiri Pameran Foto 25 Tahun Reformasi di Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023). (Liputan6.com/Rahmat Baihaqi)

Selain itu, Ganjar mengatakan masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) juga belum selesai. Dia pun mendorong penyelesaian 12 pelanggaran HAM yang berat yang diakui dan disesali oleh pemerintah Indonesia.

"Tapi catatan-catatan pelanggaran HAM tadi diobrolkan, saya kira 12 yang diakui pemerintah itu mesti diselesaikan," jelas Ganjar.

Disisi lain, Ganjar menyampaikan reformasi juga memunculkan otonomi daerah sehingga daerah memiliki kewenangan khusus. Tak hanya itu, dia menuturkan saat ini juga muncul inovasi di berbagai daerah.

"Reformasi birokrasi hari ini makin hari makin muncul di daerah dengan inovasi masing-masing. Saya kira itu juga bagian-bagian yang tidak bisa kita tinggalkan," tutur Ganjar.

https://www.liputan6.com/news/read/5...h-terlalu-lama

Kl gitu Genjer ndak mau 2 periode gitu
scorpiolama
mbia
bhagarvani
bhagarvani dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.