kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Jokowi Cek Jalan Rusak di Lampung, Istana: Gunakan Mobil, Bukan Helikopter atau Motor


TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini Jumat 5 Mei 2023 berkunjung ke Lampung, salah satunya untuk mengecek kebenaran jalan rusak daerah tersebut yang ramai media sosial. Istana memastikan Jokowi tidak akan meninjau jalan yang rusak menggunakan helikopter.

"Hanya menggunakan mobil, tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor," kata Deputi Protokol Pers dan Media Bey Machmudin dalam keterangan kepada wartawan, Jumat, 5 Mei 2023.

Sebelumnya, Jokowi sempat dijadwalkan ke Lampung pada Rabu, 3 Mei 2023, namun belakangan batal. Kunjungan baru terlaksana hari ini. "Saya ingin pastikan, besok mau melihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu benar, atau enggak benar," kata Jokowi dalam keterangan pers di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis kemarin, 4 Mei 2023.

Gubernur Lampung sempat mengecek kondisi jalan 
Menjelang kunjungan Jokowi ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sudah turun mengecek kondisi jalan rusak. Di sejumlah media, Arinal disebutkan melakukan pengecekan menggunakan helikopter dan menuai kritik sejumlah masyarakat.

Menurut Jokowi, pemerintah pusat kini sedang mendata jalan kabupaten, kota, dan provinsi yang rusak parah karena anggaran yang ada di daerah tersebut tidak banyak diarahkan kepada infrastruktur. Padahal, kata Jokowi, perbaikan jalan rusak sangatlah penting.


"Apalagi jalan produksi akan mengganggu yang namanya mobilitas orang barang, biaya logistik akan naik, sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan daerah lain dan negara lain. Ini kita harus tahu manfaat infrastruktur ada di situ," ujar Jokowi.

Rencana kunjungan Jokowi ke Lampung ini pernah disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Jokowi disebut akan meninjau beberapa titik jalan yang rusak di Lampung.

Bukan hanya jalan nasional, tapi kepala negara juga akan mengecek kondisi jalan provinsi dan kabupaten yang menjadi kewenangan pemerintah daerah setempat. Basuki tak menampik bahwa peninjauan dilakukan karena jalan rusak di Lampung ramai setelah dikritik warga bernama Bima Yudho Saputro yang kemudian ramai di media sosial. 

"Beliau akan cek kebenaran dari policy kebijakan dari pemerintah daerah," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 2 Mei 2023.
Sementara itu, beredar pula informasi di media sosial bahwa pemerintah daerah langsung memperbaiki jalan yang rusak sebelum dikunjungi. Basuki memastikan sejauh ini tidak ada perintah apapun kepada Kepala Balai Jalan setempat.

Menurut dia, hanya ada perintah survei untuk jalan-jalan yang akan dikunjungi Jokowi. Akan tetapi, Basuki yakin belum ada perintah untuk perbaikan jalan. Sebab, perbaikan jalan tentu membutuhkan ruas yang akan diperbaiki dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Tapi kalau nanti Jokowi memberi perintah, kata Basuki, maka dirinya akan langsung memberi perintah perbaikan kepada Kepala Balai Jalan di lokasi. 


Berawal dari kritik Bima Yudho
Sebelumnya, Bima Yudho Saputro yang tinggal di Australia merilis video berdurasi 3 menit 28 detik di akun media sosial TikTok miliknya @awbimaxreborn. Ia menyampaikan kekecewaannya terhadap kondisi di Lampung yang menurutnya tidak mengalami kemajuan. Mulai persoalan infrastruktur seperti jalan yang rusak hingga kecurangan dalam sistem pendidikan.

Kritik Bima ini sempat membuat dirinya dilaporkan ke polisi dengan dugaan penyebaran berita bohong. Sejumlah pihak pun membela Bima. Sehingga belakangan, polisi menghentikan kasus Bima ini.


sumber


terbukti bener yang dikatakan si tiktokers Bima gan, hancur bener jalan di lampung





Diubah oleh kushkoos 05-05-2023 05:42
japrajapri
lubizers
sc5
sc5 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.8K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.