dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Elektabilitas Erick Thohir Terus Meningkat, Sosok Tepat Beri Kemenangan Siapapun
Elektabilitas Erick Thohir Terus Meningkat, Sosok Tepat Beri Kemenangan Siapapun Capresnya di Pilpres 2024

Minggu, 30 April 2023 | 21:37 WIB


Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam kegiatan di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/2/2023). (Twitter @erickthohir)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Tren elektabilitas Menteri BUMN, Erick Thohir, terus mengalami peningkatan dalam posisi bakal calon wakil presiden (Cawapres) yang mencapai 12,2 persen berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 11-17 April 2023.

Dalam survei Indikator pada Maret 2023, elektabilitas Erick Thohir hanya 8,3 persen. Sehingga dalam waktu satu bulan, ada peningkatan yang cukup signifikan.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, ketika dukungan untuk Erick Thohir terus meningkat, namun hal yang sama tidak terjadi bagi sejumlah kandidat lainnya, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Burhanuddin menilai, kinerja sebagai Ketua Umum PSSI membuat dukungan untuk Erick menguat. Apalagi terkait insiden Piala Dunia U-20, termasuk upaya Erick Thohir melobi FIFA agar Indonesia tidak menerima sanksi berat, dipersepsikan positif oleh masyarakat.

Dalam simulasi sembilan nama, elektabilitas Erick Thohir semakin menguat menjadi 15 persen. Angka itu menempatkan Erick Thohir di posisi ketiga, berada di belakang Ridwan Kamil (28,7 persen) dan Sandiaga Uno (15,2 persen).

Dalam simulasi lima nama, dukungan untuk Erick Thohir kembali bertambah menjadi 17,3 persen, menempatkannya di posisi kedua di bawah Ridwan Kamil dengan 22,5 persen.

Pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Leo Agustino, menilai, apabila diusung sebagai Cawapres, Erick Thohir mampu memberikan kemenangan bagi siapa pun pasangan calon presidennya.

“Erick mampu memberikan kemenangan di semua calon presiden (Capres). Peran Erick sebagai kunci memenangkan pilpres sangat vital," kata Leo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (30/4/2023).

Menurut Leo, Erick Thohir mampu meraup suara para pemilih di Pilpres 2024 untuk menang bersama pasangan capresnya karena dia dipercaya oleh masyarakat mampu melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, kinerja baik Erick Thohir di Kementerian BUMN membuatnya dipercaya pula mampu memimpin Indonesia dengan sama baiknya. Berikutnya, Erick Thohir juga memiliki nilai lebih sebagai Cawapres karena mampu membangun kedekatan dengan pemilih milenial dan generasi Z.

“Erick sudah membuktikan BUMN memiliki kinerja yang baik dan melakukan bersih-bersih di BUMN. Kini, yang menjadi nilai lebih Erick adalah mampu membangun kedekatan dengan pemilih milenial dan generasi Z, apalagi ketika ia menjadi Ketua Umum PSSI berhasil membawa perubahan sepak bola nasional. Keberhasilan ini yang membuat elektabilitas Erick terus meningkat," jelas Leo.

Faktor lain yang membuat Erick Thohir berperan vital sebagai Cawapres dan akan memenangkan Pilpres 2024 karena memiliki irisan dengan Nahdlatul Ulama (NU). 

https://www.infoindonesia.id/info-po...-2024?page=all
sc5
nomorelies
nomorelies dan sc5 memberi reputasi
2
1.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.