Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

biohazard89Avatar border
TS
biohazard89
Kota-Kota dengan Perayaan Lebaran Unik di Indonesia, Part 1
Sebagai negara kaya budaya dengan mayoritas penduduk muslim, setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang berbeda. Tidak jarang tradisi tersebut berupa perayaan atau festival Lebaran yang unik. Berikut adalah perayaan unik tersebut.

Festival Meriam Karbit - Pontianak
Untuk menyambut Lebaran, masyarakat Pontianak mengadakan festival unik bernama festival meriam karbit. Mulai H-1 hingga H+2 Lebaran, ratusan meriam yang telah dihias akan disulut di tepi Sungai Kapuas. Meriam dengan panjang 6 meter dan diameter 50 cm tersebut akan menghasilkan suara ledakan yang bisa terdengar hingga radius 5 km.

Kota-Kota dengan Perayaan Lebaran Unik di Indonesia, Part 1

Tradisi ini sudah berlangsung sejak masa Kesultanan Kadriah Pontianak pada abad ke-18. Kini, festival meriam karbit Pontianak telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Grebeg Syawal - Yogyakarta
Tradisi Lebaran unik lainnya terdapat di Yogyakarta. Setiap hari pertama Idulfitri (1 Syawal), Grebeg Syawal diadakan di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Festival ini dilaksanakan sebagai pemberian Sultan kepada rakyatnya dengan mengarak sebuah gunungan raksasa yang berisi sayuran dan berbagai hasil bumi.


Kota-Kota dengan Perayaan Lebaran Unik di Indonesia, Part 1

Selanjutnya, masyarakat akan memperebutkan gunungan tersebut. Masyarakat percaya, bagi yang mendapatkan hasil bumi dari gundukan tersebut bisa mendapatkan berkah dan kesejahteraan.

Lebaran Topat - Lombok
Lombok terdapat sebuah tradisi Lebaran unik yang biasa dilaksanakan 6 hari setelah Idulfitri, yaitu Lebaran Topat atau Lebaran Ketupat. Dalam agama Islam terdapat ajaran mengenai puasa Syawal, yakni puasa selama 6 hari setelah puasa Ramadan. Perayaan Lebaran Topat dilakukan sebagai rasa syukur berakhirnya puasa sunah tersebut. Nama topat sendiri diambil dari ketupat yang menjadi hidangan khusus masyarakat Lombok pada perayaan Lebaran kedua setelah Idulfitri tersebut.

Kota-Kota dengan Perayaan Lebaran Unik di Indonesia, Part 1

Pada perayaan ini, masyarakat adat Sasak biasanya melakukan ziarah ke makam para wali di Makam Bintaro, Pantai Bintaro dan Makam Loang Baloq, Pantai Tanjung Karang. Mereka biasanya membawa perbekalan makanan berupa ketupat, pelalah ayam, daging, opor telur, pakis, paku, urap-urap, serta pelecing kangkung yang kemudian dimakan beramai-ramai di halaman pemakaman. Perbekalan tersebut menjadi haul dan bentuk syukur terhadap Tuhan dari mereka yang telah mendapat rezeki dan kesuksesan.

Ngejot - Bali
Tradisi ini disebut ngejot, yaitu tradisi memberikan makanan kepada para tetangga sebagai rasa terima kasih. Ngejot dilakukan oleh umat Hindu saat Hari Raya Galungan, Nyepi, dan Hari Raya Kuningan, sedangkan umat Islam melaksanakannya menjelang Hari Raya Idulfitri.

Kota-Kota dengan Perayaan Lebaran Unik di Indonesia, Part 1

Umat Islam di Desa Pegayaman, Buleleng melestarikan tradisi ini dengan memberikan makanan khas Lebaran seperti opor ayam ataupun makanan siap saji lainnya, seperti kue dan buah-buahan.

Festival Tumbilotohe - Gorontalo
Tumbilotohe merupakan tradisi memasang lampu tiga hari menjelang Idulfitri di Gorontalo. Tradisi yang telah berlangsung sejak abad ke-15 ini awalnya bertujuan sebagai penerang dari rumah menuju masjid saat perkampungan di Gorontalo belum dialiri listrik. Dahulu, masyarakat menggunakan damar dan getah pohon sebagai bahan bakar lampu yang terbuat dari seludang (daun pelindung berukuran besar pada pohon kelapa) yang dihaluskan dan diruncingkan.

Kota-Kota dengan Perayaan Lebaran Unik di Indonesia, Part 1

Kini, mereka telah beralih menggunakan bahan bakar berupa minyak tanah. Seiring perkembangan zaman pula tradisi ini dijadikan sebuah festival yang menarik sebagai simbol berakhirnya Ramadan dan datangnya Idulitri. Dalam festival tersebut masyarakat mulai membuat lampu-lampu yang membentuk tulisan, kaligrafi, bahkan gapura.

Sumber
Diubah oleh biohazard89 01-05-2023 10:30
adiksnugie27
jokoariyanto
jokoariyanto dan adiksnugie27 memberi reputasi
2
216
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pandora Community Room
Pandora Community Room
496Thread1.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.