0ld.schoolAvatar border
TS
0ld.school
Inilah Sosok Alfi Damayanti Tanpa Masker, Karyawan Cikarang Tolak Staycation Demi


Judul Kepanjangan : Inilah Sosok Alfi Damayanti Tanpa Masker, Karyawan Cikarang Tolak Staycation Demi Perpanjang Kontrak

TRIBUNJATENG.COM— Sosok Alfi Damayanti menjadi viral, pasca dirinya menjadi korban ajakan staycation sebagai syarat perpanjangan kontrak kerja pabrik di Cikarang.

Pasca beredar video yang berisi mengenai syarat tak lazim sejumlah perusahaan di Cikarang, yang menjadikan staycation sebagai syarat perpanjangan kontrak para karyawannya.

Tak hanya itu, sejumlah atasan dengan sengaja mengajak para karyawan kontrak untuk staycation atau melakukan hubungan terlarang di sejumlah hotel.

Nama Alfi Damayanti menjadi salah satu yang paling banyak diperbincangkan publik, karena keberaniannya dalam menolak ajakan tersebut.



Alfi Damayanti merupakan karyawan kontrak yang menjadi korban ajakan staycation, namun ia dengan tegas menolak dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kepolisian.



image-placeholder-tiktok



image-placeholder-tiktok



image-placeholder-tiktok





Selama ini Alfi Damayanti muncul di sejumlah media dengan menggunakan masker.

Berikut sosok Alfi Damayanti yang tak hanya dengan tegas berani menolak, ia juga memiliki paras yang cantik bak selebgram.

Nama: Alfi Damayanti

Tanggal Lahir: 22 Agustus 1998

Usia: 24 Tahun (2023)

Agama; Islam

Pekerjaan: Karyawan

Akun Sosial Media:

@hellosayaalfi (Tiktok)

@alfidamayanti22_ (Instagram)

Alfi Damayanti memiliki paras yang cantik, dalam sejumlah akun sosial media miliknya ia memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak.

Alfi Damayanti juga mengunggah sejumlah foto dirinya maupun membuat konten-konten di akun sosial media pribadinya, dengan jumlah like yang cukup besar.

Disnaker usut tuntas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengusut perusahaan di Cikarang yang atasannya memberi syarat 'Ngamar' (staycation) kepada karyawati kontrak demi bisa bertahan di perusahaan tersebut.

Hal itu menyusul perusahaan di Cikarang menjadi ramai diperbincangkan di media sosial.

Pasalnya, syarat 'Ngamar' bagi karyawati yang tak ingin diputus kontraknya melanggar norma dan hukum.

"Saya akan menugaskan Disnaker untuk mendalami informasinya," ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (3/5/2023).

Dani menyebut, apabila isu tersebut memang benar, maka tentunya ini sudah melanggar etika norma moral dan hukum.

Sebagai tindak lanjut, pihak Pemkab pun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menangani isu tersebut.

"Kewenangan pengawasan ketenagakerjaan memang saat ini sudah menjadi kewenangan Pemprov. Oleh karena itu, kami akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Jabar," kata Dani lagi.

Adapun salah satu akun yang membicarakan soal isu tersebut adalah akun Twitter dengan nama pengguna @miduk17.

Dalam cuitannya, ia bahkan menilai masalah tersebut sudah menjadi rahasia umum di kalangan pekerja di Cikarang.

Cuitan yang ditulis pada Minggu (30/4/2023) itu hingga kini masih ramai diperbincangkan.

"Banyak yg up soal perpanjangan kontrak di perusahaan area Cik*rang. Ada oknum atasan perusahaan yg mensyaratkan harus STAYCATION bersama karyawati agar mendapatkan perpanjangan kontrak," cuit akun tersebut di akun Twitternya.

"Yg mengerikan, ini ternyata sudah RAHASIA UMUM perusahaan dan hampir semua karyawan tahu," lanjut informasi akun tersebut.

Hingga Rabu (3/5/2023), cuitan itu sudah menerima hingga 232 balasan dan disukai oleh 3.402 pengguna Twitter.

Viral

Seorang karyawati sebuah pabrik di Cikarang Bekasi membuat pengakuan mengejutkan.

Ia membuat pengakuan soal kabar oknum manajer perusahaan yang mensyaratkan karyawan wanita untuk jalan bareng alias staycation bersama bos agar kontrak kerja diperpanjang.

Pengakuan ini disampaikan oleh seorang wanita berinisial AD (23).

Ia merupakan karyawati pabrik di Cikarang yang kerap diajak jalan berdua oleh atasannya dengan iming-iming perpanjangan kontrak kerja.

"Dia (atasan AD) selalu tanya kapan jalan berdua, saya selalu alasan 'iya, nanti. Saya maunya bareng-bareng', tapi dia selalu enggak mau, maunya berdua," kata AD kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

Perilaku atasannya itu pun tak hanya sekali dua kali.

Oknum bos yang mempunyai posisi manager itu bahkan kerap memaksa dan mengancam memutus kontrak AD karena tak pernah mengiyakan ajakan atasannya tersebut.

"lama-lama dia kayak kesel ‘ya udah kamu abis kontrak aja, udah gak usah diperpanjang, soalnya janji kamu palsu’ gitu kata dia,” ungkap AD.

AD sendiri tidak tahu sejauh mana ajakan atasannya tersebut.

"Saya enggak terlalu nanya, tapi dia cuma bilang jalan dan makan berdua. Pas diajakin bareng-bareng sama teman, dia enggak mau, dia maunya berdua," tutur AD.

AD mengatakan telah bekerja selama 6 bulan di perusahaan tersebut, semenjak awal bekerja, dia selalu digoda oleh si bos.

Terlebih, kata dia, ajakan untuk jalan berdua itu semakin menjadi-jadi saat masa perpanjangan kontrak tiba.

“Aku kerja di sana udah 6 bulan, jadi setiap 6 bulan perpanjangan (kontrak) selalu diajakin ayuk jalan, dia selalu nagih, lama-lama kan aku jadi risih,” paparnya.

Namun AD mengaku tidak pernah menerima ajakan si bos untuk jalan berdua.

Sebab, dia merasa ada hal yang janggal dalam tawaran itu, terlebih si bos tidak pernah mengizinkan AD mengajak temannya.

“Tapi aku tuh ga pernah bilang ‘ayo’, di sisi lain aku juga masih butuh, terus takut, lama-lama kan jadi batin dan tertekan. Tapi pas diajakin sama temen, dia selalu nolak, ga mau, dia pengen tetep berdua, mungkin (mau ngajak staycation /liburan di hotel),” kata AD.

Dari kecurigaan tersebut, akhirnya AD memberanikan diri untuk menyampaikan rasa tidak nyaman ke si bos melalui WhatsApp. Ia menegaskan bahwa tidak bisa menerima tawaran jalan berdua dengan bosnya.

“Akhirnya aku negesin ke dia lewat WhatsApp bilang ‘maaf pak saya gak bisa kalau jalan berdua’ nah di situ dia langsung marah, nomor saya diblokir, padahal saya masih kerja di situ," jelas AD.

Ketika dia menceritakan pengalaman ini ke teman-temannya di lingkup pekerjaan, mereka pun menjawab bahwa si bos memang kerap mengajak karyawati untuk jalan berdua. Dengan kata lain, perbuatan ini sudah menjadi rahasia umum.

“Aku pun cerita sama temen-temen di sana, kata mereka atasan itu mah udah biasa, jadi gak aneh,” terang AD.

Isu soal syarat jalan bareng bos demi perpanjang kontrak ini memang tengah ramai di media sosial. Kabar ini mencuat setelah pengguna medsos Jhon Sitorus mengungkapkan hal ini di Twitter.

John mengatakan bahwa karyawati harus melayani lebih dulu nafsu bejat atasannya jika ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Menurutnya hal ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan karyawan perusahaan dan telah berlangsung cukup lama.

Jhon mengaku mendapatkan informasi tersebut dari TikTok yang belakang ini ramai dibahas. “Banyak yang up soal perpanjangan kontrak di perusahaan area Cik*rang. Ada oknum atasan perusahaan yang mensyaratkan harus STAYCATION bersama karyawati agar mendapatkan perpanjangan kontrak," kata Jhon dalam Twitternya.

Namun tidak disebutkan perusahaan mana yang dimaksud. "Ada oknum atasan perusahaan yang mensyaratkan harus STAYCATION bersama karyawati agar mendapatkan perpanjangan kontrak," cuitan yang viral itu.

"Yang mengerikan, ini ternyata sudah RAHASIA UMUM perusahaan dan hampir semua karyawan tahu," lanjutnya.

Tanggapan Bupati Bekasi

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan pun langsung memberi respons keras. Pihaknya akan mengusut perusahaan di Cikarang yang memang punya syarat tak masuk akal tersebut.

"Saya akan menugaskan Disnaker untuk mendalami informasinya," ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi saat dikonfirmasi oleh wartawan, Rabu (3/5/2023).

Dani menyebut, apabila memang kenyataan tersebut terjadi di lapangan, maka tentu ini sudah melanggar etika norma moral dan hukum.

Sebagai tindak lanjut, pihak Pemkab pun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menangani isu tersebut.

"Kewenangan pengawasan ketenagakerjaan memang saat ini sudah menjadi kewenangan Pemprov. Oleh karena itu, kami akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Jabar," kata Dani lagi.

"Kami sangat mengharapkan korban mau melaporkan kejadiannnya ke Disnaker Kabupaten Bekasi,"lanjut Dani.

Dani mengatakan laporan dari korban akan sangat membantu Pemkab Bekasi dalam mengusut kasus yang saat ini sedang ramai menjadi perbincangan di jagat media sosial. "Karena dengan dasar laporan tersebut, tentunya kami akan bisa lebih cepat dan akurat dalam menindaklanjutinya," ujarnya.

Jangan Ada Lagi Korban Lain, Kini Mulai Diselidiki Polisi

AD merasa tertekan dan dirugikan hingga memutuskan untuk membuka suara terkait pengalaman pahit yang dialaminya menolak staycation (liburan di hotel) dan berujung tidak diperpanjang kontrak.

AD juga berharap managernya itu bisa mendapatkan efek jera dan tidak ada lagi korban lainnya. "Biar jangan ada karyawan lain digituin," ujar AD sambil menunjukkan histori percakapan WA dari manajer yang mengajak staycation.

"Biar ada efek jeranya saja, biar kedepannya gak ada kaya gitu lagi, harus berani nolak jangan mau diiming-imingi entar diperpanjang kontrak, sudah pokoknya jangan mau," sambungnya.

Kasus AD yang diajak pimpinan perusahaannya dengan modus bermalam berdua di hotel sebagai syarat perpanjangan kontrak kerja mulai diselidiki pihak kepolisian.

"Satreskrim kami juga sudah membuka layanan pelaporan dengan dugaan kasus serupa," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedi Aditya.

Meski belum ada korban yang datang melapor ke Mapolres Metro Bekasi, namun ia memastikan proses penyelidikan atas dugaan kasus ini karena telah ramai di media sosial.

"Kami melakukan koordinasi dengan Disnaker Kabupaten Bekasi, Guna melakukan penyelidikan lebih lanjut,"ujarnya.

Sumber

emoticon-Wowcantik



scorpiolama
nomorelies
aldonistic
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.6K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.