Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

des.moinesAvatar border
TS
des.moines
Jokowi: Tolonglah Mengerti, Kita Ini Politisi Juga Pejabat Publik
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menepis kritik yang menyebut dirinya telah cawe-cawe atau ikut campur urusan partai politik menentukan calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

Jokowi mengatakan pertemuan dengan petinggi-petinggi partai politik sebatas diskusi. Termasuk saat mengumpulkan pejabat teras partai politik di Istana beberapa hari lalu.

"Bukan cawe-cawe, wong itu diskusi saja kok cawe-cawe, diskusi," kata Jokowi di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/5).

Jokowi menegaskan statusnya bukan hanya kepala negara, melainkan juga pejabat politik. Oleh karena itu dia merasa wajar jika berdiskusi dengan partai-partai politik.

"Tolonglah mengerti bahwa kita ini juga politisi, tapi juga pejabat publik," ujarnya.

Jokowi juga menganggap tidak ada aturan yang dilanggar ketika mengumpulkan ketua-ketua umum partai politik di Istana.

Ia menegaskan bahwa dirinya adalah politikus, sehingga diskusi dengan partai politik lazim dilakukan. Namun, ia memastikan urusan capres dan cawapres merupakan urusan parpol.

"Apa konstitusi yang dilanggar dari situ? Enggak ada," kata dia.

Jokowi baru saja mengumpulkan petinggi partai politik di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa lalu (2/5). PPP menyebut pertemuan itu membahas pencapresan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Jokowi juga tak menampik pertanyaan wartawan kalau pertemuan selama tiga jam itu membahas bacapres PDIP Ganjar Pranowo hingga Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Dia mengatakan banyak hal yang dibicarakan.

"Yang dibahas banyak sekali. Wong 3 jam banyak sekali. Semuanya dibicarakan," ujar Jokowi.

Ia juga mengatakan pertemuan itu turut membahas soal tantangan politik yang menyangkut negara ke depan. Jokowi mengatakan Indonesia butuh pemimpin baru dengan kepemimpinan yang baik dan bisa dipercaya masyarakat di Tanah Air dan internasional.

"Itu semuanya butuh kepemimpinan nasional dengan leadership yang kuat yang dipercaya oleh rakyat, internasional, dan investor," tuturnya.

Jokowi sebelumnya dikritik terlalu ikut campur urusan pencapresan yang merupakan domain partai politik selaku peserta Pemilu 2024. Rocky Gerung, misalnya, Jokowi cawe-cawe atau ikut campur dalam urusan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024 agar bisa membangun dinastinya sendiri setelah tak menjabat lagi sebagai presiden.

"Yang dilakukan Pak Jokowi ini kasak kusuk untuk mengatur keadaan politik supaya dia masih punya grip (pegangan)," ujar Rocky saat diskusi virtual bertajuk Menakar Peluang Capres Dan Format Koalisi Parpol 2024 dalam kanal YouTube Gelora TV.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ejabat-publik.

Dibawah Jokowi, Amerika Serikat ketar ketir melihat indonesia emoticon-Takut
odjay05
steinberger
extreme78
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.