• Beranda
  • ...
  • Militer
  • THR Sudah Cair, Indonesia Siap Tambah Pesanan Untuk 18 Rafale

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
THR Sudah Cair, Indonesia Siap Tambah Pesanan Untuk 18 Rafale
Quote:


Masih di suasana Lebaran nih Gan, rupanya ada kabar baik dari pengadaan jet tempur Rafale buatan Prancis. Kabarnya Indonesia telah memesan 18 unit tambahan jet tempur buatan Prancis tersebut. Sebagai pengingat bagi Agan, pada akhir tahun lalu Jakarta telah memesan 6 unit Rafale. Total pesanan yang dibuat adalah 42 unit dengan nilai kontrak keseluruhan adalah US$8,1 miliar.

Kabar penambahan 18 unit Rafale itu diwartakan oleh media Prancis [URL=https://www.latribune.fr/entreprises-finance/industrie/aeronautique-defense/et-18-rafale-supplementaires-dans-le-carnet-deS E N S O Rmandes-de-dassault-aviation-959119.html]La Tribune[/URL], menurut media tersebut yang mengutip sumber pengadaan Rafale pada 18 April 2023, Jakarta telah mendapatkan dana untuk membawa pulang 18 Rafale. Sementara itu pengumuman pesanan tambahan Rafale akan diresmikan saat Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto berkunjung ke Prancis beberapa waktu ke depan.

Pembelian 18 Rafale ini merupakan bagian dari kesepakatan senilai US$2,3 miliar atau sekitar Rp 39 triliun, artinya satu pesawat sehargaUS$ 127,7 juta atau sekitar Rp 2,16 triliun. Sementara itu, 6 Rafale pesanan awal dibanderol US$1,3 miliar. Rata-rata satu pesawat dihargai US$183,3 juta atau Rp 2,6 triliun. Dana yang disebutkan di atas belum termasuk paket senjata Gan, karena kontrak pengadaan Rafale oleh Indonesia hanya mencakup layanan pelatihan, penugasan dukungan di pangkalan udara di negara pembeli, dan pusat pelatihan dengan dua simulator misi penuh.

Quote:


Pada Februari 2022, Indonesia resmi memesan 42 unit Rafale dari Prancis Gan. Kemudian pada September 2022, 6 unit Rafale dipesan, keenam pesawat diperkirakan bakal tiba di Indonesia pada tahun 2025. Merujuk MoU yang disepakati Prancis dan Indonesia, pesanan Rafale terdiri dari 30 unit varian singlet seat dan 12 varian tandem seat. Setelah kontrak berjalan untuk enam Rafale, Dassault Aviation akan mengirim pesawat pertama sekitar tiga tahun setelah kontrak berlaku. Sementara sisa pembelian tambahan 18 Rafale diharapkan akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Selain Prancis, beberapa negara yang telah menggunakan jet tempur ini adalah India, Mesir, dan Yunani. Sementara calon pengguna baru Rafale adalah UEA (80 unit), Indonesia (42 unit) serta Kroasia (12 unit). Sementara pesanan tambahan datang dari Mesir sebanyak 30 unit, di mana Negeri Piramid saat ini sudah memilki 54 unit Rafale.

Sulit dibantah, Rafale merupakan jet tempur generasi 4,5 yang paling laris dan tidak memerlukan negosiasi yang alot untuk penjualannya. Pesawat memakai sayap delta seperti selera Prancis. Rafale punya panjang 15,27 m, bentang sayap  10,8 m, tinggi 5,34 m, bobot kosong 9.6 ton serta berat maksimal lepas landas 24.5 ton. Pesawat bisa ngebut sampai kecepatan maksimum 1.913 km/jam dan punya radius tempur sekitar 1.000 km.




-----------------





Referensi Tulisan: [URL=https://www.latribune.fr/entreprises-finance/industrie/aeronautique-defense/et-18-rafale-supplementaires-dans-le-carnet-deS E N S O Rmandes-de-dassault-aviation-959119.html]La Tribune[/URL] & indomiliter.com
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 29-04-2023 13:59
muhamad.hanif.2
madjoeki
yoseful
yoseful dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.4K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.