• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Tik Toker Bima Dirujak karena Sebut Megawati Janda, Sepenting Apa Adab Dalam Berucap?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tik Toker Bima Dirujak karena Sebut Megawati Janda, Sepenting Apa Adab Dalam Berucap?
Sebut ketua PDIP Janda, Bima dirujak warganet dianggap tidak beradab


Konten kreator Tik Tok Awbimax alias Bima Yudho Saputro, setelah beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial karena memberikan kritik pedas terhadap pembangunan jalan di daerah Lampung, kini Tik Tokers tersebut kembali menjadi sorotan publik setelah memberikan reaksi video Ganjar Pranowo bersama Najwa Shihab.

Di dalam reaksi video tersebut Bima menyebut seseorang dengan sebutan "Janda", dimana banyak orang beranggapan sebutan tersebut ditujukan kepada Presiden kelima Indonesia yaitu Megawati Soekarnoputri.

Sontak saja perkataan Bima pun menyinggung banyak orang termasuk dengan warganet. Bima dinilai kurang sopan dan tidak beretika dalam bertutur kata sehingga netizen pun memberikan kritik pedas kepada sang konten kreator yang saat ini tengah menuntut ilmu di Australia tersebut.

Setelah dipuji-puji karena kritik pedas terhadap jalan dan pembangunan di Lampung kemudian dirujak karena dianggap kurang beradab, sebenarnya sepenting apakah adab itu GanSis?

Berikut ini beberapa poin keutamaan kenapa seseorang perlu untuk mengutamakan adab saat berucap.




1. Pembeda Antara Iblis dan Manusia

Mungkin Agan dan Sista sudah tidak asing perihal kisah Adam dan Hawa yang terusir dari surga, dimana iblis menjadi penyebab terbujuknya Adam sebagai manusia pertama untuk melanggar aturan dari Tuhan.

Iblis diakui lebih berilmu dari pada manusia karena diciptakan lebih dulu dengan akal dan tipu daya. Namun sangat disayangkan iblis tidak beradab, membangkang terhadap perintah Tuhannya untuk menyembah manusia karena iblis menganggap dirinya lebih mulia dibandingkan manusia yang hanya terbuat dari tanah.

Pada poin pertama ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa adab itu lebih penting, sebab Tuhan menilai ketaatan bukan ilmu dan kepandaian.

2. Menjaga Diri dari Masalah

Saat seseorang berkata-kata atau berucap tanpa menjaga adab maka perkataan atau ucapan yang keluar dari mulut akan menimbulkan masalah baik untuk diri sendiri atau orang lain.

Masalah yang muncul karena kurangnya menjaga adab dalam berucap bisa saja melebar pada terjadinya permusuhan, pertikaian, perkelahian, atau bahkan juga peperangan.

3. Menunjukkan Kelas Seseorang

Saat Agan Sista berkata hanya dengan berdasarkan pada ilmu, itu akan menunjukkan tingkat pendidikan dan menjelaskan tentang kepandaian serta pengetahuan GanSis. Tetapi saat kalian menggunakan adab dalam berucap maka akan lebih luas seseorang dalam menangkap setiap ucapan dan perkataan kalian, bahkan tidak sedikit orang yang lebih mempertimbangkan ucapan dan perkataan yang disampaikan dengan menggunakan adab dibandingkan hanya menggunakan ilmu semata.



Berikut tadi GanSis beberapa poin keutamaan menjaga adab dalam berucap atau berkata-kata.

Tentu saja adab dalam berucap ini perlu untuk diperhatikan bukan hanya oleh anak muda kepada orang tua, melainkan juga kepada sesama anak muda karena adab memiliki tingkatan yang perlu untuk diperhatikan.

Bagaimana, apakah Agan Sista sudah menjaga adab dalam berucap?
Tetap pertahankan jika GanSis sudah menerapkan adab dalam berucap dan berkata-kata ya GanSis.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
dan.13l
angelkidz
AgusLie007
AgusLie007 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
9.3K
307
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.