Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Pelajaran dari Peristiwa Bocah Terlindas Mobil Tetangga
Pelajaran dari Peristiwa Bocah Terlindas Mobil Tetangga

Jakarta - Nahas, seorang bocah laki-laki (10) tewas terlindas mobil yang dikemudikan wanita muda (19). Peristiwa itu terjadi di Jalan Songsi Dalam, Tambora, Jakarta Barat, Senin (1/5).

Detik-detik kecelakaan itu terekam dan menyebar di media sosial. Terlihat dalam tayangan korban AF (10) sedang bermain dan duduk di aspal, posisi korban tepat berada di depan mobil. Sedangkan mobilnya posisi semula sedang berhenti dan lampu hazard menyala.

Sejurus kemudian tiba-tiba mobil Innova Reborn yang dikemudikan warga sekitar itu tancap gas dan melindas korban. Diduga pengemudi wanita itu tidak melihat korban.

Akibatnya, korban mengalami luka serius di bagian kepala, wajah, hingga tangan. Korban dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat di RSUD Tarakan.

"Korban mengalami luka pada bagian kepala, wajah, tangan, kemudian dirawat di RSUD Tarakan. Selanjutnya meninggal dunia dalam perawatan di RSUD Tarakan," kata Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Barat, AKP Agus Suwito dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023).

Berkaca pada peristiwa tersebut, Instruktur Safety/Defensive Driving, Andry Berlianto mewanti-wanti kepada para pengemudi mobil lebih memperhatikan area blind spot atau titik buta sebelum memulai berkendara. Bahkan, amati lingkungan sekitar, termasuk kolong mobil, sebelum masuk ke kendaraan.

"Pastikan dulu area clear dari potensi objek (baik benda hidup atau mati) dengan cara memaksimalkan penglihatan mata, baik melalui semua kaca spion, maupun cek visual fisik dengan gerakan kepala menoleh untuk mengcek lokasi ke sekeliling," kata Andry, kepada detikOto, belum lama ini.

Setelah melakukan pengecekan secara visual, penting juga bagi pengemudi mobil untuk memberi isyarat suara agar objek di sekitar mobil menyadari keberadaannya.

"Setelah menyalakan mesin, lalu bunyikan klakson sebagai penanda kendaraan akan bergerak. Jangan lupa untuk tetap menjaga konsentrasi visual dengan cermat dan tidak diganggu aktivitas lain," sambungnya lagi.

Sementara dari sisi pengguna jalan, menurut Andry harus lebih sadar lagi terhadap potensi bahaya di dekatnya, agar bisa menjauh atau menghindar saat terjadi pergerakan yang aneh dari mobil di dekatnya.

detik.com
aloha.duarr
jiresh
sc5
sc5 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.6K
58
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.