Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seher.kenaAvatar border
TS
seher.kena
Ganjar Bikin Heboh Mahasiswa UIN, Sampaikan Nilai Kebangsaan Berlandaskan Islam



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo gemparkan UIN KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Pekalongan saat hadir menjadi pembicara kuliah umum. Selasa (9/5) sore. Ribuan mahasiswa UIN Gus Dur dari berbagai fakultas heboh ingin mendengarkan materi kuliah umum dari salah satu bakal capres itu.

Dalam kuliah umumnya, Ganjar membahas tema ‘Memperkokoh Wawasan Kebangsaan, Merawat Pembangunan Berkelanjutan’. Ganjar menyampaikan, institusi perguruan tinggi sebagai jenjang terakhir dalam menempuh pendidikan formal harus mampu memberi bekal yang cukup kepada para mahasiswanya.

Bukan hanya bekal pengetahuan, namun juga terkait nilai-nilai kebangsaan, budi pekerti yang luhur, serta pengembangan diri dalam hal kemampuan dan keterampilan harus optimal.


“Ini salah satu tempat yang bisa dipakai untuk mengembangkan diri, mencapai harapan diri, keluarga, orang tua, dan tentu saja bangsa dan negara,” ujar Ganjar.

UIN Gus Dur yang kini memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana menjadi kampus dengan program beasiswa terbanyak. Yakni 7 program beasiswa, seperti Beasiswa Bank Indonesia, KIP Kuliah, Beasiswa Tahfidz Al Quran 30 Juz, Beasiswa Prodi Kajian Keislaman, Beasiswa PPA, Beasiswa Tahfidz Al Quran Non 30 Juz, dan Beasiswa BAZNAS Jateng. Total jumlah mahasiswa mencapai 15 ribu orang, terdiri dari mahasiswa aktif dan alumni.

Ganjar pun mengapresiasi komitmen UIN Gus Dur yang baru berganti nama dari IAIN tahun lalu itu, dalam menyaring dan mencetak lulusan terbaik di bidangnya.


“Artinya tidak ada lagi alasan orang tidak mau kuliah, tidak mau sekolah, dan ternyata UIN Gus Dur Pekalongan ini memberikan akses itu kepada anak-anak sehingga mereka bisa mendapatkan bantuan dan bisa sekolah lebih tinggi lagi,” kata Ganjar.

Ganjar berharap, lulusan UIN Gus Dur kelak dapat menjadi agen perubahan yang berkualitas. Sekaligus bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan yang berlandaskan ajaran Islam. (bay/ria)

https://radarsolo.jawapos.com/nasion...ndaskan-islam/

Menambah wawasan mahasiswa
Diubah oleh seher.kena 14-05-2023 06:38
nomorelies
judogal
sc5
sc5 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.